HM.Hamidi

Pekerja Sosial, Pelaku Pemberdayaan, Praktisi Pendidikan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bergembiralah!! Bulan Yang Dirindu Telah Datang

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan dengan penuh cahaya illahi, bulan yang tidurnya seseorang yang menunaikannya adalah ibadah, bau nafasnya orang yang melakukannya lebih harum dari minyak kasturi, bulan diturunnya Al-Qur'an yang pada malamnya lebih baik daripada seribu bulan. Seluruh alam mengharap dan merindukan kedatangannya. Semua makhluk memuji dan bertasbih kepada Sang Penciptanya yang telah menurunkan segala kasih sayangnya dengan membuka seluruh pintu pintu kebaikan dan menutup semua pintu keburukan serta dibelenggunya musuh besar orang yang beriman iblis dan syaitan laknatullah semoga kita terlindung dari tipu dayanya. Aamiin.

Besarnya keagungan bulan Ramadhan haruslah disambut dengan penuh bahagia dan suka cita. Menyambut kedatangan tamu istimewa ini, kita sucikan hati dan pikiran dengan saling memaafkan atas segala dosa dan kesalahan. Kita perbanyak zikir dan do'a. Do'a pada bulan ini pasti di ijabah-NYA. Ibadah dan amal kebaikan dilipatgandakan ganjarannya. Nafas yang keluar dari mulut menjadi tasbih bagi orang yang melaksanakannya.

Bergembiralah atas kedatangan bulan yang dirindu oleh seluruh alam. Sebagai wujud kegembiraan dan syukur, atas dipertemukannya dengan bulan penuh berkah ini, maka kita persiapkan diri kita baik jasmani maupun rohani untuk menyambut tamu agung ini agar kita bisa mengisinya dengan penuh keimanan dan keyakinan.

Untuk itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum memasuki bulan kemuliaan ini, antara lain :

1. Membersihkan dan Mensucikan Ruhani : Membersihan dan mensucikan diri secara rohani adalah dengan berdo’a dan memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan sebelum. Sebagaimana kita diperintahkan oleh Allah untuk selalu bertaubat kepadanyaNya dengan banyak beristigfar agar kita mendapatkan kenikmatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Selain memohon ampunan kepada Allah yang harus kita lakukan adalah meminta maaf atas segala khilaf dan salah kepada sesama terutama kepada keluarga terdekat (orang tua, suami, istri, anak dan saudara), teman, sahabat kerabat serta orang orang yang mengenal kita.

2. Membersihkan dan Mensucikan Jasmani : Adapun untuk memberihkan dan mensucikan badan/jasmani adalah mandi dengan niat untuk mensucikan diri secara lahir dan bathin khusus diniatkan untuk memasuki bulan suci ramadhan biasanya dapat dilakukan menjelang waktu magrib atau setelah sholat ashar. Selain itu agar kesucian badan dapat terjaga selama bulan suci ramadhan ada beberapa yang perlu kita perhatikan selama menjalankan ibadah puasa sebagaimana yang ditulis oleh Syekh Muhammad Shalih Al-Munajjid dalam salah satu risalahnya, Dzadu Shaim Ramadhan Fursatun Li Tarbiyah Wa Ta’lim (https://www.hudacendekia.or.id/9-cara-terbaik-menyambut-bulan-suci-ramadhan/ ) yaitu a) mempelajarai hukum hukum tentang puasa, b) memperbanyak amal kebaikan dengan membaca alqur’an, c) meninggalkan segala bentuk perselisihan dan perpecahaan, d) bergaul dengan orang orang yang rajin beribadah, e) menjauhi kegiatan atau aktivitas yang dapat memperberat ibadah puasa.

Semoga Bermanfaat

Salam

Belajarbersama #OmB4P#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Teruslah menulis

23 Apr
Balas



search

New Post