FITRI EKAWINARTI KABAN

Guru TK Nahdhatul Islam Kec. Selesai Kab. langkat Sumatera Utara...

Selengkapnya
Navigasi Web

BUDAYA POSITIF

BUDAYA POSITIF

========================================================================

Budaya positif adalah sebuah nilai kebajikan yang menjadi keyakinan dan pada akhirnya menjadi karakter atau ciri khas dari sebuah komunitas atau lembaga. Untuk menciptakan budaya yang positif di sekolah, guru hendaklah mampu menjalankan perannya dalam menciptakan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan di sekolah, karena budaya positif dapat mendorong murid untuk mampu berfikir dan bertindak serta mencipta, sebagai proses memerdekakan dirinya sehingga murid lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Pengertian dari Budaya positif yaitu implementasi nilai-nilai atau keyakinan universal yang diterapkan di lingkungan sekolah. Penerapan budaya positif dapat dinyatakan berhasil yaitu diawali dengan diterapkannya perubahan paradigma tentang teori kontrol. Dalam diri kita sebagai guru tertanam sebuah berkewajiban untuk mengontrol perilaku murid-murid kita agar mempunyai perbuatan atau perilaku sesuai yang kita inginkan. Dapat dikatakan bahwa penanaman budaya positif adalah sangat perlu dilakukan yaitu mengingat pengembangan budaya positif dapat menumbuhkan motivasi instrinsik dalam diri murid-murid untuk dapat menjadi sebuah pribadi yang bertanggung jawab, sopan santun, dan berbudi pekerti luhur, serta berakhlak mulia. Untuk mengembangkan budaya positif di lingkungan sekolah kita merupakan tugas semua komponen yang ada di sekolah termasuk guru, tata usaha, serta kepala sekolah.

Dalam menerapkan budaya positif tersebut tentunya masing-masing guru ataupun kepala sekolah memiliki teknik, inisiatif, dan cara tersendiri sesuai pemahamannya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya. Guru sendiri adalah fasilitator yang selalu menjadi perhatian, dan perilakunya digugu ditiru.

Agar dapat terlaksana dengan baik di TK Nahdahtul Islam Mancang, maka guru harus memiliki kesamaan persepsi atau kesatuan pemahaman tentang bagaimana cara yang benar untuk menerapkan budaya positif di lingkungan sekolah. Oleh sebab itu, sebelum diterapkan, telah dilakukan kegiatan untuk menyamakan persepsi antara setipa guru tentang budaya positif dan implementasinya dinkelas,. Tidak lupa harus dilakukan refleksi terhadap penerapan budaya positif yang selama ini telah dilaksanakan serta membentuk persamaan persepsi atau sudut pandang tentang konsep-konsep budaya positif yang dicita-citakan sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu fungsinya agar meluruskan kembali jika ada hal-hal yang kurang atau bahkan melenceng dari pelaksanaan budaya positif yang telah dirancang bersama di lingkungan sekolah.

Dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar di kelas kita juga menerapkan Keyakinan Kelas. Keyakinan kelas dapat meningkatkan budaya positif murid di lingkungan sekolah serta dapat mengurangi tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan keyakinan kelas yang telah disepakati bersama. Jika terdapat murid yang melanggar maka mereka dapat dikenakan dengan konsekwensi-konsekwensi yang telah disepakati

PELAKSANAAN AKSI NYATA BUDAYA POSITIF DI TK NAHDHATUL ISLAM

========================================================================

TUJUAN AKSI NYATA

Tujuan aksi nyata adalah sebagai berikut :

· Menumbuhkan disiplin positif di lingkungan sekolah dengan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk belajar.

· Menumbuhkan udaya positif di lingkungan sekolah dengan meyakini nilai-nilai kebajikan universal

INDIKATOR KEBERHASILAN

Sebagai indikator tindakan itu berhasil adalah apabila :

· Banyak rekan-rekan guru yang hadir mengikuti

· Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan

· Peserta pada akhirnya memiliki pemahaman konsep sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara

· Peserta berkomitemen untuk menerapkan budaya positif sesuai langkah-langkah yang dipelajari

LINI MASA TINDAKAN

Berkoordinasi dengan Kepala sekolah mengenai maksud, tujuan, dan waktu pelaksanaan kegiatan

· Mempersiapkan team, materi, serta perlengkapan untuk kegiatan

· Pelaksanaan pengimbasan penerapan budaya positif di sekolah

LANGKAH KEGIATAN

· Menyampaikan maksud dan tujuan kepada Kepala Sekolah tentang penanaman Budaya positif di sekolah.

· Meminta izin untuk melakukan diseminasi beserta rekan guru dan semua komponen di sekolah.

· Melaksanakan diseminasi kepada rekan guru tentang menumbuhkan budaya positif serta membuat keyakinan kelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasan nya

13 Dec
Balas



search

New Post