ASNI FUROIDAH

Sebaik-baiknya manusia ialah yang paling bermanfaat kepada sesama ^_^...

Selengkapnya
Navigasi Web
Karyaku Untuk Negeriku
by: Asni Furoidah

Karyaku Untuk Negeriku

Karya adalah sebuah hasil ciptaan atau hasil karangan, dalam konteks sastra berupa puisi, prosa dan sejenisnya yang menimbulkan rasa indah bagi yang melihat, mendengar ataupun yang merasakannya. Karya yang dibuat ini haruslah bersifat asli dan bukan hasil dari saduran atau tiruan dari karya orang lain. Sebuah karya juga menjadi penting untuk menelisik sebuah zaman atau sang penciptanya. Pada dasarnya, sebuah karya memang bisa menghasilkan banyak makna dikhalayak umum. Namun, dibalik itu semua ada sebuah konsep besar dari seorang perancang karya.

Memaknai buah karya dengan cermat dapat membuahkan pelajaran untuk meningkatkan mutu karya kita sendiri. Memaknai meliputi: mengenali, memahami, menikmati mengambil hikmah dan pembelajaran terhadap pesan-pesan terkemas oleh suatu buah karya yang disampaikan. Buah karya dapat mencakup semua karya, sebab setiap karya manusia mempunyai kesamaan sebagai hasil dari cipta budi dan karsa hati manusia untuk mencapai kebahagiaannya.

Karya bagi seorang pendidik sangatlah penting, karena memang secara akademik setiap guru bisa dipastikan minimal melahirkan karya ilmiah. Namun, bagaimana dengan karya selain ilmiah misalnya karya dalam bidang sastra? Karya sastra bagi guru juga sebenarnya turut penting sebagai penunjang eksistensi guru itu sendiri. Bahkan lebih jauh lagi, bisa menunjang eksistensi keadaan sosial pada zaman tersebut. Karena pada dasarnya, sebuah karya sastra itu tidaklah pernah jauh dari keadaan sosial dari penciptanya. Seorang guru yang memiliki karya sastra akan menjadi nilai tambahan tersendiri, khususnya yang menekuni pada program studi sastra. Karena sebuah pembelajaran akan dinilai dari hasilnya, jika seorang guru menghasilkan sesuatu, maka pembelajaran yang didapatnya kemungkinan besar dapat diterima dengan baik. Selain itu, dengan lahirnya sebuah karya, guru bisa dikatakan mampu mengekspresikan emosinya dengan baik pula.

Membuat sebuah karya harus diikuti dengan inovasi, disesuaikan dengan ide dan passion yang dimiliki. Setelah menemukan ide, kita dapat mencari tim yang memiliki pemahaman sama untuk menciptakan suatu produk yang kemudian akan menghasilkan suatu karya. Hasil karya tersebut dapat dipublikasikan pada khalayak umum ataupun sosial media sebagai bentuk reward pada hasil karya sendiri dan bisa memotivasi orang lain untuk membuat karya mereka sendiri sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Salah satu karya ilmiah yang mendukung para guru di Indonesia dalam berkarya adalah Mediaguru.id. Platform mediaguru sangat membantu para guru se-Indonesia dalam menghasilkan sebuah karya tulis dalam bentuk buku antologi. Tak sedikit guru yang mengikuti event lomba literasi yang diadakan satu bulan sekali. Hasil dari tulisan para guru dipublikasikan serta dijadikan sebuah buku hasil karya tulis dengan harapan semoga para guru terinspirasi dan semangat dalam berkarya.

“Sebuah karya tak lepas dari imajinasi seorang pemimpi, berharap menjadi saksi akan gemerlapnya Indonesia masa kini. Menjadi generasi dengan berjuta karya, memperkaya negeri untuk Indonesia dari genggaman semut berduri. Kemajuan teknologi sudah meluas hingga penjuru negeri. Membuat keajaiban yang mungkin tidak pernah terjadi, tetapi nyatanya semuanya terbukti oleh kehebatan generasi emas masa kini”.

#karyaku_untuk_negeriku_Indonesia!!

#salam_literasi_para_guru

#mediaguru_Indonesia

Biodata Penulis

ASNI FUROIDAH, lahir di kota Jember, 13 April 1991. Memiliki hobi menulis dan traveling. Hingga kini, penulis tetap mengabdikan diri sebagai guru di SD Unggulan Assunniyyah Kencong Jember. Selain itu, penulis juga aktif menulis dibeberapa laman website terkait pendidikan dan pengajaran. No WA: 082332651975

Alamat e-mail [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post