ASNI FUROIDAH

Sebaik-baiknya manusia ialah yang paling bermanfaat kepada sesama ^_^...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pesona Keindahan Kota Jember

Pesona Keindahan Kota Jember

Menjelajahi Jawa Timur belum lengkap rasanya jika belum singgah ke kota Jember, kabupaten yang selama ini dikenal kaya akan budaya lokal. Salah satunya adalah Situs Duplang yang berada di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, sebuah desa terpencil di lereng Gunung Argapura, Jember. Dari alun-alun Kota Jember ke Desa Kamal hanya berjarak 16 km, namun akses jalan yang rusak dan sempit membuat perjalanan menuju ke lokasi menjadi sedikit lebih lama. Situs Duplang merupakan peninggalan sejarah pada zaman Megalitikum dan merupakan salah satu perkampungan purbakala yang terletak di Jawa Timur. Situs Duplang memberikan kita sebuah gambaran kehidupan pada zaman Purbakala, sebelum adanya teknologi seperti sekarang ini. Diberi nama Situs Duplang karena memang ditemukan di Dusun Duplang. Banyak hal yang dapat kita ketahui ketika berada di Situs Duplang. Situs Duplang merupakan peninggalan sejarah yang sangat bernilai dan menjadi awal mula peradaban yang ada saat ini. Indonesia kaya akan nilai-nilai budaya dan wisata kulinernya. Masing-masing daerah mempunyai keunggulan yang bagus untuk menarik wisatawan, salah satunya kota Jember.

Jember dihuni oleh banyak suku, seperti Madura, Jawa, dan Osing. Perpaduan ini membuat Jember seperti Miniature of Indonesia yang mendapat julukan Kota Pandhalungan. Maka dari itu, tarian khas Jember biasanya adalah perpaduan dari budaya Jawa dan Madura. Salah satu tarian tradisional Jember yang merupakan perpaduan budaya Jawa dan Madura adalah Tari Lah Bako. Tari Lahbako merupakan tari kreasi baru yang diciptakan pada tahun 1970an. Koreografi tarian tersebut dikerjakan oleh seniman Bagong Kusdiarjo dari Yogyakarta. Tarian ini menceritakan tentang proses pengolahan tembakau seperti: memetik tembakau, ngelus dan nyujen hingga pasca panen tembakau. Tembakau diambil sebagai dasar dari gerak tari dan kostum tari Lah Bako. Hal itu karena tembakau menjadi salah satu hasil bumi Jember yang telah di kenal sejak masa colonial, sehingga Jember dikenal sebagai kota tembakau. Selain tembakau, Jember juga penghasil kopi terbesar di Jawa.

Selain budaya sejarah, Jember juga memiliki kain tenun khas yang biasanya dipamerkan saat event besar, seperti Jember Fashion Carnaval (JFC). Tenun Jember memiliki motif khas tembakau serta dominan dengan warna alam seperti hijau dan coklat. Daun yang dijuluki daun emas tersebut dilukis di atas sehelai kain hingga menampilkan kekhasannya tersendiri. Motif-motif cantik, warna beraneka ragam dan keindahan perpaduannya memberikan nilai tersendiri hingga banyak peminatnya baik dari masyarakat Jember maupun dari luar Jember. Kecamatan Sumberjambe dikenal sebagai daerah penghasil batik khas Jember. Daerah yang berada disisi timur kota Jember tersebut terdapat banyak sanggar-sanggar batik. Warga masyarakat disana dikenal memiliki keluwesan dalam membuat motif nan cantik. Motif batik Jember umumnya banyak terinspirasi dari potensi sumber daya alam yang ada di kabupaten Jember, seperti: kakao, tembakau, kopi, bambu, buah naga, burung dan kupu-kupu. Namun, motif bergambar daun tembakau menjadi ciri khas yang paling dominan diantara motif lainnya.

Jumlah motif batik Jember yang sudah diciptakan saat ini sudah cukup banyak, lebih dari 50 motif yang sudah dibuat dengan beraneka ragam motif yang mengikutinya. Konsep dari batik Jember yaitu “One Desain One Product”, membuat batik Jember ini menciptakan motif-motif baru dan berbeda dengan motif-motif khas Jember sebelumnya.

Mengutip dari RADARJEMBER.ID yang mengatakan bahwa Jember terkenal akan wisata alam nya yang menarik wisatawan. Mulai dari pantai, perkebunan, pegunungan, bukit hingga air terjun semuanya serba ada. Disini penulis merekomendasikan beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah:

1. Wisata Kebun Teh Gunung Gambir

Kebun Teh Gunung Gambir merupakan objek wisata alam yang mengandung nilai sejarah, berpadu dengan keindahan pesona alam serta sentuhan nilai seni yang kekinian. Kebun Teh Gunung Gambir disebut juga sebagai wisata Gunung Gambir. Sebuah parade keindahan yang tersaji di lereng Gunung Argopuro Desa Gelang Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur.

2. Teluk Love Jember

Salah satu wisata pantai yang berada dikawasan Jember adalah pantai teluk Love. Teluk Love berada di sekitar 200 meter ujung timur pantai Payangan. Dinamakan Teluk Love karena penampakannya yang menyerupai love (bentuk hati) jika dilihat dari atas. Pantai Teluk Love terletak di Desa Sumberrejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk sport foto bersama teman, keluarga maupun pasangan. HTM di tempat ini juga low budget, cukup merogoh kocek Rp5.000 saja. Namun, untuk mengunjungi tempat tersebut disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari, karena jika siang hari, cuaca disana sangat menyengat karena tidak ada pepohonan yang tumbuh disekitar area tersebut.

3. Museum Tembakau & Perpustakaan

Museum Tembakau Jember merupakan salah satu obyek pariwisata sejarah dan budaya di Kota Jember yang terletak di Jalan Kalimantan No. 01 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Museum ini berisi benda-benda koleksi berupa daun tembakau dari berbagai daerah ataupun dari luar Indonesia, peralatan yang digunakan dalam pengolahan dan penanaman tembakau, hasil olahan tembakau, video manfaat tembakau dan beberapa foto yang memiliki nilai informasi, estetika dan simbolik dari perkembangan Museum Tembakau. Potensi museum sangat besar untuk dikembangkan sebagai objek wisata sejarah dan budaya Jember serta sebagai sarana edukasi. Museum ini terbuka untuk kalangan umum yang ingin berwisata sekaligus belajar seputar tembakau. Selain memamerkan berbagai macam produk tembakau secara hulu dan hilir, museum ini memiliki perpustakaan. Letaknya berada di lantai dua. Perpustakaan museum berisi buku-buku tentang tembakau dan tema umum lainnya.

Dari sisi kuliner, Jember memiliki gudeg yang sangat enak, yakni Gudeg Lumintu yang dimiliki oleh Rohan. Gudeg legendaris itu diwariskan dari sang ibu yang telah ada sejak 1975. Ciri khas Gudeg Lumintu adalah gudeg khas Jawa yang dicampur sayur pecel. Menu utama di Gudeg Jember Lumintu ialah gudeg dan pecel. Kendati demikian, kalian bisa memesan menu campur yang berisi gabungan dari keduanya. Untuk lauknya cukup beragam, mulai dari ayam, rempelo ati, brutu hingga telur. Gudeg Jember Lumintu berlokasi di Jalan Kerta Negara Nomor 33 Jember Kidul Kaliwates Kabupaten Jember Jawa Timur.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Indah sekali, Bu.

31 Jan
Balas



search

New Post