Dewi Uny Widya H. N

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tentang mencintai diri sendiri

Bersikaplah nyaman dengan diri sendiri, bahkan ketika kamu mengalami hari yang buruk. Ketahui siapa dirimu yang sebenarnya, jauh di lubuk hati, dan ketahui apa yang ingin kamu lakukan dengan hidup. Mencintai diri sendiri dan menjalani hidup di jalur yang benar, Menurut konteks filosofis, cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih, dan kasih sayang. Cinta juga merupakan suatu emosi dari kasih sayang yang kuat atas ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya. Self-love adalah aspek penting dari kesehatan mental. Dengan mencintai dan menerima segala kelebihan serta kekurangan yang ada pada diri sendiri, maka akan lebih mudah bagi seseorang untuk mengelola emosi yang muncul. Termasuk ketika merasa sedih, kecewa, dan marah.

Mencintai diri sendiri bukan hanya akan memberikan ketenangan dalam hidup, namun juga memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan mental maupun fisik, Ketika self-love benar-benar diterapkan, maka Anda akan bisa menerima diri sendiri sepenuhnya, termasuk berbagai macam kondisi yang dialami, baik suka atau duka, serta bertanggung jawab terhadap semua tindakan. Hal ini akan memberikan kepuasan dalam hidup. Saat Anda cinta pada diri sendiri, tentu ingin melakukan serta memberikan hal terbaik, termasuk dengan menjaga kesehatan tubuh. Dengan kata lain, Anda akan lebih termotivasi mengaplikasikan pola hidup sehat. Mengenali Diri Sendiri,tahap pertama menerapkan self-love adalah belajar mengenal diri sendiri. Cobalah berkomunikasi dan berdamai dengan diri. Temukan berbagai jawaban yang mengganjal, seperti apa yang ingin dicapai, apa ketakutan terbesar, dan apa kekuatan yang dimiliki. Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain, setiap individu itu unik, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda tidak perlu bersifat kompetitif dan membandingkan diri dengan orang lain, apalagi dalam hal bersosialisasi. Jangan lupakan satu hal, bahwa tidak ada satu manusia pun yang sempurna. Daripada sibuk membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik fokus mengejar mimpi dan tujuan Anda. Dengan begitu, maka akan merasa lebih bebas dan termotivasi menjalani hidup. Jangan Khawatir Mengenai Pendapat Orang Lain, perlu diingat, bahwa dalam hidup, mustahil Anda bisa membahagiakan semua orang. Karenanya, jangan terlalu membebani diri dengan penilaian orang lain terhadap Anda. Apalagi orang yang tidak memiliki kontribusi dalam hidup Anda, lebih baik abaikan saja. Mengenali Rasa Takut, setiap orang pasti memiliki ketakutan. Alih-alih menghindarinya, sebaiknya Anda mencoba berdamai dengan rasa takut tersebut. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai mengevaluasi penyebabnya, dan kemudian carilah solusi agar ketakutan tidak menjadi beban dalam hidup. Berani Mengambil Keputusan, pernah merasa ragu saat dihadapkan dengan kondisi harus mengambil keputusan? Saat Anda mencintai diri sendiri, tentu akan lebih paham mengenai apa yang terbaik untuk diri. Hal ini akan mendorong Anda lebih berani mengambil keputusan apa pun resikonya. Ingatlah Bahwa Tidak Ada Manusia Sempurna, saat berbuat kesalahan, Anda tidak perlu merasa insecure dan menyalahkan diri sendiri terus-menerus. Ingat bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan. Kesalahan yang dilakukan bisa dijadikan pengalaman dan pelajaran untuk tumbuh menjadi individu yang lebih baik lagi. Bergaul dengan Orang-Orang Berpikiran Positif, akan sulit bagi Anda menerapkan self-love kalau berada di antara orang-orang toxic. Oleh sebab itu, carilah lingkungan pergaulan yang dipenuhi orang-orang berpikiran positif. Ingat, lingkungan memiliki pengaruh besar dalam membangun kepribadian seseorang.

Jangan jalani hidupmu, untuk membahagiakan orang lain

Kalimat di atas diucapkan oleh Anne Hathaway, seorang aktris Amerika. Setiap orang memiliki pemikirannya sendiri tentang apa yang dikatakan baik. Jika Anda ingin menuruti semua pemikiran mereka, bisa jadi Anda kehilangan makna hidup Anda sendiri. Mencintai diri sendiri tidak pernah menjadi suatu yang buruk selama Anda tahu bagaimana melakukannya dengan cara yang baik dan tidak berlebihan. Seorang praktisi psikologi, Margaret Paul Ph.D mendefinisikan mencintai diri sendiri sebagai perilaku memahami nilai sebenarnya dalam diri, tentang apa yang sebenarnya ada di dalam diri Anda, bukan menilai diri berdasarkan penampilan fisik atau performa diri. Mencintai diri sendiri adalah perihal menghargai diri Anda sendiri, tentang kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki. Cintai diri sendiri dengan lakukan apa yang membuat Anda bahagia. Meskipun mungkin hal yang membuat Anda bahagia membuat Anda terlihat konyol, semakin gemuk dan sebagainya. Hal yang akan membuat Anda berbeda dengan seorang narsistik adalah Anda mencintai dan menghargai diri sendiri untuk kebahagiaan Anda, bukan untuk memuaskan pandangan orang lain terhadap Anda. Kurangi perilaku memberikan “hukuman” pada diri Anda sendiri dengan menilai semua kekurangan Anda secara berlebih lalu menghakimi diri Anda. Pahami bahwa kekurangan adalah bagian dari nilai diri yang Anda punya. Semua kekurangan akan didampingi dengan kelebihan. Beri perhatian yang sama dengan kelebihan diri Anda. Sadari, ada orang di luar sana yang mungkin menghargai kelebihan yang Anda miliki. Berawal dari mencintai diri sendiri dengan baik, membuat kita menjadi pribadi yang lebih rendah hati dalam menilai orang lain. Jika setiap orang mampu menghargai kekurangan dan kelebihan dirinya sendiri dengan baik, ia akan mudah untuk menghargai kekurangan dan kelebihan orang lain. Dengan demikian, bukankah dunia akan lebih menyenangkan?

Bagaimana dengan Islam ya? Apakah Self Love juga dianggap penting?

Amanat dari Allah SWT , menyayangi dan mencintai diri sendiri merupakan salah satu sebuah amanat dari Allah SWT. Mencintai diri dengan menerima segala kekurangan yang ada pada diri dan mensyukuri kelebihan yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Bentuk Cinta kepada Allah SWT, menyayangi diri sendiri merupakan bentuk cinta dan kasih sayang kita kepada Allah SWT. Asumsinya, ketika kita tidak mencintai diri sendiri, kita juga tidak mencintai Allah SWT yang telah menciptakan kita.

Bentuk Taat kepada Allah SWT, menurut pandangan Islam, konsep Self Love merupakan salah satu perintah Allah SWT yang harus kita taati. Karena dengan menyayangi diri sendiri, seseorang dapat lebih mensyukuri, menghargai kelebihan dan kekurangan yang telah dititipkan Allah dalam dirinya. Mencintai diri sendiri merupakan suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Selain itu, self love juga merupakan pondasi dalam setiap hubungan, bagaimana seseorang bisa mencintai kita kalau kita tidak mencintai diri sendiri. “Mencintai diri sendiri artinya menerima diri sendiri sebagai mana adanya, artinya anda memiliki harga diri, citra diri yang positif dan penerimaan diri, hal ini menjadi kunci hubungan yang sehat dan bahagia,” ucap Hazhira. Konsep self love juga harus dilihat dari berbagai sisi, tidak lantas kita selalu membenarkan diri sendiri padahal salah. Maka dari itu ilmu agama juga diperlukan agar tidak salah kaprah. “Self love yang benar haruslah didasarkan pada cinta kita kepada Allah dan Rasulnya, karena itulah cinta tertinggi dan sebenar-benarnya cinta,” tutup Hazhira. (AWP/RS)

Sumber Data Tulisan

Margaret Paul, Ph.D, definisi mencintai diri sendiri diambil dari artikel yang ditulisnya di website Huffington Post. Margaret adalah seorang praktisi psikologi, dan ahli dalam bidang hubungan antar manusia. Ia juga seorang penulis 8 buku best-seller dan pernah tampil di Oprah.

Discover more from Pijar Psikologi #UnderstandingHuman

https://jurnalpost.com/self-love-dalam-pandangan-agama-dan-psikologi/19795/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post