Rakor FORKOMPAK wilker Kediri (Wonorejo, 8 Juni 2022)
A. Sambutan Ketua Panitia
B. Sambutan Ketua Forkompak (Dr. Hindama)
- Tantangan dunia pendidikan semakin komplek, menjadi tugas PPAI untuk semakin intensif dalam membina para guru.
Proyek Utama Kemendikbud:
1. Kurikulum Prototipe
2. Merdeka belajar
3. Moderasi beragama
C. Sambutan Kakankemenag Tulungagung
-Pengawas harus memiliki kelebihan dari kamad dan guru dalam hal :
1. Kompetensi managerial dan akademik
2. Evaluasi pembelajaran
3. Litbang
-Hasil supervisi PPAI (rekomendasi) harus bisa menjadi acuan kamad, guru, dan kkg untuk menindaklanjutinya dalam bentuk bimtek dll.
-PPAI yang kebetulan menjadi nara sumber nasional sebaiknya menularkan ulmu kepada semua PPAI yang belum terpanggil.
-Kerjasama yang baik antara pokjawas dengan KKM Kemenag Tulungagung sangat luar biasa.
D. Uraian Materi: (Dr. Hindama)
1. Kurikulum Paradigma Baru
- Urusan pendidikan di Indonesia harusnya bisa diremote dari pusat.
- Profil Pelajar Pancasila
- KI/KD diganti menjadi Capaian Pembelajaran (CP)
- CP ini yang harus dikupas oleh KKG/guru.
- Jumlah Pelajaran dihitung per tahun bukan per minggu.
- Masing masing sekolah berhak menentukan sendiri hitungan mata pelajaran.
- Assasment tingkat SD/MI minimal dua kali dalam setahun.
- Mapel IPA IPS (kelas 4,5,6) akan digabung menjadi mapel IPAS.
2. Kurikulum Prototipe
- Lebih fleksibel dari k13
- Materi bersifat esensi ( inti)
- Materi lebih beragam
- Pembelajaran memakai aplikasi
- Berpusat pada proyek
- Pada intinya: setelah belajar siswa menjadi siswa mandiri.
- Merdeka dari belenggu dan merdeka berfikir, berkreasi dan ada cheklistnya.
- Profil Pelajar Pancasila cirinya:
1. Budaya sekolah berjalan.
2. Intra kurikuler
3. Ko kurikuler
4. Ekstra kurikuler
5. Belajar melaui pengalaman hidup
- Sekolah diberi kebebasan untuk mengatur waktu pembelajaran.
- Tujuan pembelajaran bukan per tahun, tapi per fase.
- Jam pelajaran banyak berubah, mapel PAI dari 3 jam menjadi 2 jam, yang satu jam menjadi Kordinator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
- Pembagian mapel:
1. mapel pokok,
2. mapel pilihan,
3. mapel peminatan.
3. Kurikulum Prototipe SLB
Tingkatan sekolah bukan lagi kelas, tetapi berubah menjadi Fase:
A. Kelas 1,2
B. Kelas 3,4
C. Kelas 5,6
D. Kelas 7,8,9
E. Kelas 10
F. Kelas 11,12
- RPP berubah menjadi Modul Ajar
- Komponen Modul Ajar berjumlah 17.
-Assasment Formatif:
( sebelum dan ketika berlangsung pembelajaran)
Assasment Sumatif:
(Sesudah pembelajaran selesai)
- SD MI memilih dua tema selama setahun.
(notulen)




Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar