Media Tebak gambar
tagur ke-322
#TantanganGurusiana
Media gambar adalah media yang disajikan secara visual, yaitu menekankan pada kekuatan indera penglihatan yang bertujuan untuk memvisualisasikan objek yang ingin disampaikan kepada siswa. Media gambar adalah sebagai representasi yang menunjukkan tampak nyata dari suatu benda dalam hal bentuk, rupa, dan ukuran yang relatif. Gambar yang baik digunakan sebagai media pembelajaran adalah gambar yang sesuai dengan tujuan penggunaan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis teks Eksplanasi.
Media gambar atau foto mampu memberikan detail dalam bentuk gambar apa adanya, sehingga anak didik mampu untuk mengingatnya dengan lebih baik dibandingkan dengan metode verbal (Indriana, 2011:64-65). Munadi (2008:89) menambahkan, gambar merupakan media visual yang penting dan mudah didapat. Dikatakan penting sebab ia dapat mengganti kata verbal, mengkonkritkan yang abstrak, dan mengatasi pengamatan manusia.
Di bawah ini terdapat beberapa karakteristik media gambar (Sudjana & Rivai, 2010:72-73), diantaranya adalah: (1) Gambar adalah dua dimensi, dan dari sudut pandang pembelajaran hal itu menjadi sangat penting. Semua jenis gambar ditinjau dari sudut mata pelajaran dimana kedalaman perlu diperhatikan dan dipahami, maka gambar harus memiliki kualitas tiga dimensi yang memadai untuk tujuan pengajaran; (2) Gambar datar adalah medium yang “diam” oleh sebab itu dalam hal ini seringkali dipergunakan istilah gambar tetap atau gambar diam.
Pemandangan, pohon-pohonan, binatang, manusia, dalam posisi diam merupakan subjek natural yang baik sekali untuk gambar datar; (3) Gambar datar dapat memberi kesan gerak, misalnya lalu lalang kendaraan, daun-daun yang bergoyang terkena tiupan angin, binatang yang sedang melompat atau menangkap mangsanya. Semua itu tidak sukar bagi para pengamat dalam menghayati gerak dari adegan yang diperlihatkan gambar tersebut; (4) Gambar datar menekankan gagasan pokok dan impresi, bahwa untuk menilai dan memilih gambar datar yang baik harus menampilkan satu gagasan utama.
Dengan satu pusat perhatian maka seluruh adegan akan mendukung kepada pesan apa yang ingin disampaikan. Jadi, dengan adanya impresi atau tekanan pada satu gagasan pokok nilai gambar menjadi sangat berfaedah dalam pengajaran; (5) Gambar datar memberikesempatan untuk diamati rinciannya secara individual; (6) Gambar datar dapat melayani berbagai mata pelajaran, segala macam objek dapat disajikan dari yang konkret sampai kepada gagasan yang abstrak.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar