Hariyanto

Pernah bertugas di Papua selama 15 tahun lebih, tepatnya di SDN Inpres Timika V dan IX Mimika Baru (1992-2010) Saat ini bertugas di kota Blitar di SDN Turi 1. S...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBUAT DESAIN COVER BUKU DENGAN CANVA
contoh cover buku bertema Corona

MEMBUAT DESAIN COVER BUKU DENGAN CANVA

Oleh : Hariyanto

Mendesain cover buku memerlukan ketrampilan khusus karena melibatkan banyak faktor. Semua berkaitan dengan tampilan cover agar terlihat menarik dari berbagai sudut. Sedikitnya harus dipahami adanya beberapa bagian dari cover buku yang diperhatikan: 1) Nama Penulis, 2) Judul Buku, 3) Logo Penerbit, 4) Illustrasi, 5) Narasi.

Selanjutnya menggunakan aplikasi CANVA, bisa diterapkan melalui HP Android atau pun di Latop. Aturan penggunaan di kedua perangkat itu hampir sama, jadi penguasaan di salah satunya dapat mempermudah pekerjaan.

Langkah pertama mendesain cover buku ukuran A 5 si Canva :

1. Pilih templater "cover book"

2. Pilih bank alias polos warna putih. karena yang tersedia biasanya ukuran untuk e book.

3, Sesuaikan ukuran desain blank tadi dengan ukuran baru A 5..... dengan cara memberi ukuran baru yang berformat cm....dengan lebar : 14,8 cm dan panjang atau tingginya 21 cm.

4. Setelah terbentuk pola dengan ukuran A 5 tersebut, maka kita tinggal memasukkan background atau gambar yang sesuai untuk judul bukunya

5. Pemilihan warna background juga penting untuk ditambahkan jika ukuran sampul dilengkapi dengan cara menambar ukuran sampul keseluruhan, 29.7 cm x 21 cm.

6. Pemilihan font judul buku juga perlu disesuaikan dengan isi buku dan temanya.

7. Pengaturan gambar dan komposisi cover mengikuti aturan umum, yaitu bagian sinopsi di sampul belakang, lalu gambar dan font judul di depan, lalu judul dan pengarang serta nama peerbit ada di bahu buku, yaitu di tengah bagian sampul berbentuk tulisan vertikal.

8, Pengaturan selanjutnya agar sampul terlihat cantik harus tetap mempertimbangkan beberapa faktor : estetik, visual karakter buku, jenis buku dll.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa bikin cover buku sendiri bisa ngge Pak Haryanto. Terima kasih sudah berbagi

14 Jan
Balas

Terimakasih Bu, Itu cover buatan "guru " saya Ajinatha.....buatan saya sendiri insyaAllah saya upload edisi besok. Salam Literasi

15 Jan

Tulisan yang sangat informatif. Keren sekali

14 Jan
Balas

Terimakasih Pak. Semoga bermanfaat. Salam literasi

15 Jan



search

New Post