Alya Rahma Puspita

Hi guys! It's me @lyraliya Macam-macam tulisan atas senang atau gundahnya hati saya limpahkan disini. Sebuah sapaan "halo" sangat menyenangkan dan terbuka le...

Selengkapnya
Navigasi Web
BERKARYA DARI BALIK LENSA
Salah satu hasil foto yang saya potret dan tayangkan di Instagram @memotretkisah

BERKARYA DARI BALIK LENSA

Hai semua!

Apa kabar?

Semoga baik-baik saja ya.

Syukur alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk dapat memasuki bulan Januari 2023. Sejauh ini, kita semua sudah sangat mengerti kemajuan teknologi digitalisasi. Hal-hal yang biasa kita temukan, kita jelajah, kita cari tahu kebenarannya sudah sangat lancar terangkum dalam genggaman. Yakni, gawai. Seiring berjalannya waktu dengan perkembangan zaman digitalisasi, kita semua seharusnya dapat memposisikan diri sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap "membuka mata" terhadap karya-karya seni yang ada.

Tidak asing bagi kita untuk mendengar bahwa kita harus melestarikan karya-karya seni. Karya Seni melingkupi ; Seni Lukis, Seni Grafis, Seni Patung, Seni Keramik, dan Seni Musik. Sungguh indah, bukan? Apabila kita turut berkontribusi dalam berkarya. Oleh karena itu, simak tulisan ini hingga selesai ya. Karena disini saya akan membagikan tips tentang cara berkarya dari balik lensa.

Fotografi adalah sebuah seni melukis dengan cahaya. Fotografi termasuk cabang seni rupa murni. Adapun fotografi juga merupakan sebuah bentuk komunikasi visual melalui foto yang dihasilkan. Selain itu, pasti terdapat bentuk penyampaian pesan dari fotografer kepada orang yang melihat foto tersebut.

Berikut ini 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk mulai berkreasi melalui seni fotografi!

1. Pilihlah objek dan teknik fotografi yang kamu sukai!

Contohnya; bisa objek (manusia), objek (hewan), objek (tumbuhan), bahkan objek (makanan). Kamu bisa memilih untuk lebih mendalami teknik (close up), (silhoutte), atau sampai teknik (long shot) sesuai kebutuhan. Berlatihlah secara berulang-ulang, agar proses memotret kamu dapat berlangsung lebih mudah.

2. Ikuti lomba-lomba yang ada!

Untuk menguji kemampuan kamu di bidang fotografi, kamu dapat mengikuti lomba-lomba fotografi yang ada. Kamu dapat memilih lomba-lomba fotografi yang dirasa cocok dengan hasil potretan kamu. Seperti contohnya ; Saya saat mengikuti Lomba Photo Story yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan. Alhamdulillah mendapat juara ke-2 ;

3. Buat akun hasil potretmu!

Untuk menunjang personal branding yang sedang kamu bangun di dunia fotografi, kamu dapat membuat akun khusus hasil potretanmu. Contohnya seperti ; @memotretkisah . Akun saya yang berisi hasil-hasil foto yang saya jepret.

4. Ikuti dan gabunglah dengan teman-teman pegiat fotografi!

Dengan mengikuti teman-teman pegiat fotografi, maka kita dapat saling bertukar informasi dan hunting bersama! Seperti contohnya teman-teman saya yang juga pegiat fotografi ; @sulaiman.fadli @bisma.kartarisman @risyadnuruddin @immah_annisa

5. Perluas pertemanan dengan juga mengunjungi hasil karya-karya seni yang lain!

Karena seni tidak hanya fotografi. Seni sangatlah luas untuk dimaknai. Perbedaan antara cabang-cabangnya tidak menjadi alasan untuk menyatukan kita. Berkunjunglah ke pameran. Pergilah ke live music session. Diskusikan ragam-ragam keindahan karya seni itu untuk memperkuat relasi!

Berikut foto diri saya saat mengunjungi pameran karya seni rupa "TELU SIJI" yang diadakan oleh para perupa lokal kota Pasuruan

Adapun momen saat saya menikmati teman-teman musisi lokal Pasuruan sedang jamming live music session @dimas_desperado bersama @javasblue

Well, sampailah kita di ujung teks ini. Sekian teman-teman yang dapat saya bagikan. Ingatlah. Di mana pun kalian berada, seni tidak menjadi masalah untuk terus dilestarikan! Sukses selalu teman-teman penyuka seni!

Mari tumbuh dan berkembang bersama. Mari hidup dan berkarya bersama. Demi lestarinya Indonesia. Demi jayanya senyum kita. Sukses selalu untuk kita semua dalam memajukan karya-karya lokal!

PROFIL PENULIS

Lyraliya. Biasa disapa Lyra, Alya, bahkan Sayaang. Seorang siswi bernama lengkap Alya Rahma Puspita. Kelahiran Jawa Timur - Kota Pasuruan pada 14 Juli 2005. Sedang menempuh pendidikan kelas XI SMA di SMA NEGERI 2 Kota Pasuruan. Juga; Seorang pemimpi, dan pecinta seni yang amatir. Tetapi percaya akan adanya makna di setiap hasil karya. Sosok misterius dibalik tulisan ini dapat dikenal dan dicinta lebih lanjut melalui platform ;

* Whatsapp Business : 082142149381

* Instagram : @Lyraliya

* Gmail : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post