Fatmalini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada Pembuatan Menu Makanan

Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada Pembuatan Menu Makanan

 

Best Practise

Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) pada Pembuatan Menu Makanan dan Minuman Sehat di SD Al Muslim, Tambun Bekasi

Oleh : Fatmalini, S.E.

A.      PERENCANAAN

Dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran guru, yakni berupaya mengetengahkan suatu model pemikiran yang dilengkapi dengan seperangkat pedoman dan strategi yang dapat digunakan oleh guru sebagai pedoman atau acuan untuk mengembangkan gagasan atau ide dan perilaku kreatif dalam menjalankan proses pembelajaran kepada peserta didik, salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah model Project Based Learning. Project based learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai subjek atau pusat pembelajaran, menitikberatkan proses belajar yang memiliki hasil akhir berupa produk. Artinya, peserta didik diberi kebebasan untuk menentukan aktivitas belajarnya sendiri, mengerjakan proyek pembelajaran secara kolaboratif sampai diperoleh hasil berupa suatu produk.

Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka implementasi model pembelajaran Project Based Learning pada pembuatan menu makanan dan minuman sehat adalah sebagai berikut :

No.

Kegiatan

Waktu

Oktober

Nopember

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

Membagi kelompok PJBL dengan aplikasi https://old.wheelofnames.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Mencari pengertian dan jenis-jenis makanan dan minuman sehat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Membuat iklan makanan dan minuman sehat pada aplikasi Canva

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Membuat resep makanan dan minuman sehat pada aplikasi Canva

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Mempraktekkan dan mempresentasikan makanan dan minuman sehat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.      PELAKSANAAN

Tahap-tahap pelaksanaan model pembelajaran project based learning pada pembuatan menu makanan dan minuman sehat adalah sebagai berikut :

1.      Guru menyampaikan topik dan mengajukan pertanyaan bagaimana cara memecahkan masalah. Peserta didik mengajukan pertanyaan mendasar apa yang harus dilakukan peserta didik terhadap topik/ pemecahan masalah.

2.    Guru memastikan setiap peserta didik dalam kelompok memilih dan mengetahui prosedur pembuatan proyek/produk yang akan dihasilkan. Pembagian kelompok dilakukan secara online dengan aplikasi https://old.wheelofnames.com

Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Peserta didik membuat iklan dan resep pada aplikasi Canva dan mengumpulkan pada link yang dikirimkan oleh guru.

3.     Guru dan peserta didik membuat kesepakatan tentang jadwal pembuatan proyek (tahapan-tahapan dan pengumpulan).

Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan bersama.

4.     Guru memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek, memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan.

Peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selamapenyelesaian proyek dengan guru.

5.    Guru berdiskusi tentang prototipe proyek, memantau keterlibatan peserta didik, mengukur ketercapaian standar.

Peserta didik membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk/ karya untuk dipaparkan kepada orang lain.

6.    Guru membimbing proses pemaparan proyek, menanggapi hasil, selanjutnya guru dan peserta didik merefleksi/ kesimpulan. Laporan PJBl disusun dalam bentuk infografis pada aplikasi Canva dan dikumpulkan ke digislamic (link share drive).

Guru memberikan link share drive untuk pengumpulan tugas, yaitu: https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1heVYSAQy2L9CVuZwx5CKUF4AlGUChRJe

Setiap peserta didik memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek.

C.     VISUAL HASIL

Laporan hasil PJBL 2 dikirimkan ke didgislamic dalam bentuk infographic yang dibuat pada aplikasi Canva. Dokumen kegiatan dan hasil karya peserta didik antara lain adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto-foto kegiatan dan hasil PJBL 2 “Makanan dan Minuman Sehat”

 

D.     Tindak Lanjut

Guru menindaklanjuti hasil kegiatan peserta didik dengan cara sebagai berikut :

1.    Setiap tugas PJBL yang diberikan ketika mempresentasikan hasil proyeknya, harus dibuat dalam bentuk video dan dikirimkan ke link share drive untuk dinilai dan dikomentari oleh guru-guru mata pelajaran lain.

2.  Kelompok terbaik dengan hasil yang memuaskan diminta untuk berbagi kepada teman-temannya dengan menceritakan proses pembuatan. Kelompok tersebut diberikan kesempatan bercerita dan berbagi tips pada pertemuan pembelajaran selanjutnya.

3.    Guru memberikan apresiasi berupa penghargaan dalam bentuk sertifikat dan hadiah pada kelompok yang mendapatkan nilai terbaik.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post