Herlina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Forum Diskusi Modul 2.1

Forum Diskusi Modul 2.1

2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1

Pertanyaan Pemantik untuk Pembelajaran 1:

Seorang guru yang baik akan mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda dengan cara menyiapkan pembelajaran yang beragam dan menarik bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat menikmati kegiatan pembelajaran dengan perasaan gembira dan menyenangkan. Selain menyiapkan pembelajaran yang beragam dan menarik seorang guru juga harus merancang metode pembelajaran yang dapat mengakomodasi karakteriktik peserta didik yang berbeda-beda tersebut. Setelah melakukan kegiatan pembelajaran guru dapat mengajak peserta didik untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dengan pertanyaan-pertanyaan pemantik seperti:

1) Kegiatan apa yang paling kamu sukai hari ini?

2) Karya apa yang paling kamu sukai?

3) Apakah kamu mengalami kesulitan saat berkarya?

4) Apa yang kamu rasakan saat harus memberikan ide dalam kelompok?

5) Jika kamu diberi kesempatan untuk memperbaiki karyamu, bagian apa yang akan diperbaiki?

Ketika kegiatan pembelajaran telah berakhir guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan hari itu dengan cara merefleksikan diri dengan pertanyaan pemantik seperti:

1) Apa yang disukai anak-anak? Mengapa?

2) Kegiatan bermain apa yang kurang diminati anak ? Mengapa?

3) Kemampuan apa saja yang muncul pada anak?

4) Alat atau bahan apa saja yang perlu saya tambahkan?

5) Apakah proses pembelajaran membuat partisipasi yang tinggi pada anak anak ?

6) Kegiatan apa yang bisa dilakukan sebagai kelanjutan dari kegiatan main hari ini ?

Dengan merefleksikan diri seperti ini maka guru dapat mengetahui apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya.

Membuat Refleksi Individu

1. Saat ini saya sedang membayangkan kelas yang saya ampu dengan segala keragaman peserta didiknya dimana saya merupakan salah satu guru di UPTD TK Pembina Negeri Lubuk Besar yang mengampu kelompok B pada sentra persiapan. Setiap harinya saya harus bisa mengakomodir peserta didik dengan beragam karakteristik dan keunikan yang dimilikinya mulai dari minat, bakat, hobi, lingkungan keluarga, status sosial ekonomi, keragaman agamanya.

2. Untuk melayani kemampuan peserta didik yang berbeda saya telah melakukan:

1) Inovasi pembelajaran dengan merancang kegiatan pembelajaran ASIK dengan memanfaatkan media loosepart.

2) Berinovasi dengan membuat video-video pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna.

3) Berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik.

Dalam kegiatan pembelajaran terkadang saya menerapkan perlakuan yang berbeda-beda terhadap peserta didik hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

3. Tantangan-tantangan yang saya hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman peserta didik saya adalah ada anak yang tidak mau ditinggal oleh orangtuanya sehingga terjadinya ketidak efektifan dalam manajemen waktu, karena banyak waktu yang dibutuhkan untuk menenangkan dan memotivasi peserta didik agar dapat menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan elemen capaian pada kegiatan pembelajaran.

Tindakan yang telah saya lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut adalah melakukan pendekatan dan komukasi secara efektif terhadap peserta didik dan orangtua peserta didik tersebut.

4. Menurut Saya, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman peserta didik tersebut, maka pembelajaran:

dirancang dengan media pembelajaran yang beragam dan menarik,

dilaksanakan sesuai dengan modul ajar yang telah direncanakan, dan

dievaluasi dengan melibatkan peserta didik dan rekan sejawat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post