Desfitri Surya Nengsih,SPd.SD

Hidup adalah pilihan untuk menanam kebaikan dan belajar sepanjang hayat. Nama : DESFITRI SURYA NENGSIH,SPd.SD, No HP/WA 085263918183, email : desfitri112@gmai...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sajuta Janjang Lereng Singgalang

Sajuta Janjang Lereng Singgalang

TANTANGAN HARI KE-263

#TANTANGANGURUSIANA

Objek wisata baru yang kini viral diberbagai media sosial, Sejuta Janjang dan plataran Pinus Lereng Singgalang yang berada di kanagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam (Sumbar) menjanjikan indahnya pesona alam.

Sejuta Janjang aslinya adalah fasilitas jalan menuju lokasi Pelataran pinus di puncak Singgalang. Namun lokasi ini justru menjadi incaran bagi wisatwan karena memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan.

Di lereng Singgalang ini ada dua objek wisata yang bisa dinikmati pengunjung yakni Sejuta Janjang dan plataran Pinus.

Dalam pengerjaannya, Sejuta Janjang dibuat bagi pengunjung sebagai sarana atau jalan menuju lokasi Plataran pinus di puncak Singgalang.

Sejuta Janjang memiliki panjang sekitar 3,7 km dengan awal rute dari pinggir jalan Provinsi Padang Luar Lubuk Busung dan ujungnya merupakan pepohonan pinus. Pada awal perjalanan pengunjung akan mendapati pemandangan Nagari Balingka dan Ngarai Sianok.

Kemudian, pada saat sudah setengah pengunjung bisa menyaksikan pemandangan dari gunung Marapi. selanjutnya sesampainya di bukit pinus pengunjung akan melihat pemandangan Bukit tmTaman raya Balingka dan kota Bukittinggi.

Dari lokasi ini Kota Bukittinggi nampak begitu indah dengan Kabupatebn Agam yang mengelilinginya. Tak hanya itu lokasi di ketinggian 1200 mdpl ini juga merupakan tempat favorite bagi pengunjung yang berolahraga terutama jogging.

Selama proses pengunjung menaiki Sejuta Janjang menuju lokasi plataran pinus akan dapat melihat pemandang yakni dari tahap awal pendakian akan nampak nagari Balingka dan Ngarai Sianok, ditengahnya akan terlihat Gunung Marapi, Aua Kuning dan Jam Gadang dan di puncak pinus akan terlihat Bukik tmTamanraya Balingka dan kota Bukittinggi utuh.

Untuk masuk ke sini, pengunjung harus sudah sampai di lokasi saat siang hari. Tujuannya supaya tetap bisa melihat keindahan panorama sekitar. Selain itu, pemerintah setempat hanya membuka kunjungan hingga pukul 17.00 saja, dikarenakan untuk keamanan pengunjung itu sendiri.

Kontur alam yang penuh tanjakan dan berliku, tidak memungkinkan dikunjungi saat gelap.

Tidak ada biaya untuk masuk ke Sajuta Janjang alias gratis. Ini dikarenakan tempat tersebut masih menjadi wisata baru. Selain itu, pemerintah setempat juga ingin mempromosikan Janjang Sajuta lebih luas ke khalayak ramai.

Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja yakni untuk sepeda motor Rp 3000 dan mobil Rp 5000.

Tips Mengunjungi Janjang Sajuta

Datang lah pada pada saat cuaca cerah karena pemandangan lereng Gunung Singgalang akan nampak jelas. Dengan begitu bagi pengunjung yang berfoto dengan latar pemandangan ini tak akan terganngu oleh awan gelap.

Berhati-hatilah pada saat hendak berfoto. Spot-sppot berfoto yang ada di lokasi ini mayoritas ckup tinggi sehingga menuntut para pengunjung selalu waspada dan berhati-hati agar tidak terjatuh.

Demikianlah sekilas gambaran keindahan dari wisata Janjang Sajuta di Agam Sumatera Barat ini. Walau sekarang masih musim Corona, namun tidak ada salahnya mulai merencakan agenda perjalanan mulai saat ini. Sehingga ketika wabah berakhir, anda bisa segera berwisata ke lokasi-lokasi idaman.

#sajutajanjanglerenggunungsinggalang

#belajarsepanjanghayat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang keren Bu..semoga bisa kesana suatu hari nanti

06 Dec
Balas



search

New Post