Herlina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…

Salam dan bahagia Bapak dan Ibu guru hebat. Jumpa lagi dengan Herlina dari UPTD TK Pembina Negeri Lubuk Besar. Saya merupakan salah satu CGP Angkatan 9 dari Kabupaten Bangka Tengah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Artikel kali ini merupakan tugas jurnal refleksi dwi mingguan modul 3.3 pada program guru penggerak tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Saya menuliskan jurnal dengan model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future). Model ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Ada empat bagian yang akan saya tuliskan dalam refleksi ini.

1. Fact (Peristiwa)

Alhamdulillah perjalanan selama 7 bulan pada program guru penggerak ini telah mengajarkan banyak sekali ilmu dan pengalaman baru bagi Saya. Modul 3.3 ini merupakan modul terakhir yang kami pelajari dari kegiatan pendidikan dan pelatihan calon guru penggerak Angkatan 9 ini. Modul ini berisi tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada Murid. Sama seperti modul-modul sebelumnya, kegiatan pembelajaran pada modul 3.3 ini juga dilalui selama dua minggu dengan alur MERDEKA. Setelah mempelajari modul ini saya berusaha untuk mempelajari, memahami dan mengimplementasikan apa yang telah saya dapatkan dari materi-materi yang ada pada modul 3.3 ini dengan maksimal dan berusaha memberikan yang terbaik.

Kegiatan ini dimulai dengan Mulai dari diri dan eksplorasi konsep yang dilakukan secara mandiri pada tanggal 28 -29 Februari 2024. CGP disuguhkan dengan petanyaan pemantik. Saya mempelajari bagaimana cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan mempertimbangkan 3 aspek yaitu suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Pada Eksplorasi Konsep pada tanggal 1-4 Maret 2024 kami melakukan diskusi secara berkelompok tentang program/kegiatan yang sudah dilakukan disekolah dan kami saling memberikan umpan balik pada kelompok lain.

Pada saat ruang kolaborasi pada tanggal 5-6 Maret 2024, saya berusaha mendengarkan dengan fokus dan berusaha untuk menggali informasi dengan fasilitator yaitu bapak Ibu Titin Purwosari serta dengan teman-teman CGP lainnya. Saat sesi ruang kolaborasi, kami dibagi menjadi dua kelompok. Pembagian kelompok ini berdasarkan pengajar praktik. Saya satu tim dengan sesama CGP yang pengajar praktiknya Ibu Supriyatni. Kami diminta untuk membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Program yang direncanakan ini juga melihat aset yang dimiliki oleh sekolah serta mampu menumbuhkan kepemimpinan murid dengan melibatkan suara, pilihan, dan kepemilikian.

Saat masuk alur demonstrasi kontekstual tanggal 7-8 Maret 2024, kami diminta untuk membuat sebuah program secara individu. Program ini nantinya yang akan dipraktikkan dalam aksi nyata di akhir modul 3.3. Saya menggagas sebuah program kokurikuler yaitu BERESAM (Berliterasi dengan Sampah)

Pada saat Elaborasi pemahaman pada tanggal 12 Maret 2024 kami didampingi oleh instruktur yaitu Ibu Wuri Rellistiani yang merupakan rekan satu tim pada saat saya masih di Palembang. Subhanallah materinya sangat menginspirasi dan memotivasi sekali bagaimana kami dapat menumbuhkan kepemimpinan murid.

Pada tahap selanjutnya adalah koneksi antar materi pada tanggal 18 Maret 2024 dan dilanjutkan dengan Aksi Nyata dengan membuat prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

2. Feelings (Perasaan)

Ada rasa sedih, senang, termotivasi dan bersemangat ketika mengikuti pembelajaran pada modul ini. Sedih karena ini merupakan modul terakhir dari program CGP Angkatan 9 ini. Tentunya saya akan merindukan surat cinta yang selalu dikirimkan oleh ibu Fasilitator yaitu Ibu Titin Purwosari dan juga bimbingan dari pengajar praktik saya yaitu Ibu Supriyatni. Selain itu, Saya juga merasa senang karena telah berhasil melewati dan mempelajari semua materi pada program guru penggerak ini. Banyak ilmu-ilmu dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan PGP ini. Saya termotivasi karena materinya yang sangat menarik dan menantang untuk membuat program-program yang menumbuhkan kepemimpinan murid. Saya bersemangat untuk mengimplementasikan apa yang telah saya pelajari ini di kelas maupun di sekolah saya.

3. Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang Saya dapatkan setelah mempelajari modul 3.3 ini adalah pada saat Saya menyusun sebuah program sebaiknya kita melihat aset/kekuatan yang dimiliki oleh sekolah. Pentingnya melibatkan murid sebagai mitra dalam penyusunan sebuah program/kegiatan, dengan memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan Murid mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program, Murid dapat dilibatkan dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berpendapat (suara) dan menentukan pilihannya sehingga mereka akan merasa memiliki dan merasakan manfaat dari program yang akan kita kembangkan.

Sebagai seorang guru saya menyadari bahwa pentingnya menciptakan lingkungan yang positif dalam menumbuhkan student agency. Dukungan dan kolaborasi dari semua pihak/komunitas sangat diperlukan dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Prakarsa perubahan yang akan dilakukan dapat menggunakan tahapan BAGJA dengan menambahkan unsur suara, pilihan, dan kepemilikan murid.

4. Future (Penerapan)

Rencana kedepan yang akan saya lakukan adalah menerapkan apa yang telah saya pelajari ini. Saya akan melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat, murid, dan orangtua murid dalam menumbuhkan kepemimpinan murid dengan mempertimbangkan 3 aspek yaitu suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid. Saya ingin mengimplementasikan program/kegiatan yang telah saya rancang dengan murid tersebut. Harapannya program ini dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dan mewujudkan karakter profil pelajar pancasila. Dan saya juga akan menyebarkan pengetahuan dan pengalaman saya dalam menyusun program yang berdampak positif pada murid ini pada rekan-rekan sejawat.

Terima Kasih… Salam Guru Penggerak Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan…

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post