512. MENGAPA PERLU WELCOME DRINK
Adalah hotel berbintang tiga plus dan empat yang menyediakan welcome drink kepada setiap tamunya.Seorang petugas menyiapkan minuman itu di bagian depan lobby agar terlihat dan mudah dijangkau. Tak terkecuali tulisan "Welcome Drink". Itu artinya siapa saja dapat mengambil dan menikmati minuman itu. Kebanyakan minuman adalah minuman dingin menyegarkan. Juz aneka buah atau minuman khas daerah adalah yang sering disajikan. Gelas yang sudah terpakai akan segera diambil dan diganti dengan gelas yang baru. Kebersihan inilah yang membuat pengunjung merasa nyaman.
Mengapa harus ada welcome drink? Welcome drink adalah bagian dari pelayanan. Itu bagian juga dari penjaminan mutu layanan. Semakin senang pengunjung, maka akan semakin loyal mereka kepada hotel. Harapannya adalah pengunjung punya kesan positif dan dapat kembali lagi di lain waktu. Anggaran yang dikeluarkan untuk itu juga tidak terlalu mahal. Namun, karena penyajiannya istimewa di waktu yang tepat,maka berdampak baik.
Sebenarnya welcome drink itu adalah bagian dari adab menerima tamu. Pengunjung hotel adalah tamu yang akan menginap atau menghunakan jasa layanan. Ada kontribusi atas layanan jasa. Kalau bertamu individu ke rumah orang lain tidaklah ada take and give-nya.Toh jika beetamu, tuan rumah justru menawarkan mau minum apa. Kalau di hotel minuman sudah tersedia dan kita yidak bisa memintanya. Ini adalah konsep adab. Akan lebih menarik jika hotel berani menyambut setiap tamu dengan pertanyaan mau minum apa. Namun hal ini tidak terjadi. Dari uraian ini, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa memberikan sesuatu kepada orang lain yang merupakan prospek menjadi konsumen kita, itu adalah hadiah baik. Memberi hadiah juga mengandung nilai ibadah. Maka, antara pekerjaan seharu-hari tidak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai ibadah.
Salam sukses, salam motivatrust.
Jakarta, 13 Maret 2022
Gunanto
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar