ASNI FUROIDAH

Sebaik-baiknya manusia ialah yang paling bermanfaat kepada sesama ^_^...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Berbasis Literasi, Numerasi dan Sekolah Aman

Pembelajaran Berbasis Literasi, Numerasi dan Sekolah Aman

SD Unggulan Assunniyyah Kencong Jember menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) yang bertemakan “Pembelajaran Berbasis Literasi, Numerasi dan Sekolah Aman”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 21 Oktober 2023 yang bertempat di ruang AULA lantai 2 SD Assunniyyah Kencong dan diikuti oleh seluruh dewan guru SD Assunniyyah Kencong. Pelaksanaan IHT sesi pertama disampaikan oleh ibu Ni’matul Khoiroh, M.Pd (Kepala SMPN 2 Puger) yang menjelaskan tentang pembelajaran berbasis literasi dan dilanjutkan pemateri kedua yaitu bapak Rudi Masrukhin, M.Pd yang menjelaskan tentang Gaya Belajar dan Sekolah Aman.

Apa itu kegiatan literasi dan numerasi di sekolah?

Literasi numerasi adalah kecakapan untuk menggunakan berbagai angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Literasi dan numerasi merupakan kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang dan dengan bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial maupun profesional. Dengan mengukur kompetensi yang bersifat mendasar (bukan sekedar pemenuhan konten kurikulum atau pelajaran). Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa guru diharapkan berinovasi mengembangkan kompetensi peserta didik melalui berbagai pelajaran melalui pengajaran yang berpusat pada peserta didik.

Program literasi dan numerasi disusun sebagai tanggapan atas prestasi peserta didik yang berulang kali rendah dalam tes penilaian internasional seperti PISA, PIRLS, TIMSS, dan mekanisme yang lemah untuk mendukung peserta didik yang tertinggal atau tidak melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka. Program ini dikonseptualisasikan sebagai Program Pendidikan Guru yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam kemampuan literasi dan numerasi awal dengan mengembangkan pemahaman tentang bagaimana pengajaran berkualitas dalam literasi dan numerasi, serta membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk pengajaran dan pembelajaran efektif.

Program ini dikelola oleh Bureau for Development of Education (BDE) di bawah kepemimpinan Kementerian Pendidikan dengan dukungan finansial dan teknis dari UNICEF. Tujuan dari program ini adalah untuk: 1) Membangun pendekatan efektif dan berkelanjutan untuk pengembangan profesional guru, 2) Memperdalam pemahaman guru tentang pengajaran berkualitas dalam literasi dan numerasi, 3) Memaksimalkan dukungan di tempat kerja (on-the job support) untuk mendorong guru dalam mengubah praktik mengajar mereka di kelas, dan 4) Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bidang literasi dan numerasi awal, serta hasil asesmen internasional seperti pada kompetisi PISA pada masa mendatang.

Penguatan literasi dan numerasi pada peserta didik memerlukan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan. Berbagai pihak, mulai dari tingkat pusat, daerah, hingga satuan pendidikan yang didampingi oleh Pengawas Sekolah, perlu memastikan keterlibatannya berkontribusi positif bagi kemajuan peserta didik. Upaya ini sekaligus konsolidasi semua pemangku kebijakan untuk saling memetakan perannya. Sebab, penguatan literasi dan numerasi merupakan suatu program di dunia pendidikan Indonesia yang akan berkelanjutan.

Peran penting kita sebagai seorang guru menjadi ujung tombak dalam penguatan kemampuan literasi dan numerasi, melalui pembiasakan selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, lakukanlah pembiasaan pembelajaran yang berbasis literasi dan numerasi di setiap mata pelajaran, agar kemampuan peserta didik lebih terasah baik saat menghadapi AN maupun PISA di tahun-tahun yang akan datang. Gambaran kemampuan literasi dan numerasi yang mahir dimiliki peserta didik akan menjadi salah satu potret tingginya mutu pendidikan di sekolah yang mendukung mutu pendidikan secara Provinsi maupun Nasional. Semoga kita selaku seorang guru akan selalu amanah untuk memberikan penguatan literasi dan numerasi terhadap peserta didik.

Kencong, 28 Oktober 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post