HM.Hamidi

Pekerja Sosial, Pelaku Pemberdayaan, Praktisi Pendidikan...

Selengkapnya
Navigasi Web

CORETAN DI HARI TERAKHIR BIMTEK PA SP SD 8

Dua Puluh Empat Hari Efektif Telah Terlewati

Dari 7 Maret Hingga 19 April 2022

Tali Persaudaraan Terikat Rapi

Antara Peserta, Admin dan Pemateri

Canda Tawa Selalu Menyertai Diskusi

Bagaikan Satu Keluarga Yang Selalu Di Hati

Satu Bulan Setengah Telah Terlewati

Waktu, Tenaga dan Pikiran Penuh Konsentrasi

Berdiskusi Berkolaborasi dan Desiminasi

Menyamakan Persepsi Untuk Tugas Fasilitasi

Selasa, 19 April 2022 merupakan hari terkahir Bimtek Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Rapublik Indonesia.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 7 Maret samapai dengan 19 April 2022. Dari 1311 Pelatih Ahli / Fasilitator yang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dirjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis PA PSP Angakatan 2 dibagi sesuai dengan jenjang sekolah yang akan didampingi oleh Calon PA/FSP dan diklaster berdasarkan Wilayah UPT masing masing.

Kelas Bimtek PA PSP SD 8 adalah salah satu kelompok bimtek pada jenjang sekolah dasar dengan jumlah peserta 18 orang berasal dari Nusa Tenggara Barat dan 1 orang dari Aceh.

Latar belakang peserta dikelas ini berasal dari berbagai profesi yaitu Dosen, Guru, Pengawas dan Widyaprada. Selama pelatihan berlangsung disepakati yang menjadi ketua kelas adalah Bapak H. Selamet Riadi, sedangkan admin di Grup adalah Mbak Ulfa Uswatun Khasanah. Adapun Nara Sumber selama pelatihan yaitu Bapak Saleh Rusbandi, Ibu Dr, Itha, Bapak Gatot Suarman Ilyas, Ibu Nenia dan Ibu Sri Yulianti.

Nara sumber di kelas SD 8 ternyata orang orang hebat yang mampu membangkitkan semangat dan memberikan pengetahuan baru bagi seluruh peserta terutama tentang Program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Prototipe yang menjadi program unggulan untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan merubah pola pikir bagi seluruh guru hebat di seluruh pelosok negeri.

Selama 24 hari efektif kegiatan ini berlangsung dan secara resmi Bimtek PA/FSP angkatan 2 tahun 2022 ditutup oleh Bapak Dr. Praptono, M.Ed selaku Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan.

Acara penutupan diisi dengan penyampaian testimoni dari salah satu perwakilan peserta. Pada kesempatan tersebut peserta diwakili oleh Ibu Prof. Komariah. Ibu Komariah menyampaikan atensi yang sangat luar biasa terhadap program sekolah penggerak dan kegiatan bimtek yang mengikutsertakan berbagai pihak, Beliau selaku dosen dan telah bergelar professor menyampaikan tentang motivasi ikut menjadi fasilitator adalah untuk menambah pengetahuan praktik lapangan tentang pendampingan yang bersentuhan langsung dengan satuan pendidikan. Karena selama ini selaku akademisi lebih banyak berinteraksi dengan mahasiswa daripada terjun langsung ke sekolah terutama pada jenjang SLB. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh nara sumber yang telah menyampaikan materi dari awal sampai akhir kegiatan dengan penuh tanggungjawab dan berdedikasi tinggi untuk memajukan pendidikan di negara kita.

Acara dilanjutkan dengan testimoni dari perwakilan nara sumber, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Tonang Juniarto selaku pemateri Matrik Kurikulum. Sebagai narasumber, beliau menyampaikan rasa bangganya terhadap semua peserta yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk mengikuti kegiatan bimtek dari awal hingga akhir. Satu hal penting yang disampaikan oleh Bapak Tonag adalah kendala selama pelaksanaan kegiatan adalah gangguan jaringan internet yang juga dirasakan oleh semua peserta yang mengikuti kegiatan. Tentu ini menjadi bahan evaluasi bagi semua pihak untuk pelaksanaan kegiatan kedepannya.

Selanjutnya sebagai acara terakhir sekaligus penutupan kegiatan Bimtek PA PSP angkatan 2 disampaikan langsung oleh Bapak Dr. Praptono, M.Ed selaku Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud ristek RI. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kesih yang sebesar besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, semoga kegiatan ini menjadi salah satu ibadah yang terbaik bagi kita semua lebih lebih bagi peserta yang beragama islam. Karena kegiatan ini berlangsung pada saat sedang menjalankan ibadah puasa. Karena dari 1311 Calon Fasilitator Utama ada tujuh orang yang mengundurkan diri, sedangkan dari 115 Calon Fasilitator Cadangan akan ditempatkan untuk mengisi pada sekolah binaan yang ditinggalkan oleh pelatih ahli angkatan pertama.

Pesan penting yang disampaikan oleh Bapak Direktur pada kesempatan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Bimtek ini merupakan sebuah model pelatihan (Role Models), penyempurnaan dari hasil evaluasi dan masukan berbagai pihak yang terlibat dari kegiatan pelatihan sebelumnya.

2. Kegiatan ini dirancang dengan lebih banyak praktik pendampingan, fasilitasi dan coaching yang sebelumnya lebih banyak dikenal dalam dunia usaha.

3. Mewujudkan program sekolah penggerak merupakan pekerjaan yang tidak mudah, membutuhkan partisipasi dan keterlibatan langsung berbagai pihak.

4. Dalam menjalankan Program Sekolah Penggerak diharapkan dapat membangkitkan semangat kreatif dan inovatif dari seluruh guru yang ada di Indonesia dalam rangka mewujudkan ekosistem pendidikan yang berpusat pada murid, aman dan menyenangkan.

5. Kolaborasi dan kerjasama berbagai pihak untuk mewujudkan kesuksesan Program Sekolah Penggerak sangat diperlukan, keterlibatan guru, dosen, pengawas sekolah dan widyaprada merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan menuju ketercapaian Indonesia Emas pada tahun 2045.

Itulah beberapa poin penting yang disampaikan oleh Bapak Direktur selaku Pembina dan pengarah pelaksanaan bimtek PA SP angkatan kedua ini. Sebagai sesi akhir dari penutupan kegiatan Ibu Ririn Yuniasih sebagai penanggungjawab kegiatan mewakili seluruh panitia mengingatkan kepada seluruh peserta bimtek dengan menyampaikan kegiatan Rencan Tindak Lanjut antara lain :

1. Ketuntasan penugasan oleh peserta pada tanggal 23 April 2022

2. Ketuntasan penilaian oleh narasumber pada tanggal 23 April 2022

3. Penyamaan persepsi FSP untuk pelatihan Komite Pembelajaran oleh UPT terkait pada rentang waktu dari tanggal 26 Aoril sampai dengan tanggal 9 Mei 2022 dengan durasi 2 – 3 hari di masing masing UPT.

4. Pelatihan Komite Pembelajaran dengan 84 JP dilaksanakan pada rentang waktu 10 Mei – 16 Juni 2022 dengan durasi 13 hari efektif.

5. Pendampingan Sekolah Penggerak di mulai pada bulan Juli 2022.

Demikian sedikit coretan akhir Bimtek PA SP SD 8 Angkatan Kedua.

Semoga Bermanfaat….

Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post