Ihat Solihat

Menulis menebar kebaikan untuk tetap berkarya...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

#Tantangangurusiana

#Gurusianaharike-26

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Dalam rangka menuju sekolah sehat yang berwawasan lingkungan, selain lingkungannya yang bersih siswa pun harus mempunyai Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS).

PHBS di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan oleh siswa, guru dan masyarakat yang ada di sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Ada 8 pembiasaan siswa dalam melakukan PHBS diantaranya :

Pertama, mencuci tangan dengan air mengalir pakai sabun

Kedua, mengkonsumsi jajanan sehat dari kantin sekolah

Ketiga, menggunakan jamban bersih dan sehat

Keempat, Berolah raga teratur dan terukur

Kelima, memberantas jentik nyamuk di sekolah

Keenam, tidak merokok di sekolah

Ketujuh, menimbang berat badan dan tinggi badan setiap bulan

Kedelapan, membuang sampah ke tempat sampah yang terpilah.

Dengan berpedoman pada 8 pembiasaan PHBS, SMPN 1 Rumpin sudah membuat beberapa program-program yang mendukung PHBS agar terlaksana dengan baik dan lancar diantaranya :

Sekolah menyediakan tempat cuci tangan siswa, satu kelas satu washtupple dengan sabun yang disimpan di depan kelas masing-masing.

Kantin sekolah disediakan dengan jajanan yang sehat tidak menggunakan zat pewarna kimia dan penggunaan steropom. Semua siswa membawa tempat makan dan minum masing-masing.

Toilet siswa perempuan dan laki-laki terpisah dengan tempat yang berbeda. Toilet perempuan ada 15 buah dan toilet laki-laki ada 13 buah dengan petugas kebersihan 2 orang. Siswa pun dibuat jadwal piket untuk memelihara toilet agar selalu bersih.

Olah raga teratur biasanya seminggu sekali yang dibimbing oleh guru olah raga masing-masing. Namun untuk olah raga secara umum dilakukan sebulan sekali dengan nama Jumseh.

Pemberantasan jentik nyamuk di sekolah, kami selalu membersihkan lingkungan sekolah dengan program yang dibuat yaitu piket siswa di kelas, sidarling dan Jumat bersih. Setiap enam bulan sekali sekolah mengadakan penyemprotan seluruh ruangan dan halaman sekolah.

Poster-poster tertulis larangan merokok yang dibuat pada banner, agar mengingatkan siswa atau warga sekolah tidak merokok di lingkungan sekolah.

Sebulan sekali tim UKS secara rutin melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan agar mengetahui perkembangan fisik siswa. Selain itu juga pemeriksaan mata, gigi, hidung dan telinga agar selalu bersih.

Tempat sampah organik dan anorganik disediakan di depan sekolah masing-masing agar siswa terbiasa membuang sampah dengan memilahnya. Sekolah pun menyediakan tempat pembuangan akhir dengan tempat yang berbeda organik dan anorganik.

Dari kedelapan PHBS telah kami lakukan semoga menjadi pembiasan yang melekat pada diri siswa dan menjadi pembiasaan di masyarakat.

Oleh: Ihat Solihat_SMPN 1 Rumpin.

14 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih bu ilmunya mnatap..

09 Mar
Balas



search

New Post