Mansiah Abdurrahman

Nama : Dra. Mansiah Tempat tanggal lahir : Jakarta 8 Mei 1966 Alamat; Jalan Kebagusan Raya RT 010/05. No.4, Kelurahan Jagakarsa, Kec,Jagakarsa, Jakarta Selata...

Selengkapnya
Navigasi Web
MANFAAT DAUN MANGKOKAN
#Tantangan Menulis hari ke 318

MANFAAT DAUN MANGKOKAN

MANFAAT DAUN MANGKOKAN

Mendengar orang menyebut kata daun mangkokan, kita terbayang tumbuhan ini ada di pinggir pagar. Warnanya hijau tua dan bentuknya seperti mangkok. Bagi yang sudah mengenal daun ini sejak kecil, pasti ingat kalau daun tersebut sering digunakan untuk bermain masak-masakan.

Daun mangkokan atau nothopanax scutellarium merr adalah salah satu tanaman yang memiliki manfaat herbal tinggi yang mengandung protein nabati serta kandungan nutrisi lainnya seperti: lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C.

Ramuan herbal daun mangkokan juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai keluhan seperti :

1. Mengatasi radang payudara.

2. Mengatasi kerontokan pada rambut.

3. Melancarkan kencing.

4. Mengatasi bau badan.

5. Menyembuhkan luka.

6. Melancarkan pengeluaran ASI.

Berikut adalah beberapa ramuan herbal daun mangkokan untuk mengatasi radang payudara serta menangani kerontokan pada rambut.

- Ramuan herbal daun mangkokan untuk mengatasi radang payudara

Bahan :

- Daun mangkokan secukupnya

- Kunyit secukupnya (dikupas dan dibakar)

Cara Membuat :

1. Tumbuk kedua bahan, dalam kondisi hangat, lalu tempelkan pada payudara yang bengkak akibat kelebihan ASI.

2. Cara ini juga bisa untuk menyembuhkan luka luar pada tubuh. Hanya cukup diikatkan bagian luka dengan ramuan daun mangkokan kemudian dibalut dengan kain kasa.

- Ramuan herbal daun mangkokan untuk mengatasi rambut rontok

Bahan :

- Daun mangkokan tua secukupnya

- Minyak kelapa atau minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Daun dicuci bersih, setelah dicuci bersih lalu digiling halus.

2. Tambahkan minyak kelapa sambil diaduk sampai menjadi bubur. Saring dan peras.

3. Hasil perasan tersebut dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat ringan hingga mengering.

4. Kemudian cuci rambut hingga bersih.

5. Lakukan hal ini 2-3x sehari setiap minggu. Dalam 1 bulan hasilnya akan nampak.

Daun mangkokan yang muda bisa dikonsumsi untuk lalapan dan bisa juga dicampur bumbu urap. Air rebusan daun mangkokan juga bisa diminum untuk pengobatan diabetes. Jika kita mengonsumsi daun mangkokan, air seni kita tidak bau pesing.

Begitu banyak Allah menciptakan tumbuhan yang bermanfaat untuk kita. Mau dicoba? Yang disamping rumahnya ada tumbuhan ini, boleh segera mencoba!

Jakarta, Ahad 07 Sya’ban 1442 H./ 21 Maret 2021

https://pemkomedan.go.id/artikel-11342-daun-mangkokan-&-khasiatnya-bagi-kesehatan.html

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya, Bu Mansiah. Salam sukses selalu ya... Sudah saya follow balik...

22 Mar
Balas

Alhamdulillah, jadi lebih tahu manfaat daun mangkokan. Kalau dulu hanya buat mainan saja waktu kecil. Salam literasi dari Grobogan

21 Mar
Balas

Terima kasih, BU Sutarti, sudah mampir. salam persahabatan dari Jakarta.

22 Mar



search

New Post