Gendis

Melihat, menyimak, memahami, berusaha meniru, memodifikasi dan mencoba berbagi. Berkreasi untuk memberi makna...

Selengkapnya
Navigasi Web
1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh: Sulastri, S.Pd.

CGP Angkatan 4 Tahun 2021

Fasilitator : Suyatno, M.Pd., M.Kom.

Pengajar Praktik : Imatul Awaliyah, M.Pd.

Ø Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

Ø Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

Ø Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?

Ø Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

Guru penggerak merupakan pemimpin pembelajaran yang harus mampu mendorong tumbuh kembang anak didik secara holistik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jaman. Guru penggerak harus aktif dan proaktif menggerakkan guru lain untuk mengimplementasikan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran yang berpihak pada anak didik, menuntun anak menuju selamat dan bahagia setinggi-tingginya. Guru penggerak wajib menjadi teladan agen perubahan ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Dalam sosok seorang guru penggerak harus tertanam nilai-nilai yang menjadi pedoman berperilaku serta pendukung sosoknya untuk mewujudkan merdeka belajar, meliputi nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif serta berphak pada anak didik. Ia diharapkan mampu melaksanakan peran guru penggerak yang meliputi :

a. Menjadi pemimpin pembelajaran

b. Menggerakkan komunitas praktisi

c. Menjadi coach bagi guru lain

d. Mendorong kolaborasi antar guru

e. Mewujudkan kepemipinan anak didik

Keterkaitan antara Nilai dan Peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara

Inti dari filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan yang berpusat pada anak didik, anak diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Seorang guru hendaknya dengan ikhlas mendekati sang anak dan menghamba ( berpihak ) kepada sang anak. Implementasi dan penerapan nilai-nilai serta peran guru penggerak merupakan bagian penting dalam mewujudkan pendidikan yang berpusat pada anak didik. Karena nilai dan peran guru penggerak menjadi pedoman dalam berperilaku dan bertindak dalam melakukan perubahan/transformasi ekosistem pendidikan.

Guru dituntut untuk total dan fokus membersamai anak didik, melayani anak agar dapat bertumbuh dan berkembang secara holistik yaitu tajam pikirannya (cipta), halus rasanya (rasa) dan kuat dan sehat jasmaninya (karsa) .Hadirnya guru penggerak sebagai agen perubahan ekosistem pendidikan yang berpijak pada filosofi Ki Hajar Dewantara harus mampu menerapkan tiga kata kunci yaitu teladan, motivasi dan merdeka. Artinya calon guru penggerak harus mampu menjadi teladan serta dapat memotivasi sehingga menguatkan kemampuan untuk memerdekakan anak didik sesuai dengan profil pelajar pancasila. serta pengembangan potensi siswa yang mengikuti kodrat alam juga selaras dengan kodrat zamannya. Maka dari itu kolaborasikan nilai-nilai dan peran guru penggerak harus bersinergi dengan konsep merdeka belajar filosofi Ki Hajar Dewantara.

Strategi yang dapat dilakukan untuk mencapai nilai guru penggerak

1. Berbekal nilai mandiri dan semangat dalam mempelajari hal-hal baru calon guru penggerak harus mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi diri dengan cara selalu mengupgrade diri dengan menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan. Ia bisa mengikuti workshop, bimtek, pendidikan dan latihan, baik daring maupun luring, menggali info dari berbagai sumber, buku, internet, ataupun rekan dan sejawat yang lebih ahli.

2. Membiasakan selalu berefleksi, mengevaluasi setiap kegiatan pembelajaran baik yang sudah dilakukan maupun perencanaan matang terhadap segala kegiatan yang akan dilakukan.

3. Siap melakukan kolaborasi dengan pimpinan sekolah, rekan guru, dan pihak terkait di setiap kegiatan pembelajaran yang berpihak pada anak didik

4. Selalu berupaya untuk melakukan inovasi, memunculkan ide-ide kreatif di setiap masalah.

5. Mengutamakan kepentingan perkembangan anak didik sebagai fokus utama.

Pihak yang dapat membantu dalam mencapai nilai dan peran guru penggerak

1. Peran keluarga dan orang terdekat, mereka diharapkan selalu memberikan dukungan di dalam menjalankan program calon guru penggerak, tempat hati pulang dan istirahat setelah semua kegiatan.

2. Peran Fasilitator dan Pendamping praktik yaitu selalu memberikan bimbingan, arahan dan motivasi di dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi diri.

3. Peran Kepala sekolah yaitu selalu memberikan fasilitas, sarana dan prasarana, motivasi dan dorongan untuk selalu melakukan perubahan-perubahan pembelajaran yang berpihak pada anak didik dan profil pelajar pancasila

4. Peran Rekan sejawat yaitu siap berkolaborasi untuk bergerak bersama di dalam mewujudkan merdeka belajar yaitu pembelajaran yang berpihak pada anak didik dan profil pelajar pancasila.

5. Peran Siswa yaitu selalu mendukung dan menjadi fokus utama didalam menerapkan pembelajaran yang berpihak pada anak didik. Anak didik adalah subyek sekaligus obyek dalam pendidikan. Mereka adalah raja bagi tiap guru, pendidikan menghamba pada mereka, berpihak pada mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post