Ida Nurul Kifayati, S.Pd., M.Pd.

Menjadi seorang guru telah menjadi impian sejak kecil, Lulus Pendidikan Bio D3 IKIP Yogyakarta pada tahun 1987. Pada tahun 1989 ia memperoleh SK Penempatan di S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelajar Pelopor  Keselamatan Lalu Lintas dan  Angkutan Jalan

Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Oleh Ida Nurul Kifayati, S.Pd., M.Pd.

Guru Biologi dan Pembimbing KIR SMAN 1 Rangkasbitung

Setelah 2 tahun vacum akibat adanya pandemi covid -19, tahun 2022 seleksi Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan digelat kemali. Seleksi tersebut di mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional, yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan dan Kementrian Perhubungan.. Seleksi Tingkat Kabupaten, khususnya di Lebak diselenggarakan tanggal 27 Juli 2022 bertempat di Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak., Tingkat Provinsi Banten tanggal 23 Agustus 2022. Bertempat di Dinas Perhubungan Provinsi Banten. Sedangkan Tingkat Nasional diselenggarakan dari tanggal 12 - 15 September 2022 di Hotel Grand Mercury Harmoni, Jakarta Pusat oleh Kementrian Perhubungan.

Proses seleksi terdiri dari penyusunan Karya Tulis Ilmiah, Presentasi KaryaTulis Ilmiah, Pablic speaking, dan Kepemimpinan. Tahun ini karya Tulisnya mengambil Tema "Indonesia Future Tranport". Pada Babak Penyisihan Tingkat Kabupaten dari 4 sekolah, 12 peserta, SMAN 1 Rangkasbitung atas nama Faza Wiyan Pratama berhasil menyisihkan menjadi Juara 1 Tingkat Kabupaten. Sedangkan dari Tingkat Provinsi Banten dari 9 Kabupaten terdiri dari 27 peserta berhasil kembali menjadi Juara 1 Tingkat Provinsi Banten. Dan akhirnya masuk menjadi Finalis Tingkat Nasional yang terditi dari 12 Provinsi dengan peserta 37 peserta, Faza Wiyan Pratama dari SMAN 1 Rangkasbitung Kabupaten Lebak peserta perwakilan dari Dinas Perhubungan Provinsi Banten berhasil menjadi juara 2 Tingkat Nasional Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Karya Tulisnya yang berjudul "Inovasi Sirine Kedatangan Kereta di Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu" terpilih sebagai karya Tulis terbaik.

Sebagai pembimbing Karya Tulis, merasa bangga dan bahagia. Karena dari proses yang panjang dan dalam waktu yang terbatas mampu memberikan bimbingan, motivasi, serta mengarahkan dan membangun kepercayaan diri serta kreatifitas dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan dalam proses dari mulai gagasan atau ide penelitian, merancang penelitian, melaksanakan eksperimen, mengambil data hingga akhirnya menyusun laporan penelitian. Tidak hanya berhenti di tahap ini saja. Perlu menyiapkan presentasi, paparan yang konkrit bagaimana sebuah inovasi menjadi nyata dapat diimplementasikan dalam tiga dimensi, ruang waktu dan ketepatan data. Sehingga menghasilan maket miniatur bagaimana judul karya tersebut menghasilkan suatu pruduk yang real.

Suka duka dalam pembimbingan pasti ada dan telah kita lewati bersama, antara peneliti dan pembimbing serta peran orang tua. Kendala dana juga termasuk dalam tantangan sebuah penelitian yang menggunakan eksperimen. Belum lagi alat dan bahan terkadang susah dicari di pasaran. Namun semua itu bisa diupayakan dengan ikhtiar dan doa. Dengan menerapkan falsafah Kihajar Dewantara dalam belajar yaitu Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani, semua rintangan dalam proses pembimbingan Karya Tulis Ilmiah dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan sebuah prestasi yang tidak saja membanggakan pembimbing, peneliti sendiri namun telah membawa prestise sekolah, kabupaten, provinsi hingga Indonesia. Semoga hasil penelitian ini sangat bermanfaat untuk Indonesia.

Seperti kita ketahui Transportasi umum, khususnya Kereta api merupakan pilihan sebagian besar dari masyarakat Indonesia. Karena moda transportasi kereta api memiliki banyak kelebihannya dibandingkan moda transportasi lainnya. Diantara kelebihannya yaitu moda transportasi kereta api adalah tepat waktu baik keberangkatan maupun kedatangannya. Selain itu efektif dan efisien dalam mengangkut banyak penumpang, relatif aman dari moda transportasi lainnya karena memang memiliki sistem jalur perjalanan yang sudah tertib sesuai UU Perhubungan. Namun tetap saja masih ada 84 % (menurut Kemenhub 2021) perlintasan sebidang tanpa palang pintu yang menyebabkan banyaknya kecelakaan yang mengakibatkan baik luka ringan, berat hingga menyebabkan meninggal dunia cukup tinggi setiap tahun. Dengan adanya inovasi dari Karya tulis ini semoga bisa diterapkan oleh PT KAI sehingga menghindari dan mencegah banyak korban berjatuhan serta meningkatkan keselamatan angkutan jalan. Semoga. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah karya yang luar biasa, lanjutkan berbagi Barokallah Bu Ida Nurul Kifayati

22 Sep
Balas

Terima kasih pak H. Ahmad Syaihu. Tabarokallah

22 Sep
Balas



search

New Post