MANAJEMEN KEBERSIHAN HOTEL
Manajemen Kebersihan Hotel
(Belajar Daring Sesi Pertama KKGS 2020 Akomodasi Perhotelan)
#TantanganGurusiana hari ke-15
#DirumahAja
Hari ini Rabu tanggal 22 April 2020 telah dimulai belajar online atau daring bagi guru SMK dalam Program Kamp Kreatif Guru SMK 2020. Pembelajaran berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Tak seperti hari kemarin, Alhamdulillah saya berhasil log in dan terkoneksi dengan baik. Pada awal persiapannya, suara dari penanggung jawab kegiatan kurang bagus diterima, namun ketika masuk materi pelajaran, suara pemateri dapat diterima dengan cukup jelas.
Khusus untuk guru pengampu mata pelajaran Akomodasi Perhotelan, materi pertama yang diterima adalah tentang House Keeping for SMK and Tourism Industry. Materi tersebut disajikan oleh Bapak Purwantono (Wakil Direktur Divisi Hotel Metland), dalam kegiatan ini SMK Metland bertindak sebagai fasilitator. Judul materi adalah Manajemen Kebersihan Hotel.
Ada beberapa point yang kiranya perlu saya bagikan kepada pembaca disini karena dapat diaplikasikan di sekolah-sekolah, tak terbatas pada sekolah perhotelan saja. Selain di sekolah dan industry, materi tersebut bahkan bisa pula diterapkan di rumah. Sasaran akhir dari penyajian materi tersebut adalah agar menjadi standard dalam penilaian kebersihan dan kerapihan kelas, sekolah, semua industri termasuk hotel secara objektif.
Standar penilaian kebersihan yang akan dibahas dalam hal ini adalah kebersihan Public Area (Area Umum) Hotel, Kitchen, Engineering, dan kendaraan khususnya mobil.
Ada 10 point untuk menilai kebersihan hotel di Area Umum Hotel (Public Area) yaitu:
1. No dust (semua permukaan bebas dari debu yang menempel)
2. No rust ( semua permukaan metal atau logam harus bebas dari karat)
3. No smell (semua area hotel bebas dari bau busuk atau bau yang tidak enak). Bau yang tidak enak tersebut mungkin berasal dari tumpahan makanan, baik di karpet ataupun di dinding. Tumpahan makanan harus segera dibersihkan karena kalau sudah 4 jam, tumpahan tersebut akan menimbulkan bau busuk dan bisa meni
4. No insect (semua area hotel harus bebas dari serangga, laba-laba, kecoa, semut, laron, nyamuk, dan lain-lain.
5. No wild cable (semua permukaan harus bebas dari kabel yang berserakan, baik kabel di lantai maupun kabel di dinding)
6.No wild nail (semua permukaan harus bebas dari paku yang menonjol)
7. No weavy (semua permukaan harus tidak tergapat penggelumbungan, baik penggelembungan di dinding maupun di lantai).
8. No crack/hole (semua permukaan harus bebas dari retak dan lobang)
9. No spot (semua permukaan harus bebas dari noda. Mungkin noda dari permen karet, tinta corat-coret, dll.)
10. No littering (semua area hotel harus bebas dari sampah baik berupa kertas ataupun benda padat yang tidak bermanfaat). Semua unsur di hotel mulai dari karyawan paling rendah hingga General Manager mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap kebersihan. Seorang GM hotel jika menemukan sampah akan memungut sampah tersebut. Sikap tersebut diharapkan akan ditiru oleh seluruh karyawan tanpa perlu mencari siapa yang membuangnya.
Khusus untuk menilai kebersihan Kitchen (ruang dapur) dan Enggineering, point no 6 dan 7 adalah :
• No oily (seluruh bagian ruang dapur dan engineering harus bebas dari minyak, contohnya adalah cerobong asap. Jika cerobong asap jika berminyak, akan mudah terjadi kebakaran.
• No slipperi (lantai tidak licin. Jika lantai licin berarti lantai tersebut tidak bersih. Lantai licin harus segera dibersihkan dengan bantuan air panas).
Khusus untuk menilai kebersihan kendaraan atau mobil, point no 6 dan 7 adalah:
• No dented (semua permukaan harus bebas dari benturan benda keras /penyok)
• No sticky (Semua permukaan harus bebas dari benda lengket seperti permen karet )
Penanaman budaya hidup bersih harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan sekolah. Jika budaya hidup bersih sudah terbina dengan baik dalam diri peserta didik, budaya tersebut akan terus terbawa ketika mereka sudah terjun ke dunia industri baik dari masa On The Job Training (Praktek Kerja Industri) maupun ketika sudah bekerja sebagai karyawan.
Nah, itulah yang dapat saya sarikan buat pembaca, semoga bermafaat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya.
Salam literasi.
Payakumbuh
Rabu, 22 April 2020
Marhaban Ya Ramadhan
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Wah..saya juga dapat ilmunya..selamat ya..sukses swlalu..salam literasi dati Bondowoso
Alhamdulillah...terima kasih ibu. Salam kenal dari payakumbuh
Wah....makasih ya bu atas pencerahan ilmunya, sangat bermanfaat sekali.Sukses selalu dan salam.
Sama sama terima kasih bu Rawalumaili. Salam kenal dari Payakumbuh.
makasi ilmunya buk van
Sama sama bu lili...semoga sehat selalu ya
Mantul ilmunya bund..
Alhamdulillah...semoga bermanfaat ya bu