Navigasi Web
MEWUJUDKAN BUDAYA POSITIF DENGAN KEYAKINAN KELAS
GURUPENGGERAK

MEWUJUDKAN BUDAYA POSITIF DENGAN KEYAKINAN KELAS

A. Latar Belakang

Budaya positif ialah nilai-nilai,keyakinan-keyakinan,dan kebiasaan-kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis,penuh hormat dan bertanggung jawab. Dalam mewujudkan budaya positif ini,guru memegang peranan sentral. Upaya dalam membangun budaya positif di sekolah yang berpihak pada murid diawali dengan membentuk lingkungan kelas yang mendukung terciptanya budaya positif,yaitu dengan menyusun keyakinan kelas. Keyakinan kelas yang efektif dapat membantu dalam pembentukan budaya disiplin positif di kelas secara khusus dan di sekolah secara umum.

B. Tujuan

1. menumbuhkan budaya positif dengan keyakinan kelas yang sudah dibuat

2. mengimplementasikan keyakinan kelas dalam kehidupan sehari-hari

C. Tolak Ukur

peserta didik mampu membuat keyakinan kelas dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari

D. Lini Masa Tindakan yang Akan Dilakukan

memberikan sosialisasi kepada peserta didik tentang disiplin positif menjelaskan pengertian dan manfaat keyakinan kelas curah pendapat dengan peserta didik untuk menentukan keyakinan kelas guru berkolaborasi dengan peserta didik untuk memajang keyakinan kelas mengimplementasikan keyakinan yang telah dibuat baik di kelas maupun sekolah.

E. Dukungan yang Dibutuhkan

Kepala Sekolah Semua guru Semua peserta didik dari kelas 1-VI Orangtua/walimurid

F. Hasil

Keyakinan yang terbentuk dari kesepakatan guru dan siswa kelas 6 adalah sebagai berikut:

1. Kami menghormati guru

2. Kami belajar dengan sungguh-sungguh

3. Kami menjaga kebersihan

4. Kami saling menghargai teman

5. Kami menjaga sopan-santun

6. Kami menaati peraturan kelas

7. Kami menggunakan HP untuk keperluan belajar

8. Kami saling membantu antar teman

G.Dokumentasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post