Dadang

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH SECARA ONLINE

PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH SECARA ONLINE

PEMANFAATAN INTERNET DALAM PELAKSANAAN

PEMBINAAN KEPALA SEKOLA DI SAAT PANDEMIK COVID-19

Oleh : Dadang, S. Pd., MM

(Pengawas SD Kabupaten Bogor)

Untuk melihat kompetensi Kepala Sekolah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya di masa Pandemik covid-19 sekarang ini diperlukan suatu teknik yang kondisional yaitu pembinaan Kepala Sekolah yang dilakukan secara Daring secra jelas dan terstruktur. Pembinaan Kepala Sekolah berfungsi untuk melihat kualitas kompetensi Kepala Sekolah dalam melaksanakan aktivitas pengelolaan sekolah termasuk pemantauan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru melaui pemanfaatan internet yang dalam menjalankan tugasnya akan menghasilkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar yang berkualitas pula bagi seluruh peserta didik. Hal ini sesuai dengan harapan orangtua peserta didik, pemerintah dan masyarakat, bahwa sekolah merupakan suatu lembaga yang menjadi tumpuan orang tua masyarakat dan pemerintah, baik mental-spiritual, emosional, pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi manusia yang dapat mengembangkan segala potensinya, bakat dan minat serta mengembangkan talenta seiring dengan tahapan tugas dan perkembangan peserta didik.

Dalam pembinaan Kepala Sekolah secara daring, aspek-aspek yang harus menjadi fokus perhatian adalah kompetensi Kepala Sekolah yang mencakup aspek Infra struktur, Paedagogik, kepribadian, sosial dan profesionalisme ke lima aspek itu merupakan syarat yang harus dimiliki oleh Kepalas Sekolah dalam melaksanakan tugas-tugas keprofesiannya yang harus terus ditumbuhkembangkan, dibina, diberdayakan melalui aktifitas radio-online (internet) yang kontennya tentang pembinaan profesional dengan pendekatan pembinaan profesional, mentoring teknologi, pendampingan online oleh pengawas kepada Kepala Sekolah dan penilaian untuk mengetahui sampai sejauh mana tahapan perkembangan keberhasilan Kepalasekolah dalam meningkatkan kompetensinya.

Hasil Pembinaan secara daring para Kepala Sekolah dapat dimanfaatkan untuk para pimpinan, pengawas, dan lembaga dalam hal membuat dan memetuskan kebijakan, program kerja, kenaikan jabatan fungsional, dan sebagai bahan atau parameter melihat efektifitas pelaksanaan program kerja Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah dalam melaksanakan program yang telah disusunnya dalam kurun waktu tertentu dan menindak lanjuti kepada pembuatan program berikutnya dengan teknik, strategi pendekatan dan sumber daya pendukung yang lebih efektif serta kondisional. Pembinaan

Tujuan

Tujuan pembinaan kepala sekolah secara daring ini dalah :

1. Menjaga konsistensi kinerja Kepala Sekolah di wilayah binaan.

2. Untuk dijadikan dasar pembuatan kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan karir Kepala Sekolah.

3. Untuk mengetahui peta kompetensi Kepala Sekolah guna menentukan bahan kebijakan tindak lanjut pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi Kepala Sekolah.

Lingkup Materi

1. Menginput data Kinerja Kepala sekolah selama Pandemik covid-19

2. On-line aktifitas Pegawai

3. Iplementasi pelaksanaan Program Kepala sekolah sesuai isi SKP

Aspek

Pembinaan Kepala Sekolah meliputi aspek-aspek yang menjadi

indikator keberhasilan pembinaan, antara lain:

1. Kehadiran (on-lline)

2. Aktifitas (on-lline)

3. Keaktifan (on-lline)

4. Kedisiplinan

5. Partisipasi (on-lline)

6. Kerjasama (on-lline)

7. Tanggungjawab (on-lline)

8. Konsistensi (on-lline)

9. Komitmen

10. Minat dan motivasi

Langkah-langkah Kegiataan

v Persiapan

1) Mengkaji Materi on-line yang relevan

2) Membuat desain materi on-line

3) Menyusun jadwal pembinaan on-line

4) Koordinasi dengan Ketua Gugus/K3S secara on-line

5) Membuat instrumen pengamatan kegiatan pembinaan on-line

v Pelaksanaan

1) Menginformasikan jadwal daring.

2) Analisi kontek tentang pengetahuan sistematka pembinaan secara on-line kepada Kepala Sekolah tentang materi yang akan dibahas

3) Tanya jawab seputar materi yang akan dibahas/dilaksanakan pembinaan

4) Diskusi tentang substansi materi pembinaan

5) Merumuskan bergbagai kata kunci keberhasilan pengelolaaan sekolah

6) Membahas substansi materi pembinaan

7) Diskusi hasil pembinaan tentang permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan sekolah dan menentukan alternatif pemecahanannya

8) Membagi tugas untuk dikerjakan di sekolah masing-masing.

v Kegiatan Penutup

1) Menyampaikan hasil penilaian pelaksanaan pembinaan tentang kekuatan dan kelemahan yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan serta diberi tindakan perbaikan segera.

2) Menyampaikan program tindak lanjut pengembangan keprofesian berkelanjutan yang jadwalnya ditepakan bersama wadah/group pembinaan profesional

3) Memberi penguatan, saran, masukan untuk bahan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi keprofesian secara efektif dan fungsional.

v Sasaran

Yang menjadi sasaran penilaian kinerja ini difokuskan kepada ;

1. Kepala Sekolah

v Capaian

Capaian yang akan dicapai dalam pembinaan Kepala Sekolah secra daring ini adalah 85 % alasannya jika pengelolaan sekolah baik maka kualitas proses dan hasil belajar akan bermutu dan berkualitas.

v Metode

Metode yang dikembangkan dalam pembinaan guru dan atau Kepala

Sekolah ini agar hasilnya akurat, tepat dan akuntabel adalah :

1) Diskusi Terfokus secara daring

2) Pengisian kuisioner Permasalahan

3) Follow up hasil pemninaan secara daring

v Hambatan

Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan ini terdapat berbagai

hambatan antara lain :

1) Terkendalanya dengan permasalahan jaringan/signal.

(Kondisi wilayah Kabupaten Bogor tidak semua mendapatkan signal

seluler dengan baik)

2) Persepsi dan pola pikir Kepala Sekolah tentang pembinaan secara daring merupakan suatu beban psikologis, sehingga komunikasi dalam pengembangan pengumpulan data agak terhambat.

3) Kepala Sekolah masih terkesan belum siap untuk dihjrahkan mindset kinerjanya walaupun sudah disosialisasikan karena banyaknya beban tugas pokok dan fungsinya memimpin (manajer) sekolah.

4) Pemahaman Kepala Sekolah terhadap internet belum maksimal sehingga pelaksanaan pembinaan sangat menyita waktu.

v Ketercapaian (dibuat dalam bentuk Format)

Hasil pementauan dengan menggunakan kuisioner on-line

ketercapaian sekolah ini Pengetahun dan sikap profesional guru dan

Kepala Sekolah dalam kegiatan pembinaan mencapai rata rata nilai

sebagai berikut :

NO

ASPEK PENGELOLAAN SEKOLAH

Nilai Rerata (%)

TINDAK LANJUT

1

Tingkat Kehadiran

… .

… .

2

Aktifitas

… .

… .

3

Keaktipan

… .

… .

4

Kedisiplinan

… .

… .

5

Partisipatasi

… .

… .

6

Tanggungjawab

… .

… .

7

Kerjasama

… .

… .

8

Motivasi/minat

… .

… .

v Kesimpulan

Dari tabel di atas dapat ditampilkan hasil pemantauan selama pembinaan on-line yang telah dianalisis dan disebutkan maka dapat disimpulkan bahwa hasil pembinaan guru dan kepala sekolah di Gugus binaan ini mencapai angka rata-rata presentase yang diharapkan dengan kategori baik.

v Tindak Lanjut

Berdasarkan kesimpulan tersebut di atas maka dipandang perlu segera dilakukan tindakan perbaikan, peningkatan dan pengembangan tugas pokok dan fungsi Kepala Sekolah agar kompetensinya dapat ditingkatkan secara optimal.

Untuk meningkatkan kompetensi tersebut ada beberpa teknik, metode dan pendekatan yang dapat digunakan antara lain :

1. Workshop melalui video tutorial

2. Pendidikan dan Pelatihanmelalui video tutorial

Dan pelaksanaan kegiatan tersebut di atas dirumuskan antar pengawas dan group WA, Blog pembinaan profesional yang ada di gugus atau Kecamatan atau lembaga lain yang relevan, dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan kekuatan dan kelemahan setiap aspek yang dicapai dalam hasil pembinaan kinerja dan mengidentifikasi permasalahan kemudian menentukan aspek/materi yang akan dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah secara efektif dan optimal.

Demikian pola pembinaan Kepala sekolah di masa Pandemik covid-19, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post