Agus Salen

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dimensi Berkebhinekaan Global dalam Profil Pelajar Pancasila (Tagur157)

Dimensi Berkebhinekaan Global dalam Profil Pelajar Pancasila (Tagur157)

Dimensi ini terdiri dari empat elemen yaitu:

1. Mengenal dan menghargai budaya

2. Komunikasi dan interaksi antar budaya

3. Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

4. Berkeadilan sosial

Elemen mengenal dan menghargai budaya mencakup empat sub elemen yaitu:

1. Mendalami budaya dan identitas budaya

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya

2. Mengesplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Mengidentifikasi dan mendeskripsikan praktik keseharian diri dan budayanya

3. Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya

Mendekripsikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan.

Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya terdiri dari dua sub elemen yaitu:

1. Berkomunikasi antar budaya

Mengenal bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda di lingkungan sekitarnya

2. Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif

Mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah

Refleksi dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebhinekaan terdiri dari tiga sub elemen yaitu:

1. Refleksi terhadapa pengalaman kebhinekaan

Merefleksikan secara kritis gambaran berbagai kelompok budaya yang ditemui dan cara meresponnya

2. Menghilangkan stereotip dan prasangka

Mengkomfirmasi, mengklarifikasi dan menunjukkan sikap menolak stereotif serta prasangka tentang gambaran identitas kelompok dan suku bangsa.

3. Menyelaraskan perbedaan budaya

Mengidentifikasi dan menyampaikan isu-isu tentang penghargaan terhadap keragaman dan kesetaraan budaya.

Dimensi berkeadilan sosial memiliki tiga sub dimensi yaitu:

1. Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil dan berkelanjutan

Mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya sebagai akibat dari pilihan yang dilakukan oleh manusia, serta dampak masalah tersebut terhadap sistem ekonomi, sosial dan lingkungan serta mencari solusi yang memperhatikan prinsi-prinsip keadilan terhadap manusia, alam dan masyarakat

2. Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama

Berpartisipasi dalam menentukan kriteria dan metode yang disepakati bersama untuk menentukan pilihan dan keputusan untuk kepentingan bersama melalui proses bertukar pikiran secara cermat dan terbuka dengan panduan pendidik

3. Memahami peran individu dalam demokrasi

Memahami konsep hak dan kewajiban serta implikasinya terhadap ekspresi dan perilakunya. Maka aktif mengambil sikap dan langkah untuk melindungi hak.

Sumber: Platform meredeka mengajar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya.

24 Jun
Balas



search

New Post