lela fiyanti

guru biasa di SMAN 1 Jombang...

Selengkapnya
Navigasi Web
Media Pembelajaran Game Quizizz Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Jombang
Quizizz Meningkatkan motivasi siswa SMAN 1 Jombang

Media Pembelajaran Game Quizizz Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Jombang

 

Lokasi

SMA Negeri 1 Jombang

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai

Aksi PPL Siklus 1

Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Quzizz berbasis 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan dengan menggunakan media video pembelajaran, kegiatan Literasi dan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) dengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan analisis melalui bantuan media pembelajaran seperti PPT Inovatif dan LKPD. Peserta didik dapat menentukan, menyelesaikan, menerapkan dan menganalisis masalah kontekstual terkait sistem reproduksi manusia. Sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap gotong royong, disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu serta mampu berliterasi dengan baik.

 

Aksi PPL Siklus 2

Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Quzizz pendekatan TPACK dan model pembelajaran berbasis masalah Project Based Learning berbasis 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) dan media Augmented Reality (AR), kegiatan Literasi dan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) dengan metode diskusi, tanya jawab, penugasan, dan analisis melalui bantuan media pembelajaran seperti PPT Inovatif dan LKP. Peserta didik dapat menentukan, menyelesaikan, menerapkan dan menganalisis masalah kontekstual terkait gangguan sistem reproduksi manusia serta menyajikan hasil karya berupa infografis. Sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap gotong royong, disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu serta mampu berliterasi dengan baik.

Penulis

Lela Fiyanti, S.Pd.

Tanggal

PPL 1 : Rabu, 14 Desember 2022

PPL 2 : Jumat, 6 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

1.      Rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi.

2.      Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi.

3.      Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran

 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu:

1.    Pengembangan media berbasis Game Quizizz dapat meningkatkan motivasi  belajar  peserta  didik  untuk  belajar dan memberikan  pengalaman  kepada  peserta  didik  agar dapat  membagi  tugas  dan  mengelola  bahan  serta  waktu  dalam  menyelesaikan projek

2.   Pengembangan media berbasis Game Quizizz dapat mengoptimalisasi kemampuan berpikir peserta didik melalui proses kerja kelompok yang sistematis

3.      Bahan ajar bercirikan Quantum Teaching dapat  menumbuhkan  minat  belajar  peserta didik dengan  mengaitkan  materi pelajaran  (konten)  dengan  kehidupan  sehari-hari  (konteks).

4.      Guru berperan sebagai fasilitator

5.      Pembelajaran lebih menarik (ada PPT, Media AR, Quizizz dan metode PBL)

6.      Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai yang direncanakan

 

Peran dan tanggungjawab saya dalam praktek ini, yaitu :

1.      Memperoleh bimbingan dalam proses penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus 1-2

2.      Mempresentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL siklus 1-2 bersama dosen, guru pamong, dan teman-teman PPG

3.      Melakukan perbaikan/revisi rencana pembelajaran siklus 1-2 berdasarkan hasil presentasi yang dilakukan

4.      Mengunggah perangkat pembelajaran siklus 1-2 di LMS

5.      Melaksanakan PPL siklus 1-2 berdasarkan perangkat pembelajaran 1-2

6.      Mendokumentasikan dalam bentuk video proses pelaksanaan siklus 1-2

7.      Mengunggah video tanpa editing (original) pada google drive dan youtube serta mencopy link ke grup PPG

8.      Mengunggah video yang sudah diedit dengan durasi 15 menit pada youtube dan mencopy link ke LMS

9.      Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan

10.  Berdiskusi dengan teman

 

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu:

Masih ada  peserta didik dalam kelompok yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena kurang kerjasama dan kurang peduli Penyesuaian jam mengajar guru mapel lain dengan  jadwal PPL yang akan dilaksanakan Peserta didik secara khusus kelas XI IPA 1 belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas Dalam proses pengambilan video memori HP tiba-tiba habis sehingga bagian akhir diskusi terpotong sehingga dibutuhkan waktu untuk mengulang kelompok terakhir presentasi.

5.      Peserta didik yang cenderung malu untuk menyampaikan pendapat karena sadar dengan kamera

6.      Kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran

 

Yang terlibat PPL siklus aksi ke 1 dan 2 yaitu:

1.      Peserta didik kelas XI IPA1 sebagai sentral dalam proses pembelajaran

2.      Guru sebagai fasilitator dan katalisator

3.      Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran PPL

4.      Kepala sekolah yang memberikan ijin dan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan

5.      Rekan sejawat yang membantu proses pembelajaran sebagai juru kamera

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan :

1.      Mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan dengan meminjam sarana dan prasarana

2.      Mencari lokasi ruang kelas yang pencahayaannya terang.

3.      Menyarankan peserta didik untuk segera menyambungkan WIFI pada pagi hari

4.      Mengkoordinasikan peserta didik untuk bersikap aktif dan seperti biasa ketika pembelajaran

5.      Melakukan refleksi di akhir pembelajaran.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan:

1.      Terlaksananya semua tahapan persiapan/aktivitas dalam pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun sebelumnya

2.      Peserta didik termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran

3.      Peserta didik aktif dalam proses pembelajaran

4.      Kepala sekolah dan rekan sejawat mendukung kegiatan PPL yang dilakukan

5.      Tercapainya kagiatan sesuai dengan harapan

 

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik lebih mudah dalam memahami konsep karena merasa pembelajaran menyenangkan sehingga motivasi belajar meningkat.  Hal ini dapat dilihat dari hasil hasil evalusi PPL 1-2 yang menunjukkan hasil baik

 

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:

1.      Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan sehingga dapat menjadi model untuk guru yang lain

2.      Respon rekan sejawat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik

3.      Respon peserta didik sebagian besar positif karena dengan pembelajaran yang dilaksanakan memudahkan untuk memahami konsep.

 

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan:

1.      Bimbingan dan arahan Dosen serta guru pamong sebelum pelaksanaan PPL 1-2

2.      Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang membantu persiapan hingga proses perekaman kegiatan pembelajaran

3.      Kondisi dan situasi yang mendukung terlaksananya kagiatan PPL 1-2

4.      Kemampuan untuk mengantisipasi dan mengatasi tantangan yang terjadi sebelum dan saat proses perekaman kegiatan pembelajaran

5.      Melaksanakan kegiatan PPL 1-2 dengan penuh rasa tanggungjawab dan memaksimalkan diri untuk yang terbaik

6.      Melakukan refleksi setiap selesai kegiatan PPL 1-2

 

Faktor ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan:

1.      Perekaman video pada rekaman ke 1 belum optimal karena tiba-tiba memori HP habis sehingga perekaman dihentikan. Membutuhkan waktu untuk menghapus memori yang tidak terpakai pada HP tersebut dan mengulang kembali diskusi pada kelompk terakhir yang tidak terekam.

2.      Suara pada perekaman PPL 1 terdengar pelan karena belum menggunakan alat bantu clip on, tetapi pada saat PPL 2 sudah menggunakan alat bantu sehingga kualitas suara bisa lebih baik dan jelas.

3.      Pencahayaan ruangan yang tidak stabil sehingga hasil pengambilan gambar kurang maksima, beberapa bagian tampak gelap dan tidak jelas.

 

Pembelajaran dari keseluruhan proses PPL:

1.      Ketertiban peserta didik sehari-hari perlu lebih ditingkatkan

2.      Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan

3.      Media dan alat/bahan ajar harus lebih inovatif

4.      Penggunaan bahasa tubuh, analogi dan intonasi harus lebih stabil sehingga bisa memotivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terus belajar dan menjadi yang lebih baik

18 Jan
Balas



search

New Post