Agustinus 08

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

L.K 3.1 Best Practice

LK 3. 1 Menyusun Best Practice

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Model PJBL

(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi ) Terkait Guru Belum mengoptimalkan

Model Pembelajaran Yang Inovatif

Lokasi

SD N 03 BENGKAYANG

Lingkup Pendidikan

SD

Tujuan yang ingin dicapai

Peserta didik mampu merincikan kenampakan alam daratan dan perairan

Penulis

Agustinus,S.Pd

Tanggal

22 Januari 2024

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas 4.a di SD Negeri 03 Bengkayang diketahui bahwa minat peserta didik masih rendah dalam pelajaran IPAS materi kenampakan alam dan pemanfaatannya peserta didik juga mengalami kesulitan kesulitan, hal tersebut menjadi latar belakang rendahnya tingkat belajar peserta didik .Faktor lingkungan keluarga sosial hal ini yang tidak mendukung dan ditambah lagi paktor guru yang belum mengoptimalkan media pembelajaran seperti infocus,lettop dan media lainnya ini menyebabkan belum optimalnya pembelajaran inovatif dalam pembelajaran dikelas.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan:

Hal ini sangat penting dalam pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran IPAS materi kenampakan alam dan pemanfaatannya,serta memberi upaya dalam pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik .Hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajaran di kelas.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam pratik ini?

Dalam kegiatan PPG ini, peran saya dalam melaksanakana peran aksi PPL 2 ternyata menjadi alternatif solusi serta masalah-masalah yang saya hadapi .Tanggung jawab saya sebagai guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut yang ada kaitannya dengan meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi kenampakan alam dan pemanfaatannya .

Tantangan:

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?siapa saja yang terlibat.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawan cara dengan teman sejawat ,kepala sekolah,dan pakar.

Maka ada beberapa tantangan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut antara lain:

1. Rendahnya tingkat belajar peserta didik

2. Faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung

3. Guru belum melakukan pembelajaran interatif dan inovatif yang menyenangkan

4. Guru belum mengoptimalkan media aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Siapa saja yang terlibat ?

Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran. Yaitu:

1. Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Katagori 3 Universitas Tanjungpura Pontianak

2. Kepala Sekolah SD Negeri 03 Bengkayang

3. Rekan guru di SDN 03 Bengkayang

4. Peserta didik kelas 4.a SD Negeri 03 Bengkayang

Aksi:

Langkah-angkah apa saja yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /apa saja sumber daya atau materi ang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

1. Identifikasi yang dihadapi dikelas.

2. Eksprolasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam kelas.

3. Penentuan penyebab masalah.

4. Masalah yang terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membuat rencana aksi.

Strategi yang digunakan:

1. Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas yaitu model pembelajaran Projek Based Learning ( PJBL )yang diterapkan semua sintaknya.

2. Guru memanfaatkan media video pembelajaran tentang kenampakan alam dan pemanfaatannya dan membuat gambar gunung dari kertas karton sebagai media produk pembelajaran IPAS.

3. Guru juga memanfaatkan media teknologi /inovasi lainnya dalam pembelajaran yaitu media aplikasi sebagai alat evaluasi

4. Membuat bahan ajar menggunakan media canva

5. Memanfaatkan LKPD.

Bagaimana prosesnya , siapa saja yang terlibat:

1. Kegiatan rencana aksi di desain dengan sebaik mungkin menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif agar para peserta didik lebih memahami materi. Dalam pelaksanaan peserta didik sangat antusias dan bersemangat dengan kegiatan pembelajaran hari itu.

2. Setelah itu saya menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian saya mengarahkan peserta didik untuk menyimak video pembelajaran tentang kenampakan alam dan pemanfaatannya , setelah materi disampaikan saya menyuruh siswa menyimak PPT tentang kenampakan alam dan pemanfaatannya.Selanjutnya peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok dan peserta didik mendapat tugas membuat gambar gunung serta manfaat hasil hutan tersebut.Dalam membuat produk gambar gunung peserta didik terlibat aktif dalam kerja kelompok agar hasil produk dapat diselesaikan.

3. Dalam mengerjakan evaluasi peserta didik juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu.Rata-rata peserta didik telah memahami materi yang disampaikan.

4. Pada aksi kedua ini, perangkat yang saya gunakan antara lain: Leptop,LCD,Proyektor,speaker,saya juga meminta bantuan teman untuk mengambil video pada saat pembelajaran.

Sumber daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah:

1. Pengetahuan mengenai model pembelajaran Projek Based Learning (PJBL).

2. Penyusunan media pembelajaran yaitu melalui aplikasi canva.

3. Penyusunan bahan ajar dan LKPD yang menarik melalui aplikasi canva.

4. Penyusunan soal evaluasi yang menarik .

5. Laptop,HP,Infocus dan Proyektor

Refleksi Hasil dan Dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?Apakah hasilnya efektif ?atau tidak efektif?Mengapa?Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan,apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberasilan dari strategi yang dilakukan?Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari rencana aksi yang sudah dilakukan yaitu dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS materi kenampakan alam dan pemanfaatannya.Selain itu pemaham peserta didik tentang kenampakan alam dan pemanfaatannya sangat baik.

Apakah hasilnya efektif?Atau tidak efektif?Mengapa?

Hasil dari rencana aksi yang dilakukan hasilnya sangat efektif.Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran yang menarik,media pembelajaran yang inovatif,dan kegiatan pembelajaran melibatkan keaktifan peserta didik.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan,apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberasilan dari strategi yang dilakukan?

Kepala sekolah merespon dengan memberikan tanggapan yang positif,bahkan sering memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna.

Respon dari teman sejawat juga sangat memberikan dukungan dan respon yang positif terhadap aksi yang dilakukan saya.

Faktor keberhasilan pembeajaran ini ditentukan oleh penguasaan guru terhadap media pembelajaran,metode-metode dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Pembelajaran yang dapat diperoleh dari proses praktik aksi yang telah dilakukan oleh guru adalah guru harus merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna dan berpusat pada peserta didik dengan cara menentukan metode,model dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran.

Daftar Pustaka

1. Oky Dian V, dkk. 2022. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk

SD/MI kelas IV.Penerbit Yudistira,Bogor.

2. Nani R, Irene M.J. & Khristiyono, 2022. ESPS Ilmu Pengetahuan Alam dan

Sosial untuk SD/MI Kelas IV. Penerbit Erlangga, Jakarta.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

terimakasih

21 Feb
Balas



search

New Post