Apa dan Bagaimana BAGJA Dijalankan?
Apa dan Bagaimana BAGJA Dijalankan…?
By Danang Margono
Setiap sekolah pasti memiliki potensi yang bisa dikembangkan menuju perubahan positif yang diharapkan.diinginkan. Potensi atau aset yang dimiliki sekolah hendaknya dipertahanakan dan dikelola untuk menyelaraskan visi misi dan tujuan sekolahyang telah ditetapkan. Sumber daya manusia sebagai salah satu aset sekolah merupakan modal utama menuju perubahan yang diharapkan. Karena sesungguhnya semua orang mempunyai inti positif yang berkontribusi menuju perubahan. semua inti positif dari semua seluruh pemangku kepoentingan di sekolah hendaknya dikelola, dikolaborasikan melalui pendekatan perubahan yang tepat.
Inkuiri apresiatif adalah sebuah pendekatan kolaboratif untuk mengetahui kondisi suatu organisasi atau komunitas dalam mengembangkan perilaku suatu organisasi. Pendekatan inkuiri apresiatif merupakan pendekatan untuk mengidentifikasi hal-hal baik yang telah ada di sekolah, mencari cara agar bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, sehingga kelemahan, kekurangan dan tantangan bisa dikelola dengan baik.
Berpijak dari hal positif tersebut, sekolah hendaknya mampu menyelaraskan hal positif atau kekuatan dengan visi sekolah dan visi setiap individu dalam komunitas sekolah. Inkuiri Apresiatif (IA) menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif yang ada pada semua warga sekolah ini merupakan potensi dan aset organisasi.
Dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan. perencanaan perubahan itu dilakukan melalui pengajuan pertanyaan yang tersusun dalam tahapan yang disebut dengan BAGJA. Tahapan-tahapan BAGJA ini adalah upaya mewujudkan suatu perubahan positif untuk kemajuan sekolah yang selaras dengan visi sekolah.
Dalam bahasa sunda BAGJA berarti Bahagia. Lima tahapan utama yang dijalankan tersebut adalah:
1. Buat pertanyaan utama sebagai penentu arah penelurusan terkait perubahan yang kita inginkan, misal:
Bagiamana membiasakan penumbuhan karakter baik di lingkungan sekolah? Bagaimana meningkatkan keterlibatan murid dengan cara dan ragam yang berbeda?2. Ambil pelajaran ini, dilakukan setelah pertanyaan utama disepakati. Bagian ini akan menuntun mengambil pelajaran dari pengalaman individu atau kelompok baik dalam unsur yang berbeda maupun sama.
3. Gali mimpi bersama, dalam tahapan ini komunitas sekolah akan menggali mimpi sebagai keadaan ideal yang diinginkan dengan digambarkan secara rinci melalui sebuah narasi dan diperlukan pertanyaan-pertanyaan pemandu dalam penyusunan narasi, misal:
Seperti apa orang-orang yang terlibat di dalamnya terlihat, bertindak, berpikir, dan merasa? Bagaimana penampakan lingkungannya secara fisik? Apakah kebiasaan-kebiasaan baru yang kita bayangkan akan terjadi? Sumber daya apa yang kita bayangkan akan tersedia?4. Jabarkan rencana untuk mencapai gambaran yang diinginkan. Tahapan ini akan mengidentifikasi tindakan yang diperlukan dan mengambil keputusan-keputusan. Ketika perencanaan awal kita perlu membuat pertanyaan-pertanyaan untuk membantu penyusunan rencana agar lebih konkret, seperti:
Siapa yang akan melakukan apa, bagaimana, dan kapan? Bagaimana agar setiap orang dalam komunitas sekolah dapat secara informal melakukan improvisasi dan kontribusi membantu terwujudnya perubahan? Apa langkah-langkah kecil yang diperlukan?5. Atur Eksekusi, tahapan ini membantu transformasi rencana menjadi nyata. Diperlukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu memutuskan peran dan kesepakatan-kesepakatan pelaksanaan seperti:
Siapa yang akan terlibat mewujudkan rencana-rencana? Bagaimana mereka mengomunikasikan dan melaporkan kemajuan? Kepada siapa? Siapa yang akan bertanggungjawab, siapa yang akan menindaklanjuti/memberikan umpan balik suatu laporan?Demikan tahapan BAGJA yang dilaksanakan seusuai pendekatan inkuiri apresiatif. Semoga kita bisa mengimplementasikan tahapan BAGJA menuju perubahan positif yang diharapkan di sekolah.
Debong Kulon, 25 Juni 2021
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar