Trafic Light (AFL Strategy Part3)
Tantangan Gurusiana ke 42
Alhamdulillah bisa melanjutkan kembali di part 3 dari seri penulisan Assesment for learning ini. Ketika kita ingin menilai atau mengevaluasi apakah pengajaran kita cukup dapat diterima atau tidak oleh siswa kita. Maka kita dapat melakukannya melalui dua cara, yaitu secara instant maupun memerlukan waktu.
Jika pada saat itu juga, misalkan diakhir pembelajaran, kita ingin mengetahui apakah siswa cukup paham dengan apa yang kita ajarkan. Maka kita dapat melakuka teknik-teknik yang saya sebutkan sebelumnya pada penulisan sebelumnya di tantangan gurusiana ke 40 dan 41 di blog saya. Nah AFL strategy part 3 kali ini, masih juga asessment yang bersifat instant atau langsung dilihat oleh guru.
Pada part 3 ini, AFL strategy yang akan di bahas tentang teknik lain yaitu trafic light. Seperti namanya trafic light, maka bentuknya sama seperti lampu lalu lintas pada umumnya yaitu terdiri dari 3 warna yaitu merah, kuning dan hijau.
Untuk penggunaannya, biasanya saya membuat trafic light card ini dengan menggunakan stik ice cream dan origami berwarna merah, kuning dan hijau yang ditempel pada kedua sisinya. Sayangnya gurusiana masih belum bisa mengupload gambar, jika nanti sudah bisa saya akan berikan contohnya. Biasanya saya membuat bentuk lingkaran yang ditempel di stik ice cream. Sisi kanan dan sisi kiri merupakan warna yang sama. Masing-masing anak memiliki 3 card trafic light tersebut selama pembelajaran saya. Berikut cara penggunaannya untuk assesment for learning :
1. Siswa telah memiliki 3 kartu trafict light (merah, kuning dan hijau)
2. Kartu merah : ditunjukkan ketika siswa memang masih belum paham tentang apa yang diajarkan guru
3. Kartu kuning : ditunjukkan ketika siswa masih 50% memahami apa yang diajarkan guru, atau masih belum paham sepenuhnya.
4. Kartu Hijau : ditunjukkan ketika siswa memang telah paham apa yang diajarkan oleh guru.
5. Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang diajarkan pada hari ini
6. Siswa dapat menunjukkan kemampuan atas penerimaan konsep dari gurunya pada dirinya masing-masing dengan menunjukkan trafic light card yang dimiliki.
7. Guru dapat mengetahui secara instant tingkat kepahaman siswa atas materi yang diberikan pada hari itu
Nah, mudah bukan? Cara ini dapat juga digunakan secara online. Mintalah siswa anda menunjukkan trafic light yang dimiliki atas penjelasan anda pada hari itu dan anda akan segera mengetahui penerimaan mereka secara cepat. Selamat mencoba !
4 september 2020
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar