Menumbuhkan Minat Belajar Kimia
Ilmu kimia merupakan salah satu rumpun Sains yang berperan sebagai pengetahuan dasar, yaitu mendasari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. ilmu kimia adalah ilmu yang mencari jawab atas pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana gejala-gejala alam, khususnya yang berkaitan dengan komposisi, struktur, dan sifat transformasi, dinamika, dan energetika zat. Ilmu kimia seringkali dikatakan sebagai central sain karena pada disiplin ilmu apapun selalu berkaitan dengan kimia. Seorang ahli yang melakukan eksperimen tentang kimia dikatakan sebagai ilmuwan, dimana ilmuwan tersebut melakukan peneletian tentang perubahan materi dan perubahan yang menyertainya. Kebanyakan orang salah paham dengan kimia, hal ini perlu diluruskan ( Baca: Jangan salah paham dengan kimia). Mereka menggap bahwa kimia hanya ada di labor, kimia hanya ada pada makanan berhaya. Padahal bahwa segala sesuatu di Alam ini adalah kimia.
Minat belajar Peserta didik terhadap kimia perlu ditumbuhkan agar kemampuan peserta didik dalam mempelajari kimia dapat lebih meningkat. Faktor minat pada diri Peserta didik merupakan sesuatu hal mengenai aspek kejiwaan yang berhubungan dengan motivasi. Peserta didik akan melakukan sesuatu perbuatan dengan baik berapapun beratnya apabila ia mempunyai minat yang tinggi. Begitupun dalam belajar, minat memegang peranan cukup besar terhadap prestasi belajar karena minat dapat membangkitkan motivasi dalam belajar.
Tips menumbuhkan minat belajar kimia:
1. Penyampaian materi kimia diupayakan pada pembelajaran dengan alat bantu. Pada saat pembelajaran alat dan bahan yang sesuai materi dipertunjukan ke siswa, agar siswa belajar dari alat bantu tersebut dan menumbuhkan minat belajar.
2. Menggunakan fasilitas gratis untuk memanfaat IT pada pembelajaran kimia online. Pasilitas yang dapat digunakan secara massal dan gratis misalnya Penggunaan Google Drive, Edmodo, JbClass dan sejenisnya.
3. Penyebutan Nama kimia sering diwujudkan dengan bahan bahan alam yang disekitar lingkungan peserta didik pada saat pembelajaran
4. Pembelajar kimia dengan metode yang bervariasi misalnya Pendekatan Roll Playing, Chemoentrepreneurship, Investigation, Exhibition, Seminar Mini, LatMiSaKa (Lima Belas Menit Satu Karya) dan sejenisnya.
5. Sering-seringlah dikelas pembelajaran kimia dengan fun misalnya membuat Puisi kimia, membuat drama tentang kimia, membuat lagu kimia dan dipraktikan didepan kelas.
Mata pelajaran kimia perlu diajarkan untuk tujuan yang lebih khusus yaitu membekali Peserta didik pengetahuan, pemahaman dan sejumlah kemampuan yang dipersyaratkan untuk memasuki suatu jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu dan teknologi. Strategi dalam penyampaian untuk menyampaikan dengan kalimat yang sederhana menumbuhkan pembelajaran yang fun dan akan menimbulkan minat siswa untuk mempelajarinya.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar