Kelas bersama kita For Teachers Tema Menyusun RPP Merdeka Belajar
#TaGurHariKe-38
#Menuliskan Kembali agar menjadi ilmu yang melekat dan bisa di terapkan
Jumat, Tanggal 5 Juni 2020 saya mengkuti Seminar yang di pandu oleh “Kelas bersama kita For Teachers “ yang dibawah naungan dari perpustakaan kemendikbud bekerja sama sama Nara sumber Dr.Lis Suryatini, M.Ag ( Pengawas sekolah, Penulis Buku, Instruktur nasional Dinas Pendidikan Bandung )
Tema : Menyusun RPP Merdeka Belajar
Di bawah ini akan akan Ulas kembali penjelasan dari Nara sumber Ibu Dr. Lis Suryatini,.Yuk Kita baca dulu,….
Latar Belakang
Permendikbud No. 22 Tahun 2016:
Standar Proses merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Pembelajaran yang baik apabila penerapannya dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
#
Menurut Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019
Penyusunan RPP berprinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid Dari 13 Komponen RPP ( Permendikbud 22/ 2016) diambil komponen intinya yang wajib dilaksanakan oleh guru, yaitu tujuan pembelajaran, langkah ( kegiatan ) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran ( assessment), sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, KKG/MGMP, dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar – sebesarnya keberhasilan belajar murid. RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula di sesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dalam SE no 14 th 2019
#
APA ESENSI DARI RPP?
RPP merupakan sebuah dokumen yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran Dengan RPP yang baik, guru akan mampu melihat capaian tujuan RPP digunakan sebagai bahan refleksi. Apa yang tertulis pada RPP harus dijalankan di dalam proses pembelajaran.
#
Prinsip Penyusunan RPP
Perbedaan individual siwa Partisipasi aktif siswa Berpusat pada siswa Pengembangan budaya membaca dan menulis Pemberian umpan balik dan tindak lanjut Keterpaduan antara KD, IPK, Materi kegiatan, Penilaian, dan sumber belajar Mengakomodasi pembelajaran yang terpadu Penerapan teknologi informasi dan komunikasi#
Pentingnya memahami Esensi Penyederhanaan RPP
Pemahaman yang baik berpengaruh pada kinerja yang baik dan benar Pemahaman yang bias, akan muncul kebingungan, kembali pada pembelajaran yang tidak memerdekakan Akibatnya siwa tidak antusiasme, memaksakan kehendak guru, kembali copy paste#
Alur RPP mengarah kepada
SK dan KD Silabus RPP7 Langkah Menyusun RPP
Mengisi Kolom Identitas Menentukan alokasi waktu Menentukan KI dan KD Merumuskan IPK sesuai KI dan KD Merumuskan tujuan pembelajaran Merumuskan langkah pembelajaran Menyusun penilaian pembelajaran#
Alur Pengembangan Indikator
Menganalisis Tingkat Kompetensi dalam KI dan KD Menganalisi karakteristik Mata Pelajaran, Peserta Didik, dan Sekolah Menganalisis Kebutuhan dan Potensi#
Ketentuan Merumuskan Indikator
Indikator dirumuskan dari KD Indikator Menggambarkan Hirarki Kompetensi Menggunakan KKO Simple, jelas dan mudah dipahami Tidak bermakna ganda Hanya mengandung satu tindakan dan satu materi Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, siswa, dan lingkungan Rumusan indicator dapat dikembangkan menjadi beberapa indicator penilaian
#
Rumusan Tujuan
1. Learner Oriented yang berpatokan kepada perilaku siswa bukan perilaku guru
2. Operational yang berpatokan pada Rumusan tujuan harus dibuat secara spesifik dan operasional
3. Formula ABCD ( Adience, Behaviour, Conditioning, Degree) yang bertujuan pembelajaran yang baik adalah mengandung unsur Adience,Behaviour,Conditioning,Degree
#
Merumuskan langkah Pembelajarn
Kegiatan Pembelajaran meliputi Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, Kegiatan Penutup.
#
Menyusun Penilaian Pembelajaran
Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Soal dan Kunci Jawaban Kriteria Penilaian
Semoga Saling Berbagi Ilmu mendapat manfaatnya.
Tebing Tinggi, 7 Juni 2020
# Salam Literasi
Ira amita Nasution,S.Pd

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap bu
Terima kasih bunda.salam.kenal
Mantap bu
Mantap bu
Info yg sangat bermanfaat mksh Bu ira
Terima kasih bunda evi sayang.