lela fiyanti

guru biasa di SMAN 1 Jombang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Biologi
Pop Up Book Sistem Pencernaan

Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Biologi

 

Best Practices :

 

Judul : “ Penerapan Media Pop Up Book  untuk Meningkatkan Aktivitasl Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Jombang “

 

Lokasi

SMA Negeri 1 Jombang

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai

Melalui penerapan Media Pop Up Book dan dengan menggunakan media video pembelajaran, kegiatan Literasi dan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) dengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan analisis melalui bantuan media pembelajaran seperti PPT Inovatif dan LKPD .Peserta didik dapat menentukan, menyelesaikan, menerapkan dan menganalisis masalah kontekstual terkait sistem reproduksi manusia. Sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap gotong royong, disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu serta mampu berliterasi dengan baik.

Penulis

Lela Fiyanti, S.Pd.

Tanggal

Rabu, 5 Februari 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

1.      Rendahnya aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi.

2.      Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi.

3.      Pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik kurang aktif.

 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu:

1.      Penerapan media pembelajaran berbasis pop up book  dapat meningkatkan aktivitas belajar  peserta  didik  dan memberikan  motivasi  kepada  peserta  didik  agar dapat  bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

2.      Penerapan media pembelajaran berbasis pop up book  dapat mengoptimalisasi kemampuan berpikir peserta didik melalui proses kerja kelompok yang sistematis

3.      Penerapan media pembelajaran berbasis pop up book  dapat  menumbuhkan  minat  belajar  peserta didik dengan  mengaitkan  materi pelajaran  (konten)  dengan  kehidupan  sehari-hari  (konteks).

4.      Guru berperan sebagai fasilitator

5.      Pembelajaran lebih menarik (ada media pop up book  , PPT,GoogleForm dan metode PBL)

6.      Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai yang direncanakan

 

Peran dan tanggungjawab saya dalam praktek ini, yaitu :

Dalam praktik ini saya adalah sebagai peneliti dalam mengidentifikasi  permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Setelah meneliti dan menemukan solusi dengan memilih model pembelajaran yang inovatif dan media yang sesuai dengan karakter materi pembelajaran (memilih Problem Best Learning dan Media Pop Up Book). Saya juga bertanggung jawab untuk melaksanakan metode dan  model pembelajaran Biologi yang inovatif tersebut di sekolah tempat saya bertugas  sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu:

Persiapan kelas harus agak ekstra tenaga dan pengelolaan kelas secara khusus kelas XI IPA 3. Masih ada  peserta didik yang kesulitan dalam membuat pop up book. Pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik kurang aktif. Latar belakang peserta didik yang beragam. Kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran dan pembuatan buku pop up. Beberapa siswa lupa membawa alat dan bahan yang harusnya dipersiapkan.

 

Yang terlibat dalam siklus ke 1 dan 2 yaitu:

          1. Peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai sentral dalam proses pembelajaran

      2. Guru sebagai fasilitator dan katalisator

         3.  Kepala sekolah yang memberikan ijin dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan

         4.  Rekan sejawat yang membantu proses pembelajaran sebagai konsultan.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan :

1.      Mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan dengan meminjam sarana dan prasarana

2.      Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan pop up book.

3.      Mencari lokasi ruang kelas yang pencahayaannya terang.

4.      Mengkoordinasikan peserta didik untuk bersikap aktif dan seperti biasa ketika pembelajaran

5.      Melakukan refleksi di akhir pembelajaran.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan:

1.      Terlaksananya semua tahapan persiapan/aktivitas dalam pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun sebelumnya

2.      Peserta didik termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran

3.      Peserta didik aktif dalam proses pembelajaran

4.      Kepala sekolah dan rekan sejawat mendukung kegiatan PPL yang dilakukan

5.      Tercapainya kagiatan sesuai dengan harapan

 

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik lebih bersemangat dalam proses pembelajaran karena merasa pembelajaran menyenangkan sehingga hasil belajar meningkat.  Peserta didik tampak antusias dalam membuat pop up book. Hal ini dapat dilihat dari hasil  evalusi yang menunjukkan hasil baik

 

Respon orang lain terkait dengan media pembelajaran pop up book yang digunakan:

1.      Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan sehingga dapat menjadi model untuk guru yang lain

2.      Respon rekan sejawat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin menerapkan media pembelajaran media pop up book untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik

3.      Respon peserta didik sebagian besar positif karena dengan media pembelajaran berbasis game Quiziz media pop up book  suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan aktivitas belajar peserta didik meningkat.

 

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan:

1.      Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang membantu persiapan hingga proses perekaman kegiatan pembelajaran

2.      Kondisi dan situasi yang mendukung terlaksananya kegiatan.

3.      Kemampuan untuk mengantisipasi dan mengatasi tantangan yang terjadi sebelum dan saat proses perekaman kegiatan pembelajaran

4.      Melaksanakan kegiatan dengan penuh rasa tanggungjawab dan memaksimalkan diri untuk yang terbaik

5.      Melakukan refleksi setiap selesai kegiatan .

 

Faktor ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan:

1.     Beberapa peserta didik lupa membawa alat dan bahan dalam pembuatan pop up book.

2.      Masih ada kelompok yang belum secara aktif bekerja sama.

3.      Peserta didik kesulitan menuangkan ide pembuatan pop up book , sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengerjaan.

4.   Gambar dan keterangan yang digunakan masih beberapa kurang sesuai dengan tema pop up book.

 

Pembelajaran dari keseluruhan proses aksi :

1.      Ketertiban peserta didik sehari-hari perlu lebih ditingkatkan

2.      Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan

3.      Media dan alat/bahan ajar harus lebih inovatif

4.      Penggunaan media pop up yang menarik sehingga bisa memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

24 Jan
Balas



search

New Post