Edy Siswanto

Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. adalah Doktor Bidang Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Pemerhati Politik dan Pendidikan, Lulus ter...

Selengkapnya
Navigasi Web
Metode TTS Tingkatkan Siswa Praktik Perawatan dan Perbaikan Sistem Rem

Metode TTS Tingkatkan Siswa Praktik Perawatan dan Perbaikan Sistem Rem

Metode TTS Tingkatkan Siswa Praktik Perawatan dan Perbaikan Sistem Rem

Oleh : Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd.*

Mata Pelajaran (Mapel) Perawatan dan Pemeliharaan Chasis dan Pemindah Tenaga. (Chasis PT). Sebagai bagian dari Mapel kejuruan atau keahlian C3. Materi paket kompetensi keahlian yang mesti dikuasai siswa. Materi C3 diajarkan hanya dikelas XII. Materi lainnya, Perawatan dan Pemeliharaan Engine dan Komponennya. Pemeliharaan dan Perwatan Kelistrikan Otomotif. Tiga Materi ini menjadi penentu skill siswa selama duduk di SMK. Pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomtif (TKRO).

Materi ini sering dialami, dibutuhkan didunia kerja. Diujikan kompetensi dikelas XII. Selain diberikan teori, juga praktek dibengkel. Mapel Chasis PT banyak materi yang dibahas. Kali ini khusus materi perawatan, pemeliharaan dan perbaikan sistem rem.

Kegiatan praktik ini bertujuan, siswa dapat membongkar dan merakit rem tromol. Dapat menyebutkan nama komponen pada rem tromol. Dapat memeriksa dan menyetel rem tromol. Adapun alat dan bahan yang disiapkan ada dongkrak, jack stand, tool box, tang, obeng, sliding hammer, jangka sorong, amplas dan unit rem tromol pada mobil station.

Menurut (Suherman, dkk; 2003), Pembelajaran Tutor Sebaya (TTS) adalah, sekelompok siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran, memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang dipelajarinya.

Diharapkan dengan adanya TTS, siswa kurang aktif menjadi aktif. Dalam kelas TTS, tugas guru sebagai fasilitator, mediator, motivator dan evaluator. Untuk pembelajaran praktik, metode ini lebih efektif. Mempunyai banyak kelebihan, siswa (tute) yang belum bisa, mendapat bantuan siswa (tutor) teman sebayanya.

Sebelum praktik diingatkan untuk menjaga kebersihan tempat praktek sebelum, selama dan sesudah praktik. memakai pakaian kerja yang dipersyaratkan. Gunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya. Lakukan langkah sesuai urutan. Kembalikan alat bahan ke tempat semula. Bersihkan tempat kerja.

Adakan pemanasan dulu. Beri pengantar teori praktek sistem rem. Diawali guru menjelaskan langkah kerja dalam pembongkaran dan pemasangan sistem rem. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok praktik. Setiap kelompok menyiapkan peralatan praktik terdiri dari, caddy tool, perlengkapan kunci, dial bore gauge, mistar baja, compressor, kunci momen. Tak lupa bahan praktek sebuah kendaraan mobil praktek.

Peragaan langkah kerja praktik. Bisa oleh siswa yang sudah menguasai. Dimulai kendorkan roda, mendongkrak mobil, pasang jack stand, lepas roda, lepaskan tutup rem tromol dan Identifikasi mekanisme atau cara kerja dari rem tromol. Bersihkan komponen rem tromol dari kotoran dengan melakukan pemeriksaan ketebalan kampas atau sepatu rem, diameter tromol. Periksa silinder roda (wheel cylinder) dari kebocoran, Merakit kembali rem tromol. Penyetelan rem tromol dan Uji coba rem tromol

Dengan langkah kerja pada job sheet yang telah diterima. Oleh masing-masing kelompok selanjutnya para siswa bergantian. Dilihat hasilnya. Adakah kelompok yang belum bisa menguasai. Dikarenakan tidak fokus. Selanjutnya dari kelompok yang sudah melaksanakan praktik dengan benar. Dipilih siswa menonjol. Diminta untuk membimbing. Mendampingi dan memberikan contoh praktik yang benar. Dengan metode ini semua kelompok dapat praktik dengan senang, benar, aktif, dan berhasil.

Dengan metode TTS. Disimpulkan siswa lebih antusias dan semangat. Lebih mudah menyerap. Menghilangkan kecanggungan. Bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami. Tidak ada rasa enggan, rendah diri, malu dan sebagainya. Dengan belajar kepada sesama temannya. Hasil belajar yang dicapai memuaskan. Guru tetap membimbing, mengawasi, fasilitator, mediator dan evaluator. Mendampingi selama praktik dan mengevaluasinya.

* Guru Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Chasis dan Pemindah Tenaga - Sistem Rem SMK Negeri 4 Kendal

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post