Indah Kurniati

Saya Indah kurniati, saya adalah seorang guru TK Al Azhar yang diberikan tambahan tugas sebagai pengawas TK Al Azhar se-Indonesia yang ingin sekali mempunyai ka...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hari ke 189 Edisi Ramadhan hari ke 9 Pembelajaran bermakna

Hari ke 189 Edisi Ramadhan hari ke 9 Pembelajaran bermakna

Dalam suatu kegiatan pembelajaran pendidikan anak usia dini terlihat seorang guru sedang melakukan pembelajaran tentang tanaman, guru langsung membawa tanaman ke kelas dan memperlihatkan ke anak-anak. Guru menjelaskan bahwa tanaman adalah ciptaan Allah Swt. Bagaimana Allah menciptakan tumbuhan dengan melibatkan hujan dan angin sebagai bagian dari proses pertumbuhan tanaman, berbagai jenis tanaman tidak ada yang sama satu dengan yang lainnya. Berbagai macam rasa buahnya, bagaimana rasanya saat masih muda, menjelang tua dan juga saat sudah tua. Berbagai macam bentuknya ada yang tegak berdiri, menjuntai, ada yang menjalar diatas tanah. Juga ada tanaman yang mempunyai akar di dalam tanah kokoh berdiri untuk meopang batang dan daunnya, ada juga yang akarnya merambat. Anak-anak dibuat takjub dengan ciptaan Allah yaitu tanaman. Anak-anak diberikan pemahaman bahwa tidak ada kakuatan yang dapat menciptakan alam semesta ini kecuali Allah. Bermacam-macam jenis, dengan keteraturan yang sudah pasti. Ini adalah salah satu pembelajaran bermakna yang diberikan untuk anak usia dini. Selain mengenal bermacam-macam tanaman anak juga diajarkan untuk lebih mengakui bahwa Allah adalah Maha pencipta, kita sebagai mahluk harus senantiasa bersyukur, ini adalah adab kita kepada Allah. Di akhir kegiatan guru memberikan tugas anak untuk menanam dan merawatnya, lalu guru akan menilai bagaimana cara anak memperlakukan tanaman tersebut.

Sering kali kita sebagai guru tidak menyadari bahwa ilmu pengetahuan yang kita miliki dan akan kita berikan kepada murid kita adalah jembatan untuk mengenal Allah SWT. Sebagai guru tugas kita memberikan anak-anak kesadaran bahwa Manusia diciptakan bukan secara kebetulan, namun direncanakan untuk menjadi khalifah dimuka bumi, makluk yang sangat dimuliakan, dibekali potensi dan kekuatan positif untuk mengubah corak kehidupan di dunia kearah yang lebih baik,dapat mengelola alam raya untuk dimanfaatkan. Jika hal ini kita lakukan dalam pembelajaran maka out put dari pembelajaran akan tercipta pribadi-pribadi yang beradab serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pemeliharaan alam dan segala isinya.

Saat sekarang masa pandemic memang sangat sulit melakukan kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang hanya terbatas pada layar monitor saja diakui tidak efektif menanamkan konsep-konsep pengetahuan kepada anak secara langsung. Masa-masa sulit seperti ini merupakan kesempatan kita untuk membuktikan bahwa makna pendidikan yang sesungguhnya adanya hubungan batin antara guru dan murid atau hanya sekedar penyampaian materi kurikulum tanpa diikuti oleh proses penyadaran bahwa anak didik sebagai manusia adalah penanggungjawab utama dari setiap tahapan perjalanan jidupnya menuju pada pendewasaan diri. Pembelajaran jarak jauh yang bermakna mendekatkan pembelajaran dengan kehidupan nyata dan menguatakan hubungan batin antara siswa-guru dan keluarga. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tabaarakallohu bun

21 Apr
Balas

Syukron ustadz

21 Apr



search

New Post