Marfis Yuna Riza

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari Ke-17 Bersama UMM 'Refleksi Pendalaman Materi Matematika'
Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-150

Hari Ke-17 Bersama UMM 'Refleksi Pendalaman Materi Matematika'

Tantangan Menulis Gurusiana Hari Ke-150

Refleksi Modul F

Materi Tentang Pendalaman Materi Matematika

Oleh: Marfis Yuna Riza

Hai, selamat sore, sahabat Gurusianer dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat, aamiin ya rabbal alamiin.

Hari ini adalah hari yang ke-17 saya mengikuti pendalaman materi modul 6 atau modul F tentang "Pendalaman Materi Matematika"  dan tepatnya hari ini adalah hari kedua mempelajari modul F, setelah hari kemarin belajar mulai dari kegiatan belajar 1 sampai dengan kegiatan belajar 4 tadi pagi. Nah, dapat saya ambil hikmah setelah mempelajari modul ini, bertambahnya pengetahuan saya, membuka skemata saya lagi, karena materi ini sudah pernah sebelumnya kita belajar ketika kita mengikuti kuliah di bangku diploma atau sarjana dulu, sekarang kita diingatkan kembali dengan materi modul ini, dan tentunya ada pembaharuan dari segi metode, pendekatan yang terbaru setelah belajar  materi ini. Seperti Pendekatan konsturktivisme dalam pembelajaran matematika, namun secara rinci dapat saya gambarkan manfaat yang saya peroleh setelah mempelajari modul ini yaitu sebagai berikut:

Pada kegiatan belajar 1, tentang "bilangan"manfaat yang saya peroleh adalah sebagai berikut:

a. Menguasai konsep teoretis materi pelajaran matematika sekolah secara mendalam.

b. Menguasai konsep aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD secara mendidik.

c. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi bilangan, bilangan bulat, bilangan pecahan, persen, perbandingan, skala, FPB dan KPK.

d. Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari terkait bilangan.

Pada Kegiatan belajar 2, tentang " Geometri dan Pengukuran",  manfaat yang saya peroleh adalah, sebagai berikut:

a. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi geometri dan pengukuran.

b. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah materi geometri dan pengukuran serta kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, Pada Kegiatan Belajar 3, tentang "Statistika dan Peluang" manfaat yang saya peroleh adalah, sebagai berikut:

a. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi statistika (penyajian data, ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, nilai baku, permutasi, kombinasi, dan peluang).

b. Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari terkait penyajian data, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, nilai baku, permutasi, kombinasi, dan peluang.

dan terakhir, pada Kegiatan belajar 4 tentang "Kapita Selekta Matematika", manfaat yang saya peroleh adalah sebagai berikut:

a.  Menarik kesimpulan matematis dengan menggunakan penalaran logis.

b. Menentukan rumus dari suatu pola bilangan dan deret bilangan.

c. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear dan persamaan kuadrat.

d. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi linear dan kuadrat.

e. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan trigonometri.

Selama mempelajari modul Pendalaman materi matematika ini, adapun kendala yang saya temui adalah, butuh pemahaman yang lama dalam mempelajari modul ini, setiap soal yang ada harus dicari dulu untuk menemukan jawabannya, jadi baca modulnya harus berulang-ulang, sehingga memakan waktu yang lama dalam mengerjakan tes formatif masing-masing kegiatan belajar. 

berdasarkan kendala yang saya temui, maka saya berusaha untuk lebih fokus dan konsentrasi lagi dalam, menanyakan ke tutor atau dosens pembimbing, mencatat setiap rumus yang ada dalam  pembelajaran  matematika, serta bagaimana cara mengajarkan matematika sesuai dengan teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD secara mendidik. Demikian hasil  refleksi yang bisa saya tuliskan hari ini dan saya simpan dalam blog gurusiana ini, semoga tulisan ini menjadi kenangan dalam hidup bahwa saya pernah berjuang untuk mencapai sesuatu yang diinginkan yakninya menuju profesional nantinya, aamiin ya robbal alamiin.

 

(Marfis Yuna Riza)

GP:12092020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang keren. Sukses selalu dan barakallahu fiik

12 Sep
Balas

Alhamdulillah, terima kasih Bu...

12 Sep

MantapBu Riza moga sukses selalu.

12 Sep
Balas

Terimakasih, pak, sukses juga untuk Bapak ya...

12 Sep

Amazing bu. Sukses selalu. Salam literasi

12 Sep
Balas

Terima kasih Bun, sukses juga untuk ibu, salam....

12 Sep



search

New Post