Emilia Trias Ananda

“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”(Imam Al-Ghazali) Emilia Trias Ananda, lahir di Kota Payakumbuh...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar Narrative Text Melalui Mind Mapping

Belajar Narrative Text Melalui Mind Mapping

#tantangan gurusiana hari ke-82

Belajar Narrative Text Melalui Mind Mapping

oleh : EMILIA TRIAS ANANDA, S.Pd

Salah satu jenis teks dalam pembelajaran Bahasa Inggris SMP kelas 9 adalah narrative text. Narrative text ini termasuk dalam Reading skill. Maka tidak heran jika menjadi salah materi yang sering dibahas di kelas bahasa Inggris. Dulu sebelum Ujian Nasional dihapuskan soal ujian berbentuk narrative text ini menjadi momok bagi para pelajar karena diperlukan perbendaharaan kata yang banyak untuk bisa memahami jalan cerita.

Tujuan dari narrative text itu sendiri adalah untuk menghibur pembaca tentang suatu kisah atau cerita yang syarat dengan nilai moral. Ada banyak jenis narrative text seperti fairy stories, mysteries, science fiction, romances, horror stories, adventure stories, fables, myths and legends, historical narratives, ballads, slice of life dan personal experience.

Untuk mensiasati agar peserta didik memahami cerita narrative ini dengan baik maka saya mengajarkan teks ini menggunakan metode mind mapping atau peta konsep. Sebenarnya ini bukan metode baru, tapi kalau kita bisa menyampaikannya dengan baik maka saya yakin para peserta didik akan benar-benar menikmati pelajaran ini.

Tak terbayang sebelumnya bagi saya, ternyata siswa-siswa saya memiliki daya inovasi dan kreativitas yang luar biasa. Mereka menuangkan ide dan kesimpulan cerita dengan membuat gambar yang sangat menarik dengan berbagai warna tinta yang dipakai. Pada akhirnya teks narrative yang kelihatannya susah untuk dipahami setelah dibuat dalam peta konsep menjadi mudah dan menyenangkan untuk dibaca. Disamping itu kosa kata mereka tentu akan bertambah banyak.

Berbicara tentang mind mapping tentu tidak akan terlepas dari konsep yang ditemukan Tony Buzan yakni cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut dan berpikir kreatif. Mind mapping juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan

Bertolak dari itu semua maka saya membagi cerita narrative yang akan dijadikan peta konsep menjadi 4 bagian yakni

1. Setting

2. Characteristics

3. Problem

4. Solution

5. Moral value

Semua siswa bersemangat untuk menghasilkan karya terbaik mereka. Saya sebelumnya sudah memberitahu mereka untuk menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat tugas peta konsep ini. Hasilnya Alhamdulillah membuat saya angkat topi. Karya mereka luar biasa. Totalitas mereka patut diacungkan jempol. Terbukti dengan menggunakan peta pikiran sebagai alat berpikir inovatif dalam pendidikan membantu siswa untuk memvisualisasikan ide-ide baru yang berbeda secara kreatif.

Payakumbuh, Kamis gerimis di 3 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren buk Nanda. Menginspirasi. Salam literasi. Sudah follow

03 Sep
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih Bu. Sudah di follback.

04 Sep

Mantul Bu saya juga suka memulai pembelajaran sosiologi dengan peta konsep anak anak faham alur cerita

03 Sep
Balas

Iya Bu. Pembelajaran jadi berwarna dalam arti yg sesungguhnya. Salam.

04 Sep

Keren bu Emil. Kelemahan siswa kita memang pd miskinnya vocabulary. Dg cara apapun hrs dibekali dulu, sebelum pembelajaran. Metode bagus. Salam literasi...

03 Sep
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih pak. Salam.

04 Sep

Keren banget bunda. Bisa juga buat bhs Indonesia itu...

03 Sep
Balas

Alhamdulillah. Terima kasih Bu. Iya Bu bagus untuk pembelajaran bahasa sepertinya. Salam

04 Sep

Metode yang bagus. Suksea selalu bu.

03 Sep
Balas

Terima kasih Bu. Aamiin. Salam literasi.

04 Sep



search

New Post