Kiki Maryati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Canva sebagai Media Pembelajaran Visual untuk Pemahaman Konsep Penjumlahan Satu Angka
Canva

Canva sebagai Media Pembelajaran Visual untuk Pemahaman Konsep Penjumlahan Satu Angka

A. Tahap Perencanaan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat memberikan dampak yang signifikan pada dunia pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran adalah aplikasi Canva. Canva menawarkan fitur menarik dan mudah digunakan untuk membuat desain visual yang menarik termasuk media pembelajaran.

Di SD Al Muslim Tambun, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran adalah sebuah langkah progresif yang berupaya untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Mata pelajaran Matematika pada tingkat sekolah dasar, seringkali dianggap pelajaran yang sulit dan membosankan. Kelas 1 adalah tahap penting dalam pemahaman konsep dasar. Salah satu konsep dasar dalam Matematika yang perlu dikuasai peserta didik kelas 1 adalah penjumlahan satu angka. Untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami konsep penjumahan satu angka, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta mempermudah pemahaman mereka terhadap konsep penjumlahan.

Media pembelajaran berbasis visual seperti canva dapat menjadi alternatif yang menarik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika. Dengan canva, guru dapat membuat berbagai macam media pembelajaran yang menarik, seperti membuat buku cerita digital mengisahkan petualangan tokoh-tokoh yang melibatkan operasi penjumlahan, membuat gambar-gambar yang lucu dan menarik perhatian peserta didik, membuat game edukasi sederhana yang berkaitan dengan penjumlahan, animasi yang dapat disesuaikan dengan karakteristik peserta didik kelas 1 SD. Dengan adanya media pembelajaran canva ini dapat memfasilitasi peserta didik yang memiliki gaya belajar visual.

Adapun perencanaan yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut:

1. Mata pelajaran Matematika kelas 1 SD, dengan KD 3.2. Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 dalam kehidupan sehari-hari dengan cara membilang. Materi penjumlahan dan pengurangan. Merancang pembelajaran dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2. Membuat materi penjumlahan satu angka di Canva. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu:

· Buka web di browser, ketik https://canva.com

· Sign-in dengan email lalu login. Bila sudah memiliki akun belajar.id memberikan kemudahan dalam mengakses ke canva for education.

· Klik tombol “buat desain baru”.

· Pilih template presentasi, canva menyediakan berbagai template yang bisa kita pilih sebagai dasar materi.

· Tambahkan elemen. Gunakan gambar-gambar yang menarik dan relevan dengan tema penjumlahan, teks tulisan dengan font yang jelas dan mudah dibaca, elemen grafis manfaatkan berbagai bentuk, garis, dan warna untuk membuat design lebih menarik, serta dapat ditambahkan animasi sederhana untuk membuat materi lebih interaktif.

· Klik simpan dan unduh, setelah selesai kita dapat menyimpan dan mengunduh desain dalam format yang sesuai, misalnya PDF, PPTX, MP4 Video, JPG, PNG. Kita pilih PPTX untuk tampilan presentasi penjumlahan satu angka.

Dengan mengikuti Langkah-langkah di atas kita dapat memanfaatkan fitur-fitur canva dalam membuat materi pembelajaran penjumlahan satu angka yang menarik dan efektif.

B. Pelaksanaan

Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, 15 Oktober 2024. Bertempat di kelas 1 Abu Bakar Ash Shiddiq. Dengan jumlah peserta didik 28, terdiri dari 13 peserta didik perempuan dan 15 peserta didik laki-laki.

C. Visual Hasil

Berikut adalah hasil pemanfaatan canva sebagai media pembelajaran visual efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan satu angka di kelas 1 sd al muslim tambun tahun ajaran 2024/2025.

D. Tindak Lanjut

Berdasarkan seluruh kegiatan yang telah dilakukan untuk mengapresiasi kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Peserta didik menjadi lebih semangat, antusias tinggi, lebih teliti dalam menjawab soal dan juga dapat terus berlatih soal-soal penjumlahan satu angka menggunakan desain canva.

2. Peserta didik dapat membuat cerita bergambar sederhana yang melibatkan penjumlahan satu angka Guru mengapresiasi peserta didik dalam ketepatan menjawab soal dengan tepat dan benar.

3. Guru membuat materi pelajaran matematika lainnya dengan menggunakan canva seperti pengurangan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post