DWI ISTI MUALIMAH

Lahir di Gunungkidul, 23 Desember 1981, Dwi Isti Mu'alimah biasa dipanggil Isti oleh orang tua dan orang-orang yg mengenalnya. Menamatkan S1 Pendidikan Bahasa I...

Selengkapnya
Navigasi Web

Strategi Andalan Menuju Siswa Handal Berbicara Berbahasa Inggris di MAN 2 Jember 2

Guru memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan karena guru adalah pelaksana kurikulum. Sudah seyogyanya guru berusaha mencari cara untuk menjawab tantangan ini, agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan optimal. Melalui pengalaman mengajar di kelas X tahun pelajaran 2020/2019 penulis menguraikan pengalaman mengajar berbicara dengan “Strategi Andalan” guna meningkatkan motivasi dan ketrampilan ketrampilan berbicara siswa di MAN Jember.

Strategi Andalan ini merupakan gabungan tiga metode yang terdiri dari pemberian kartu, pembelajaran berbicara menggunakan kartu pancingan dan pembinaan khusus bagi anak-anak spesial dalam forum English Club.

1. Kartu Bintang

Demi meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar siswa, guru mencipatakn kartu bintang bagi siswa dalam pembelajaran. Kartu yang berisi rekap partisipasi siswa dalam pembelajaran ini terbuat dari kertas karton warna warni berukuran A4 dengan kolom yang telah disediakan oleh guru.

Satu siswa mendapatkan satu kartu dan wajib membawanya saat pelajaran bahasa Inggris. Setiap kali siswa melakukan partisipasi dalam bentuk berbicara di dalam pembelajaran bahasa Inggris, baik itu bertanya ataupun menjawab pertanyaan, guru akan memberikan satu bintang kepada siswa tersebut di dalam kartu bintangnya. Jumlah bintang kemudian diakumulasi dalam satu bulan, dan siswa dengan jumlah bintang terbanyak di kelas itu akan mendapatkan reward/ hadiah dari guru. Hadiah bisa berupa tambahan nilai, buku, uang, atau pun alat tulis menulis.

Strategi ini sangat efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dari yang awalnya siswa sulit untuk berpartisipasi di dalam pembelajaran, menjadi aktif dan lebih bersemangat. Dari hasil quesioner di akhir tahun juga diperoleh fakta bahwa sebagian besar siswa menyatakan menyukai pembelajaran bahasa Inggris lebih dibandingkan sebelumnya.

Contoh format kartu bintang

Nama Siswa :

Kelas :

No. Absen :

No

Hari/ Tanggal

Uraian Partisipasi

Bintang

1

Senin, 2 November 2020

Bertanya

2. Kartu Pancingan

Media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Media berfungsi untuk mengefektifkan proses pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Dengan kata lain, media adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan, sehingga dapat merangsang daya pikir, memfokuskan perhatian dan menumbuhkan minat siswa sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Dalam rangka meningkatkan ketrampilan berbicara, guru menciptakan kartu pancingan. Kartu pancingan ini merupakan kertas HVS berukuran A4 yang berisi pokok kalimat/ awal kalimat yang seharusnya digunakan untuk menjawab pertanyaan atau bertanya kepada guru dalam tes berbicara.

Pokok kalimat/ awal kalimat yang seharusnya diucapkan oleh siswa ini menjadikan siswa berhasil dalam mejawab pertanyaan guru atau bertanya pada guru sesuai dengan konteks yang diberikan saat tes/ulangan berbicara. Dengan penggunaan kartu ini, nilai tes ketrampilan berbicara siswa menjadi meningkat. Rata-rata nilai ulangan siswa yang tadinya adalah 5,7 menjadi 7,6.

3. Pembinaan Khusus Melalui English Club

Pembinaan khusus melalui English Club ini secara resmi terjadwal seminggu sekali setiap Senin jam 15.00 s/d 16.30. Namun kenyataannya, pembinaan ini bisa dilakukan sewaktu-waktu setiap ada kesempatan atau memang dibutuhkan pada situasi tertentu, semisal menghadapi perlombaan. Kegiatan English Club meliputi beberapa sub kegiatan antara lain;

a. Bekerjasama dengan Native Speaker dari USA

Native Speaker yang dilibatkan dalam kegiatan English Club adalah Megan Judith Ulrich, volunteer dari Peace Corp yang bertugas di MAN 2 Jember selama dua tahun. Pembinaan English Club yang melibatkan native speaker ini membuat siwa memiliki lebih banyak kesempatan untuk praktek berbicara bahasa Inggris dengan partner terbaik. Dalam hal ini, guru tetap mendampingi untuk menjembatani miskomunikasi yang mungkin terjadi antara siswa dengan volunteer.

Game Interaktiv

Meskipun dalam beberapa kasus banyak siswa tidak menyukai pelajaran Bahasa Inggris karena dianggap sulit, namun ada juga anak-anak yang sangat menyukai pelajaran Bahasa Inggris dan memiliki motivasi yang tinggi dalam rangka meningkatkan ketrampilan berbahasanya terutama berbicara. Anak-anak yang sangat menyukai pelajaran Bahasa Inggris ini bervariasi dari yang sangat berminat namun kemampuannya biasa, dan ada juga yang sangat berbakat.

English Club memfasilitasi anak-anak tersebut dengan metode yang telah dipersiapkan oleh guru. Pertemuan seminggu sekali dilakukan di luar ruangan dengan game/ atau permainan yang membuat anak tidak merasa sedang belajar. Banyak permainan dilakukan pada kegiatang ini seperti Hide and seek, Swaying Board, Hot Chair dll. Dengan bantuan Megan Judith Ulrich, permainan/ game pun menjadi lebih variataif dan menarik.

Pembinaan Intensive

Bagi anak-anak yang sangat berbakat, pembinaan intens dilakukan utamanya ketika akan menghadapi perlombaan. Pembianaan ini tidak terbatas seminggu sekali di jadwal pertemuan English Club, tetapi bisa setiap hari sepulang sekolah atau di sela-sela jam pelajaran hingga anak tersebut benar-benar siap mengikuti perlombaan.

Pembinaan intensif kedua adalah persiapan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN agara peserta didik lolos kuliah pada jurusan Bahasa Inggris.

Dari tiga strategi andalan yang telah dilakukan tersebut, banyak hasil didapatkan antara lain;

No

Nama Siswa

Kelas

Prestasi

Tahun

1

Silsilu Duhrotil Bahiyah

X Agama

Juara 3 Pidato Bahasa Inggris tingkat Kabupaten Jember dalam rangka Bahana Muharram

2018

2

Silsilu Duhrotil Bahiyah

X Agama

Juara 3 Pidato Bahasa Inggris East Java English Tournament (EJET 2019)

2019

3

Silsilu Duhrotil Bahiyah

X Agama

Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Porseni Kabupaten

2019

4

Silsilu Duhrotil Bahiyah

XI Agama

Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Se Tapal Kuda Ponpes Al Ishlah Bondowoso

2019

5

Silsilu Duhrotil Bahiyah

XI Agama

Juara 2 Pidato Bahasa Inggris HAB Kemenag Kabupaten Jember

2019

6

Silsilu Duhrotil Bahiyah

XI Agama

Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Se Karesidenan Besuki Unmuh Jember

2019

7

Silsilu Duhrotil Bahiyah

XI Agama

Juara Harapan 2 Pidato Bahasa Inggris Se Jawa Timur Universitas Islam Jember

2019

8

Wildan Adrikal Amin Nabil

XI Agama

Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Se Jawa Timur Makrifah IAIN Jember

2018

9

Wildan Adrikal Amin Nabil

XII Agama

Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Se Jawa Timur Universitas Islam Jember

2019

10

Kholiq

X IPS1

Juara 2 Pidato Bahasa Inggris Se Karesidenan Besuki UNMUh Jember

2018

11

Kholiq

X IPS1

Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Se Jawa Timur IAIN Jember

2019

12

Mas Arundhati Anggi R.

X Agama2

Juara 3 Pidato Bahasa Inggris Se Tapal Kuda Ponpes Al Ishlah Bondowoso

2019

Semoga best practice ini bisa menjadi isnpirasi pembelajaran Bahasa Inggris utamanya untuk ketrampilan berbicara. Saran dan kritik yang membangun diharapkan demi perbaikan best practice ini di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

awesomekeep inspiring

27 Dec
Balas



search

New Post