PROGRAM KERJA LABORATORIUM SAINS/IPA MTsN 3 MEDAN - (BAGIAN 1)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
MTsN 3 Medan sebagai sebuah lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan untuk memajukan pendidikan memerlukan beberapa komponen pendukung. Salah satunya adalah Laboratorium Sains/IPA. Lebih dari itu Laboratorium Sains/IPA adalah hal yang sangat mendasar dalam terlaksananya suatu proses pendidikan untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik. Laboratorium Sains/IPA adalah tempat mengembangkan pembelajaran Sains/IPA dengan cara mencari pengetahuan tentang alam secara sistematis melalui proses penemuan ( inquiri ) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa,yang bermuara pada pembelajaran Work-Based experimen ( belajar sambil bekerja ).
Keberadaan Laboratorium Sains/IPA juga perlu didukung oleh berbagai program yang baik agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi MTsN 3 Medan. Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium Sains/IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan Program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi MTsN 3 Medan.
B. Dasar Pemikiran Pemikiran
a. Pasal 12 ayat (1) dan Pasal 30 UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. Visi dan Misi serta Program Kerja MTsN 3 Medan
c. Program Kerja Laboratorium Sains/IPA MTsN 3 Medan
C.Tujuan
a. Tujuan dari Program Kerja Kepala Laboratorium ini adalah sebagai administrasi guru yang telah disertifikasi untuk mengarah kepada guru yang propesional
b. Sebagai bahan acuan bagi Pengelola Laboratorium Sains/IPA untuk menjalankan tugasnya
BAB II
PROGRAM KERJA LABORATORIUM SAINS/IPA MTs N 3 MEDAN
Laboratorium Sains/IPA MTs N 3 Medan terletak dibagian Utara bangunan Madrasah dengan ukuran ruangan yang tidak begitu besar yaitu sebesar 32 m2 dengan lebar 4 m dan panjang 8 m. Dengan ruangan yang sederhana dan terbilang kecil ini akan diupayakan mempunyai manfaat yang besar bagi siswa dan madrasah. Karena prinsipnya bukanlah ukuran ruangnya tetapi kemampuan untuk bisa berdaya guna semaksimal mungkin. Untuk itu sebagai kepala laboratorium yang ditugaskan mengelola laboratorium Sains di MTsN 3 Medan, beberapa rencana program akan dipaparkan sebagai berikut :
A. Penataan Ruang Laboratorium
Karena ruangan laboratorium yang kecil, penataan ruangan diutamakan untuk penyimpanan alat/bahan dan ruang kerja kepala laboratorium serta pertemuan lesehan untuk aggota KIR yang ingin memanfaatkan laboratorium untuk penelitian. Sedangkan untuk kegiatan praktikum pengembangan dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan Madrasah seperti ruangan kelas dan halaman Madrasah untuk beraktifitas. Denah dari ruangan laboratorium Sains/IPA dapat dilihat pada denah berikut :
Denah Ruang Laboratorium Sains/Ipa

Keterangan Gambar:
1. Meja Alat 5. Meja praktikum
2. Meja Praktikum 6. Lemari Alat
3. Pintu 7. Lemari alat
4. Meja Praktikum 8. Meja Laboran
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar