Arif Setiawan, S.pd

Arif Setiawan dilahirkan di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, pada 28 Mei 1983. Anak Bungsu dari 5 bersaudara. Pendidikan terakhir...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemanfaatan Teknologi  AI dalam Dunia Pendidikan
#ai

Pemanfaatan Teknologi AI dalam Dunia Pendidikan

Pemanfaatan Teknologi AI dalam Dunia Pendidikan

Oleh : Arif Setiawan, S.Pd., Gr.

Sebuah Perdebatan Antara Lawan atau Kawan

Teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah merevolusi hampir semua aspek kehidupan manusia, termasuk juga di bidang pendidikan. Penggunaan teknologi AI dalam dunia pendidikan telah menjadi topik perdebatan hangat yang menimbulkan pro dan kontra antara orang yang mendukungnya dan juga sebagian orang yang menolaknya. Di satu sisi, teknologi AI dapat memberikan keuntungan dan kemudahan dalam proses pembelajaran, tetapi di sisi lain, penggunaan teknologi ini juga memunculkan berbagai tantangan yang harus dihadapi dan perlu diatasi.

Pemanfaatan teknologi AI dalam dunia pendidikan tidak dapat kita pungkiri banyak sekali memberikan keuntungan. Teknologi AI dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa dalam berbagai aspek. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak platform pembelajaran daring telah dikembangkan dengan menggunakan teknologi AI untuk membuat sarana belajar yang ditujukan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, serta memberikan materi yang cocok dengan minat siswa. Selain itu bagi guru pemanfaatan teknologi AI dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi. Dengan adanya teknologi AI, Guru atau pengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien dalam memberikan pengalaman belajar yang lebih baik kepada siswanya. Teknologi AI juga dapat memungkinkan pengajar dan siswa untuk mendapatkan umpan balik secara real-time, sehingga dapat memajukan proses pembelajaran, tidak kalah penting juga pemanfaatan teknologi AI juga dapat digunakan untuk memperoleh data yang diperlukan untuk pengembangan kurikulum secara menyeluruh. Dengan data yang diperoleh dari teknologi AI, pengajar dapat meninjau prestasi siswa, memahami kebutuhan mereka, dan mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa sekaligus dapat menunjang pembelajaran berdiferensiasi.

Namun tidak hanya memberikan keuntungan, penggunaan atau pemanfaatan teknologi AI dalam dunia pendidikan juga menimbulkan beberapa tantangan. Penggunaan teknologi AI dalam proses pembelajaran dapat menyebabkan ketergantungan yang berlebihan terhadap teknologi. Jika siswa terlalu bergantung pada AI untuk memecahkan masalah, mereka mungkin kehilangan kemampuan untuk berpikir kritis dan mencari solusi secara mandiri.

Kebocoran data pribadi atau privasi juga merupakan salah satu tantangan dalam pemanfaatan teknologi AI. Ketika siswa menggunakan platform pembelajaran daring yang memanfaatkan teknologi AI, informasi pribadi mereka seperti nama, alamat, dan tanggal lahir akan disimpan di dalam suatu sistem. Keamanan dan privasi data menjadi masalah utama karena sistem tersebut harus dijaga agar tidak mudah diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Biaya juga merupakan salah satu kendala atau tantangan dalam pemanfaatan teknologi AI, tidak dapat kita pungkiri untuk memanfaatkan teknologi AI dalam proses pembelajaran, dibutuhkan biaya yang tidak murah. Hal ini terutama berlaku bagi institusi pendidikan yang mengalami keterbatasan finansial, sehingga penggunaan teknologi AI bisa menjadi sulit dan juga mempengaruhi pemerataan pendidikan.

Penggunaan teknologi AI dalam dunia pendidikan menjadi topik perdebatan yang terus berlangsung. Namun, keuntungan-keuntungan yang dihasilkan dari pemanfaatan teknologi AI membantu memberikan pengalaman belajar yang lebih personal, efisien dan menyeluruh. Meski demikian, masih banyak tantangan yang harus diatasi, seperti ketergantungan pada teknologi, masalah keamanan dan privasi, serta biaya yang mahal. Oleh karena itu, peran penting pelaku pendidikan atau dalam hal ini guru sangat dibutuhkan untuk membimbing, mengawasi siswa dalam pemanfaatan teknologi AI dalam melaksanakan proses pembelajaran serta perlu adanya diskusi dan penilaian yang mendalam sebelum membawa teknologi AI ke dalam lingkungan pendidikan.

Sumber referensi :

Steviano, Irfana. (2023, Oktober 05).Literasi Digital: Apakah AI Sahabat atau Musuh Dunia Perpustakaan (webinar). didikkawan perpusnas.

https://www.youtube.com/live/fPSumg96DdU?si=I6a9W3hM-algOmMY

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

19 Nov
Balas



search

New Post