ASNI FUROIDAH

Sebaik-baiknya manusia ialah yang paling bermanfaat kepada sesama ^_^...

Selengkapnya
Navigasi Web
Refleksi Diri untuk Menjadi Guru Inovasi dan Berprestasi
by: Asni Furoidah

Refleksi Diri untuk Menjadi Guru Inovasi dan Berprestasi

Di tengah era perubahan, guru yang sukses adalah mereka yang selalu melakukan inovasi. Mereka melihat teknologi, dinamika sosial dan kebutuhan siswa sebagai landasan inovasi dalam pembelajaran. Inovasi tidak hanya terbatas pada penggunaan alat-alat teknis yang canggih, namun juga pada pengembangan kurikulum yang menginspirasi, pengenalan berbagai pendekatan dan penciptaan lingkungan belajar yang menyenangkan. Guru yang inovatif merupakan pionir yang membuka pintu pembelajaran yang lebih menarik dan adaptif.

Lahirnya Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 36 ayat (1) mengamanatkan bahwa “Guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan” dengan ditetapkannya undang-undang dimaksud, penghargaan kepada guru berprestasi mengalami penguatan. Pemberian penghargaan secara tingkat, jenis dan jenjang satuan pendidikan. Penghargaan tersebut dapat diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat, organisasi profesi dan satuan pendidikan. Penghargaan dapat diberikan pada tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan nasional.

Hal yang paling penting dari beberapa faktor yang melekat pada profesionalisme seorang guru sebagaimana disebutkan di atas adalah bagaimana seorang guru menyadari dan mampu memposisikan dirinya menjadi bagian dari komunitas profesional yang senantiasa bekerja bersama untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Dengan hal ini, mau tidak mau guru akan senantiasa terpacu untuk menggali informasi dan pengetahuan yang penting bagi dirinya untuk dijadikan sebagai referensi dan bahan renungan dalam mengembangkan potensi profesionalisme dirinya sebagai seorang pendidik. Artinya, tugas guru bukan hanya berhenti pada mengajar. Namun, dirinya sendiri juga pada saat yang sama sebagai pembelajar.

Awal tahun 2020, saya mulai menekuni salah satu aktivitas yang berfokus pada dunia literasi. Alhamdulillah, masih bertahan hingga hari ini. Aktivitas ini, makin terasa sebagai kebutuhan bukan lagi sekadar pembunuh waktu. Saya memulai dengan menulis cerita singkat tentang kegiatan sekolah hingga sekedar menulis puisi. Saya berusaha mengoptimalkan untuk membaca dan menulis dan berkomitmen untuk selalu istiqomah dalam mengembangkan literasi. Manfaat yang bisa dirasakan dengan kegiatan literasi adalah kita bisa memperoleh banyak pengetahuan serta wawasan luas tentang dunia. Selain itu, kegiatan literasi juga melatih kita untuk menghasilkan sebuah karya terbaik melalui event-event karya tulis yang diadakan oleh berbagai portal e-learning dan media sosial yang menjadikan kita semakin termotivasi untuk terus belajar lebih baik lagi.

Salah satu hasil refleksi diri dalam meningkatkan kegiatan literasi adalah dengan membangun perpustakaan mini rumah. Disana saya mengumpulan buku-buku ilmu pengetahuan hingga buku karya milik sendiri, setidaknya saya ingin mempunyai ruangan di mana kita bisa memajang semua buku koleksi dengan ruang membaca yang nyaman. Perpustakaan ini nantinya tidak hanya untuk keluarga sendiri melainkan juga untuk lingkungan sekitar supaya anak-anak dilingkungan saya mendapat kesempatan untuk membaca buku. Jadi, fasilitas buku tidak hanya didapatkan dibangku sekolah saja, mereka juga dapat memanfaatkannya di luar sekolah sebagai aktivitas penunjang dalam pembelajaran. Mempunyai perpustakaan yang nyaman dengan koleksi buku yang lengkap dan menarik serta desain ruangan yang membuat betah pengunjungnya menjadi impian saya sejak masih kuliah dulu. Sejak masa kuliah, saya rajin membeli buku karena saya ingin mempunyai banyak buku dirumah. Buku-buku itu saya simpan di rumah dan terkadang juga saya baca sebagai referensi pelajaran di masa yang akan datang.

Mudah-mudahan refleksi diri di akhir tahun ini bisa menjadi semangat baru dalam meningkatkan kinerja dan memberikan motivasi belajar kepada para siswa di masa yang akan datang…..

#Salam_literasi_untuk_seluruh_guru­_di_Indonesia!!

Biodata Penulis

ASNI FUROIDAH, lahir di kota Jember, 13 April 1991. Memiliki hobi menulis dan traveling. Hingga kini, penulis tetap mengabdikan diri sebagai guru di SD Unggulan Assunniyyah Kencong Jember. Selain itu, penulis juga aktif menulis dibeberapa laman website terkait pendidikan dan pengajaran. No WA: 082332651975

Alamat e-mail [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post