AYU RIZQI PRAMULYA NINGRUM

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMP NEGERI 1 ADIWERNA

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Tujuan yang ingin dicapai

Peningkatkan keterampilan menulis puisi dengan model pembelajaran problem besed learning bermedia gambar pada siswa kelas VIII.

Penulis

Ayu Rizqi Pramulya Ningrum

Tanggal

22 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah peserta didik kelas VIII B belum mampu mengungkapkan ide atau gagasannya melalui sebuah puisi, peserta didik kesulitan menentukan diksi atau kata-kata untuk merangkai puisi. Ini terlihat dari hasil puisi peserta didik yang masih meniru atau menyalin puisi yang sudah ada.

Hal ini penting untuk dibagikan karena sebagai upaya untuk perbaikan proses pembelajaran di kelas. Diharapkan guru dapat lebih berinovasi lagi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan memanfaatkan media yang menarik sehingga peserta didik lebih terpacu untuk melatih kemampuan menulisnya terutama menulis puisi.

Peran saya dalam praktik ini adalah sebagi guru dan bertanggung jawab membuat RPP, menyiapkan bahan ajar, memilih media pembelajaran yang sesuai dan menarik, membuat LKPD, melakukan evaluasi, dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

1. Pemilihan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi serta tujuan pembelajaran.

2. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi.

3. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Siapa saja yang terlibat? Peserta didik sebanyak 32 siswa dan guru yaitu saya sendiri.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

Pertama, melakukan koordinasi dengan dosen pembimbing, guru pamong, dan mahasiswa PPG lain terkait media yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Kedua, saya lebih intens membimbing peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan berdiskusi.

Ketiga, saya berusaha memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik untuk berani menampilkan hasil karyanya dengan memberikan penghargaan berupa nilai atau hadiah kepada siswa yang berani maju.

Strategi apa yang digunakan?

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari lima sintak, yaitu:

Sintak 1: orientasi peserta didik pada masalah.

Sintak 2: mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.

Sintak 3: membimbing penyelidikan individu atau kelompok.

Sintak 4: mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

Sintak 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Untuk proses pembelajaran diawali dengan pendahuluan, guru mengawali dengan salam dan doa yang dipimpin oleh siswa, mengecek kehadiran dan kesiapan siswa, serta memberikan apersepsi, memberitahukan KD dan tujuan pembelajaran sampai proses penilaian. Dilanjutkan dengan kegiatan inti, (a) Mengorientasikan peserta didik pada masalah dengan menayangkan power point berisi gambar sebagai bahan penulisan puisi serta contoh puisinya. (b) Mengorganisasi peserta didik: membagi peserta didik dalam beberapa kelompok beranggotakan 4-5 siswa, kemudian memberikan LKPD dan mejelaskan cara pengisiannya kepada peserta didik. (c) Membimbing penyelidikan dan mengumpulkan informasi, pada tahap ini guru membimbing siswa untukmenulis puisi berdasarkan gambar yang dipilih dan diksi yang telah ditentukan. (d) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, di sini beberapa peserta didik maju membacakan puisinya dan ada juga yang membacakan puisi karya teman satu kelompoknya. (e) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, pada tahap ini guru menanyakan kepada siswa kesulitan apa yang dialami saat membuat puisi dan memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah berani membacakan puisi di hadapan teman-temannya. Terakhir, kegiatan penutup. Pada tahap ini guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran dan memberikan soal evaluasi berupa lima soal pilihan ganda yang kemudian dikoreksi bersama dengan siswa. Terakhir guru memberitahukan kegiatan pada pertemuan berikutnya.

Terkait bahan dan media pembelajaran, saya menggunakan bahan ajar berupa buku pendamping/LKS, buku paket, media power poin yang berisi materi serta contoh puisi, serta LKPD untuk mengukur ketercapaian belajar peserta didik dan soal evaluasi berupa lima soal pilihan ganda.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Dampak dari aksi praktik pembelajaran yaitu sebagai berikut:

Dampak bagi peserta didik dari praktik pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem besed learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi, peserta didik terlibah lebih antusias dalam mengikuti pelajaran dan lebih mudah membuat sebuah puisi dengan dibantu media gambar. Pada saat pembelajaran, peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok sehingga peserta didik bisa saling berdiskusi dan membantu teman satu kelompoknya dalam menulis sebuah puisi. Selanjutnya peserta didik dan guru memberikan simpulan dari hasil kegiatan pembelajaran dan diakhiri dengan mengerjakan soal evaluasi. Dari hasil evaluasi tersebut, peserta didik yang mendapatkan nilai melampaui KKM sebanyak 30 siswa dari 32 siswa yang ada.

Sedangkan dampak yang dirasakan oleh guru adalah dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Guru menggunakan media power poin yang menarik dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik tidak bosan dan dapat menarik minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Apakah hasilnya efektif?

Dari hasil ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disimpulkan model pembelajaran broblem besed learning dengan media gambar terbilang cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis sebuah puisi. Hal ini dapat dilihat dari hasil karya peserta didik yang berupa teks puisi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post