Ali Fauzi

Ali Fauzi., S.Kom., M.Kom Mempunyai pengalaman sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi di wilayah Kediri Jatim selama 15 tahun, dan saat ini fokus sebagai G...

Selengkapnya
Navigasi Web
Education 4.0 Nan Seksi 2
Bagian 2 (lanjutan)

Education 4.0 Nan Seksi 2

Sedikit menuglang pada penulisan di bagian pertama, Pada bagian kedua ini akan lebih fokus membahas jenis teknologi yang ada pada revolusi industri 4.0 yang dikaitkan dengan education 4.0, semoga menjadi pembahasan yang menarik.

Jenis teknologi Revolusi Industri 4.0 antara lain adalah E-learning, Blended Learning, Augmented Reality, Virtual Reality, Robotic, 3D Printing, Artificial Intelegency dan IOT (Internet of Things).

Nah... sekarang apa ya Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), istilahnya hampir sama yaa.. tapi itu ada perbedaan lhoo..., Augmented reality bisa kita lihat pada suatu kejadian misalnya ada salon rambut, yang pelanggannya sebelum di potong discan dulu kepalanya selanjutnya dengan menggunakan aplikasi AR model rambut yang diinginkan bisa diatur dengan face dan kepala pelanggan tersebut. Dengan cara ini pelanggan bisa mengetahui hasil akhir pemotongan rambut, sebelum dia potong rambut, Pengaturan taman sekolah dengan mengambil obyek halaman sekolah, dan selanjutnya dengan AR bisa didesain bunga atau pernik apa saja yang cocok, pemilihan seragam khas sekolah dengan mengambil obyek anak, dan selanjutnya dengan VR bisa di stel warna baju yang pas. Tentu saja aplikasi ini akan sangat menarik diterapkan didunia pendidikan untuk berbagai jenis pelajaran tergantung kemampuan kita untuk mengadopsi teknologi ini.

Adapun untuk Virtual Reality (hmm ini yang mungkin sering kita dengar).. , memang saat ini sering merambah di dunia game, sehingga kita dapat memperhatikan game yang seakan-akan tembakan atau serangan bisa mengenai kita, atau kita seakan-akan memasuki suatu ruangan yang ada dalam game tersebut. intinya kita diberi tampilan yang tidak nyata namun tampilan tersebut seakan-akan nyata :)

So.. apa yang bisa kita manfaatkan dari VR ini, tentu saja hampir semua mapel bisa, bahkan mapel yang semula jadi momok (umumnya matematika) bisa di "VR" kan dalam bentuk objek maya bisa langsung dihitung anak-anak, bangun/ruang maya siap sedia "dimasuki" oleh anak untuk dihitung luasnya... dsb. menarik khan...

To be Continue again..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post