Alfauzan, S.Ag, MM

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cintailah Dirimu

Cintailah Dirimu

Mencintai diri sendiri atau populer disebut dengan 'self love' saat ini sedang menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh banyak pihak. Bagi umat muslim mencintai diri sendiri merupakan suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah Swt.

Namun pada kenyataannya masih banyak yang belum memahami konsep mencintai diri sendiri tersebut secara utuh dan benar, menurut "Hazhira Qudsyi S.Psi., M.A., dosen Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) pengertian self love sendiri adalah cinta dan kasih sayang tanpa syarat yang diarahkan pada diri sendiri, apapun bentuk dan situasinya.

Lebih jauh dijelaskan Hazhira bahwa Mencintai diri sendiri bukanlah suatu kesombongan dan keegoisan, namun hal itu terjadi secara alamiah atau dalam Islam disebut kodrat, jelasnya.

Dengan adanya konsep mencintai diri sendiri kita tidak akan mengambil keputusan yang akan merusak apa yang telah Allah berikan pada kita. Hal ini bisa terjadi karena kita akan menghargai dan menjaga kesehatan fisik dan mental diri kita sendiri dengan sepenuh hati.

Bahkan lebih dalam dari itu sesungguhnya hakikat dari mencintai diri sendiri itu merupakan bentuk cinta kepada Allah Swt. “Logika sederhananya jika kita tidak mencintai diri sendiri, maka dapat dipastikan kita juga tidak akqn pernah mencintai Allah Swt, sebagai Pencipta Kita.

Untuk itu yang mesti terus kita lakukan dalam kehidupan ini adalah bagaimana kita terus menerus selalu bersyukur dan berterimakasih kepada Allah dan diri sendiri atas apa yang telah dilakukan hari ini, karena setiap bagian badan kita merupakan nikmat serta anugerah dari Allah Swt.

Kalimat yang sering dilupakan anak-anak sekarang adalah berterimakasih kepada setiap bagian badan kita yang telah melakukan banyak hal, yang tidak.akan pernah terjadi tanpa anugerah dan izin dari Allah Swt.

Menurut pandangan Islam sudah dijelaskan tentang konsep mencintai diri sendiri, sebagaimana Sabda Rasulullah Saw, berikut ini : “Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.” konsep tersebut sangat relevan dengan konsep self love.

Konsep self love bukan sekedar budaya barat, namun Islam juga membahas hal tersebut. Selain itu, self love juga merupakan pondasi dalam setiap hubungan, bagaimana seseorang bisa mencintai kita kalau kita tidak mencintai diri sendiri, karena mencintai diri sendiri artinya menerima diri sendiri sebagai mana adanya, artinya anda memiliki harga diri, citra diri yang positif dan penerimaan diri, hal ini menjadi kunci hubungan yang sehat dan bahagia,

Konsep self love juga harus dilihat dari berbagai sisi, tidak lantas kita selalu membenarkan diri sendiri padahal salah. Maka dari itu ilmu agama juga diperlukan agar tidak salah kaprah. Self love yang benar haruslah didasarkan pada cinta kita kepada Allah dan Rasulnya, karena itulah cinta tertinggi dan sebenar-benarnya cinta.

Semoga bermanfaat bagi kita semua

Barakallah fi amrik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

23 Mar
Balas

Salam.literasi buat b ris

23 Mar



search

New Post