khairiyati

Teruslah menulis....mana tahu di antara tulisan kita bisa mengispirasi dan memotivasi orang lain... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perubahan Materi Esensial Akidah Akhlak MTs

Perubahan Materi Esensial Akidah Akhlak MTs

             Dalam penyampaian materi pembelajaran kepada peserta didik, seorang guru kudu harus mengikuti rambu-rambu yang sudah dituangkan dalam kurikulum, agar pembelajaran yang disampaikan tidak keluar dari koridor yang telah ditentukan.

           Seiring waktu kurikulum pun mengalami beberapa kali perubahan dan penyempurnaan. Tentunya para guru harus  mengikuti setiap perubahan dan perkembangan tersebut.

            Untuk tahun ajaran baru 2020/2021 pada mata pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah (MTs) juga mengalami beberapa perubahan pada materi ajarnya. Hal ini tertuang dalam KMA no 183 Th 2019.tentang Kurukulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

        Adapun perubahan-perubahan materi  ajar Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang terdapat dalam KMA 183 diantaranya adalah:

1.     Perubahan Pada Materi Akidah Akhlak Kelas VII

          3.3. Menganalisis konsep, dalil dan darnpak positif taubat, taat, istiqamah,               dan ikhlas istiqamah

           Pada Kompetensi Dasar (KD) di atas adanya penambahan materi                           istiqamah yang belum pernah diajarkan pada tahun sebelumnya.

3.6 Memahami sepuluh al Asma' ul Husna (al Aziiz„ al-Bashiith, al-Ghaniyy, ar Ra'uuf, , al-Barr, al-Fattaah, al-`Adl„ al-Hayyu, al-Qayyuum, al-Lathiiif)

Pada KD Asmaul Husna juga terdapat perubahan yang tidak terdapat pada kD sebelumnya yaitu Asma’ ul Husna al Ghaniyy, Al Hayyu dan al Lathiif 

3.10 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s

Di kurikulum sebelumnya yang diajarkan adalah kisah keteladanan Ahshabul Kahfi dan sekarang diganti dengan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s

2.   . Perubahan Pada Materi Akidah Akhlak Kelas VIII

          3.1 Memahami sejarah, hakikat, dan keistimewaan al-Qur'an

          Pada KD ini hanya membahas tentang kitab suci Al Qur-an, hal ini berbeda             dengan KD sebelumnya yang membahas tentang ke-empat kitab suci.

3.6 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Musa a.s

Materi kisah keteladanan Nabi Yunus as dan Nabi Ayub a.s diganti dengan kisah keteladanan Nabi  Musa a.s

3.7 Menganalisis sifat utama dan keteguhan rasul Ulul Azmi

Pada KD ini hanya membahas tentang rasul Ulul Azmi, dimana pada KD sebelumnya yang dibahas adalah tentang Sifat-sifat Rasul.

3.10 Menerapkan adab bersosial media

Penambahan materi baru tentang adab bersosial media yang belum pernah diajarkan sebelumnya.

3.   Perubahan Pada Materi Akidah Akhlak Kelas IX

            3.5 Menganalisis kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a. dan                   Aisyah r.a.

             Penambahan Materi pada KD ini adalah penambahan kisah tentang                        Aisyah r.a

             3.7 Menganalisis bentuk-bentuk perilaku menyimpang dalam pergaulan                  remaja (minuman keras, judi, pacaran dan tawuran)

              Penambahan pada KD ini  adalah penambahan  materi pacaran sebagai                 perilaku menyimpang  dalam pergaulan remaja.

              3.8 Menerapkan adab berjalan, makan dan minum serta berpakaian

              KD ini juga belum pernah diajarkan dalam materi akidah akhlak                               sebelumnya.

Kesimpulannya perubahan yang terlihat dalam kurikulum PAI pada Madrasah Tsanawiyah yang tertuang dalam KMA no 183 tahun 2019 adalah dalam hal penomoran yang terus berkesinambungan. Dimana sebelumnya penomorannya berakhir pada nomor KD dalam satu semester, dan diulang penomorannya pada KD semester berikutnya. Contoh KD 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.6, 3.7, 3.8, 3.9 ,3.10, dan 3.11

Adanya penambahan materi-materi baru diantaranya tentang kisah keteladanan Aisyah r.a,  dan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. Adab  bersosial media penambahan materi yang sesuai dengan keadaan saat ini, dimana banyak hal-hal yang harus diperhatikan dalam bersosial media terlebih lagi bagi siswa agar mereka tidak salah dalam bersosial media.  Perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja (pacaran) juga penambahan materi yang bertujuan agar siswa tidak terjerumus kedalam pergaulan yang akan menghancurkan masa depan mereka. Serta materi adab disaat makan, minum dan berpakaian sebagai pedoman bagaimana seharusnya cara makan, minum yang diajarkan oleh agama.

Dengan adanya penambahan materi-materi baru, harapan tentunya siswa lebih memahami materi dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa menjadi karakter dan akhirnya mampu menjadi contoh bagi orang lain.

 

Sumber : KMA no 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah

Payakumbuh, 26 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali bu...salam kenal..saya juga guru akidah mts...memang ada beberapa penambahan dan perubahn materi esensial pada mapel kita...suksea sellu buu...

26 Jun
Balas

Dalam kenal lagi Bu.. sukses juga buat ibu

26 Jun

Mantap kajiannya Bu...sangat bermanfaat bagi guru aqidah Akhlak

26 Jun
Balas

Terimakasih bunda ..

26 Jun



search

New Post