Dewi Uny Widya H. N

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Manusia diuji agar tangguh dan hebat

Terdapat hikmah yang besar di balik ujian dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba hamba-Nya. Orang yang mampu menangkap hikmah dibalik musibah dapat dipastikan sebagai pribadi yang tangguh. Keistimewaan ini hanya bisa dicapai oleh orang orang yang mengganggap ujian sebagai bagian dari kasih sayang-Nya. Sementara orang yang menyikapi ujian dengan wajah muram, menyalahkan ketentuan Allah SWT serta berprasangka buruk kepada-Nya maka ia tidak akan memperoleh hikmah apapun. Alih alih mendapatkan hikmah kehidupannya akan kian terasa susah lantaran jauh dari rahmat-Nya. Allah SWT menguji manusia dengan kesusahan dan kesedihan supaya manusia mengerti hakikat kebahagiaan dan manisnya kehidupan. Tidak ada seorang pun yang lebih mencintai keindahan dari pada orang yang membenci keburukan. Tidak ada seorangpun yang bisa mengerti nikmatnya kesehatan melebihi orang yang pernah merasakan pedihnya sakit. Dan tidak ada seorangpun yang nikmatnya ketentraman melainkan orang yang telah terlepas dari kekalutan. Jika kita Sudi jujur banyak kesengsaraan dalam hidup ini yang membawa kenikmatan. Tidak sedikit ujian yang menyembuhkan hati seseorang sehingga ia tidak lagi enggan untuk bertaubat kepada Allah SWT menghargai nikmat nikmat-Nya serta bersyukur dan taat kepada-Nya. Adanya ujian dalam hidup sesungguhnya menunjukkan kepada manusia bahwa dunia adalah negeri kesengsaraan dan kemusnahan bukan negeri kebahagiaan dan kekekalan. Untuk itu orang orang yang berpikir tentu akan paham betul betapa tidak ada hal apapun yang layak untuk disombongkan dari dunia. Masa muda, kecerdasan, wajah yang rupawan, dan popularitas bukanlah perkara kekal yang cukup syarat untuk disombongkan. Ujian yang menimpa seseorang sebetulnya tidak hanya mengandung hikmah bagi yang bersangkutan melainkan juga bagi orang lain. Seseorang bisa mengais hikmah dari melihat penyakit yang menyerang orang lain yang sebelumnya terlihat masih sehat dan kuat secara fisik bukankah hal ini menunjukkan bahwa kekuatan fisik tidak bisa disejajarkan dengan kekuasaan Allah SWT?

Dalam sebuah hadis Rasulullah Saw bersabda sebagai berikut:

" Apabila engkau melihat Allah memberi seorang hamba sesuatu yang dicintainya sedangkan ia tetap durhaka kepada-Nya maka yang demikian itu hanya merupakan tipu daya belaka. Kemudian beliau membaca ayat " Sesungguhnya kami memberi tangguh kepada mereka hanyalah supaya bertambah tambah dosa mereka dan bagi mereka azab yang menghinakan". (HR. Ahmad dan Thabrani).

Hadist Rasulullah Saw tersebut mengajarkan kepada kita untuk berhati hati terhadap amanah dan pemberian Allah SWT. Sebab, apabila kita abai apalagi jika amanah tersebut justru menyebabkan kita durhaka maka kita pasti menanggung azab yang menghinakan. Akibatnya kenikmatan yang semestinya membahagiakan justru berubah mencelakakan. Na'udzubillah.

Orang mukmin yang sabar atas bencana yang diturunkan oleh Allah SWT dan menganggapnya sebagai suatu nikmat maka dosa dosanya akan dihapuskan sehingga ia kian bersemangat dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Orang mukmin tidak perlu cemburu dengan kenikmatan yang diperoleh orang orang kafir. Karena sejatinya kenikmatan tersebut hanyalah kenikmatan yang menipu.

Nikmat kelezatan yang mendatangkan kesenangan lebih rendah dibandingkan nikmat penderitaan yang membimbing ke jalan lurus dan pahala sebab, nikmat yang pertama acap kali menyebabkan seseorang menyia nyiakan kebaikan sedangkan nikmat kedua menghapus kesalahan kesalahan. Nikmat pertama seringkali mengakibatkan seseorang lengah terhadap kewajibannya kelezatan terkadang melenakan dan menjerumuskan seseorang ke jurang kesesatan yang dalam.

Kenikmatan hakiki adalah kenikmatan yang dapat mencegah seseorang dari perbuatan dosa. Kenikmatan inilah yang dilimpahkan Allah SWT kepada orang orang mukmin yang sejati yaitu mereka yang mengerti perbedaan kenikmatan yang murni dengan kenikmatan yang imitasi yang hanya bersifat sementara, orang orang mukmin tentu mengerti bahwa musibah dapat mendidik hati, menggugah kesadaran dan kian mendekatkan diri ke sang pencipta, ya , hanya orang orang yang Sudi menerima musibah secara lapang dada yang sanggup menyelami samudra musibah yang sangat mungkin mengandung mutiara hikmah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

04 Sep
Balas

Penuh nasihat, salam sukses.

04 Sep
Balas

Terimakasih kak Salam kenal

04 Sep
Balas



search

New Post